Thursday 10 March 2016

Situasi Penjara Langit Bagian 3

天德老人慈訓(二)

天獄刑罰樣樣齊 萬法由心不稀奇
執著打破能封果 萬八逍遙居無極 


俺老翁 天德老人是也 奉了
旨 進入佛堂 隱身已參
皇㊥ 駕 再問賢士們好不好? 


Hukuman di Langit semuanya serba lengkap

Semua dharma berasal dari hati
Jika bisa melepas keterikatan akan dapat anugrah kedudukan
Begitu menyenangkan serba leluasa tinggal di Nirwana

Saya adalah Kakek Tua Thien Te Lao Jen mendapat
FIRMAN TUHAN 
datang ke vihara , terlebih dahulu bersembah sujud kepada
TUHAN YME 
kemudian bertanya kepada para budiman apakah baik-baik saja ?

上回說第一層,現在來說第二層。我很可愛,也已經很老了,我為什麼很疼你們,這是有原因的,什麼原因呢?因為我就是和你們恩師同一條原靈下來的,所以我看你們也好像是我的子孫一般。上天 ㊥ 慈悲讓我掌天獄,就是希望我那些不成材的弟子,經過我的教化,能夠有出息,聽懂嗎?(懂)。

Sebelumnya Saya pernah bercerita lapis pertama, sekarang mau cerita tentang lapis kedua. Saya sungguh menyenangkan dan juga sudah tua, mengapa Saya sangat menyayangi kalian ? apa sebabnya ? Karena Saya dengan Guru Agung kalian 1 roh turun ke dunia, sehingga Saya melihat kalian juga sama seperti melihat anak cucu Saya.

TUHAN berwelas asih memberikan Saya kuasa atas Kurungan Langit, agar murid-murid yang pembinaannya tidak baik akan mendapat didikan Saya, mengertikah ?
( Umat : Mengerti )



風雨洞 Feng Yu Dong 

Goa Hujan Angin



風雨洞是一種刑罰,算是第二層。每獄一個洞一個洞的,每一個有罪的佛子都在裡面修煉,一人一個洞剛剛好,既不會太寬也不會太窄,可是在裡面受刑很痛苦。

Goa Hujan Angin adalah termasuk salah satu kurungan di lapis ke 2, setiap pembina yang ada kesalahan dihukum di goa untuk membina dan menempa diri lagi, 1 orang 1 goa dengan ukuran goa yang pas-pasan untuk 1 orang, tidak terlalu luas juga tidak terlalu sempit, tapi mendapatkan hukuman di dalam sungguh menderita.



這洞裡關的就是一些道中老前輩、前輩、點傳師及修道較久的前賢,這些人就是怕後學被人佔了,同樣都是點傳師開的佛堂,但他卻不讓人家來,他怕自己的道親被人影響,被人拉去,其實這是私心偏見。

Yang dikurung di dalam goa adalah para Maha Sesepuh, Sesepuh, pandita, pendahulu yang membinanya sudah lama, orang-orang ini takut umatnya direbut orang lain, masih 1 aliran vihara yang dikembangkan oleh pandita yang sama tapi dia tetap tidak ijinkan orang lain datang, takut umatnya dipengaruhi oleh orang lain, takut umatnya diajak pergi, sebenarnya ini adalah hati yang egois dengan pandangan yang sudah melenceng.


有的怕道盤混亂,有假祖師、假老師出來亂道場;可是有的卻是心中存有執著。
Ada yang takut kalangan TAO-nya kacau, ada Patriat palsu, Guru Agung palsu yang akan mengacaukan kalangan TAO, tapi ada orang yang hatinya masih ada keterikatan.

心懷慈悲的人 上天都知道,內心不慈悲的 上天也都知道,所以此種人就是怕後學被人搶去了。
Orang yang hatinya welas asih TUHAN pasti tahu, yang dalam hati tidak welas asih TUHAN juga pasti tahu, sehingga orang yang demikian takut umatnya ditarik oleh orang lain.

要爭功奪果,心想渡一個就是我的功德、我的後學,渡十個也是我的後學,加起來共十一個,對嗎?
Ingin berebut amal, dalam hati berpikir ajak 1 orang memohon TAO itu berarti amal saya, pengikut saya melintasi 10 orang juga termasuk pengikut saya, ditotal ada 11 orang, betul tidak ?

這樣越加越多,我的功德會越大,好像老鼠會一樣。其實, 上天並不是這樣記功的。 
Makin ditambah semakin banyak maka amal saya semakin besar juga, ibarat seperti pesta tikus, sebenarnya TUHAN tidak menghitung amal dengan cara demikian.

上天所算的乃是心德,內心的慈悲可讓你脫五行,這才是功德。
Yang dihitung oleh TUHAN adalah kebajikan dalam hati, hati welas asih yang bisa melepaskan diri dari keterikatan, inilah amal pahala yang sesungguhnya.

一顆心還被束縛在五行之中,這種人都不會成功。
Hati yang masih terikat pada duniawi, orang yang demikian pasti tidak akan berhasil ( gagal ).

犯到這種情形的人,你們遇到時要加以勸化,不要作太多壞事,到時回天功過相判,只好抓去關。
Jika kalian bertemu dengan orang yang ada melanggar hal ini maka harus dinasehati, supaya jangan terlalu banyak berbuat jahat, kelak setelah berpulang amal dan kesalahan tetap akan dihitung, lebih baik dikurung saja.


如果執著多、罪惡重的話,風雨洞裡寒風吹來刺骨的寒雨,風雨來就好像針一樣鑽進每一個毛細孔,會痛徹心肺,要讓他們驚醒不能執著,因為他害人下陰山,斷了人慧根,這個是罪重的。

Jika keterikatannya banyak maka dosanya berat, di dalam Goa Hujan Angin begitu angin dinginnya bertiup , dinginnya menusuk sampai ke tulang. Begitu angin dan hujan datang maka seperti sebatang-batang jarum yang menusuk pori-pori, sakitnya sampai menusuk ke hati dan paru-paru, untuk menyadarkan mereka jangan terikat lagi, karena mereka mencelakai orang jatuh ke lembah gunung yang gelap , memutuskan akar kearifan orang, ini adalah dosa yang berat.





法雨洞 Fa Yu Dong

Goa Hujan Dharma





法雨洞顧名思義即在生的時候,對於經典佛法,一些法門有執著,專門執修這一門,認為別人之法門不好,例如:苦修~不吃飯、不穿衣、不睡眠、用火焚燒...,修苦行只是肉體痛苦而已,而內心自性都沒有修。

Goa Hujan Dharma adalah mengurung orang yang semasa hidup terikat pada kitab suci atau dharma tertentu, khusus membina 1 bidang saja, beranggapan dharma orang lain tidak baik. Misalnya bersusah payah membina : tidak makan, tidak memakai baju, tidak tidur, memakai api membakar diri, yang dibina dengan susah payah hanya badan raga saja tapi hatinya tidak dibina.

三毒未消,這種人就是把一句話牢記於心,一輩子就抱定這句話修道,別人說的有理也不聽,這種人就慘了。
3 racun hati masih belum sirna, orang yang demikian selalu mengingat perkataan orang diingat dalam hati, seumur hidup mengingat kata tersebut untuk membina, orang lain menyampaikan dharma juga tidak mau mendengar, orang yang demikian maka celaka !

受煉時大家一起坐著聽佛祖講課,但是呢!聲音好刺耳喔!耳朵都癢癢的,全身上下都怪怪的,天還會雨落花,就是下了一些天花,黏到身上會癢,但又必須聽課才行,不然會越痛苦,也沒辦法不聽,因為聽一句話耳朵就很癢,很癢。
Pada waktu dihukum untuk menempa diri semua duduk bersama-sama mendengarkan dharma dari Sang Budha, tapi suaranya sungguh menyakitkan telinga ! Telinga rasanya gatal, seluruh badan rasanya juga aneh, dari Langit juga turun hujan bunga, kena badan akan gatal, tapi mau tak mau tetap harus mendengar dharma , jika tidak mendengar maka semakin menderita, juga tidak berdaya untuk tidak mendengar,  karena dengar 1 kata telinganya langsung sangat gatal, sangat gatal sekali.

這種人就是像現在聽法會不認真,隨興坐著翹腳想著自己的事情。
Orang yang demikian adalah mereka yang tidak sungguh-sungguh mendengarkan dharma pada waktu kelas Penataran Dharma ( Fa Hui ) , waktu duduk seenaknya angkat kaki dan sambil memikirkan urusan pribadi.

也有一種人不管你說什麼我都不喜歡,不然就說你(臭屁)、(胡說),心中胡思亂想,看到仙佛講道理都不喜歡聽,不願意聽,自以為仙佛說的都很白話,都很淺。
Juga ada type orang yang tidak peduli kamu berbicara apa dia tetap tidak senang, lalu akan menyebut kamu ( kentut busuk ) ( pembual ) , pikirannya kacau sembarangan berkhayal, melihat Budha menyampaikan dharma juga tidak senang mendengar, tidak sudah mendengarnya, menganggap apa yang disampaikan Budha sangat sederhana , sangat dangkal.

諸如此類驕傲、自大的人,不認真聽前人講話的,平常聽課時又打瞌睡的,久而久之污點越來越大,這種修行人就要抓去補修。這樣你們會不會害怕呢?(會)。
Orang yang sombong seperti ini, menganggap diri paling hebat, tidak sudi mendengar omongan para pendahulu, waktu dengar dharma sering mengantuk, makin lama kesalahannya semakin banyak, orang yang type demikian harus ditangkap untuk membina ulang lagi. Yang begini apakah kalian takut ?
( Umat : Takut )


今天有打瞌睡的人有好幾個,這只是記點而已,沒有馬上抓去

關,和你們交通犯規一樣,看累計到一大點就要抓起來了。

Hari ini ada beberapa orang yang mengantuk, ini cuma mengingatkan saja, tidak segera menangkap kamu untuk dikurung, sama halnya jika kalian melanggar peraturan lalu lintas, melihat kesalahannya besar maka akan ditangkap untuk dikurung.




德雨洞 De Yu Dong

Goa Hujan Kebajikan 



德雨洞此洞中的佛子權高位重,但沒有好好修,對後學很苛薄,沒有慈悲,自己想要做什麼就做什麼,心腸不是很好。

Goa Hujan Kebajikan mengurung pembina diri Kekuasaan besar dan kedudukan tinggi, tapi tidak baik-baik membina diri, terhadap para pengikut gampang emosi, tidak ada rasa welas asih, diri sendiri berpikir ingin melakukan apa maka dia pun pergi melakukannya, hatinya tidak terlalu baik.



但他修道已經很久了,表面上裝得很好,多半假慈悲,背後盡說一些壞話,其實無德,但假大牌。

Tapi pembinaannya sudah sangat lama , penampilan luarnya sangat baik, pura-pura berwelas asih, dibelakang orang membicarakan kejelekan orang lain, sebenarnya tiada kebajikan tapi penuh dengan kepalsuan.

一些人先是被他外表騙了,久而久之知道他真面目後,就被考倒了,此種奇奇怪怪沒有德性的人,又脾氣不好、對人又苛薄、自私的就關在這裡。
Sebagian orang tertipu dengan penampilan luarnya, lama kelamaan ketahuan belangnya maka akan mundur ( tidak lolos uji ), orang bersikap yang aneh-aneh tiada kebajikan, masih bertemperamen kurang baik, terhadap orang lain gampang timbul emosi, sikap yang egois maka akan dikurung di sini.


受煉時上有冰泉衝下,心平則泉溫,心不甘則泉冷刺骨,泉溫以心性論,直到罪消,方不受煉。 
Waktu dikurung untuk melatih diri di atasnya ada sumber es yang akan mengalir ke bawah, jika hatinya tenang maka airnya akan hangat, jika hatinya tidak tenang maka airnya akan sangat dingin sampai menusuk ke tulang, sampai semua kesalahannya sirna, baru tidak perlu ditempa lagi.

接下來有金雨洞、木雨洞、水雨洞、火雨洞、土雨洞、那是五行的,不洩露。 ㊥ 吩咐說:天機每一層都要隱藏一些,為什麼呢?不可以都洩露,常常說給你們聽,你們知道而不知珍惜。
Selanjutnya masih Jin Yu Dong ( Goa hujan emas ), Mu Yu Dong ( Goa hujan kayu ), Shui Yu Dong ( Goa Hujan Air ), Huo Yu Dong ( Goa hujan api ), Tu Yu Dong ( Goa Hujan Tanah ) , semua itu adalah 5 Unsur yang tidak boleh dibocorkan rahasianya. 
TUHAN YME berpesan rahasia setiap lapisan kurungan langit harus disimpan sebagian, kenapa ? Tidak boleh dibocorkan, terlalu sering menyampaikan kepada kalian, walau kalian sudah tahu tapi tidak tahu menyayanginya.




拾豆獄 Shi Dou Yu

Kurungan Memunggut Kacang





拾豆獄:就好像灰姑娘拾豆子一樣的刑罰,但不同於灰姑娘。一般的道親、點傳師、講師在座的都有犯到。

Kurungan Memunggut Kacang adalah tempat hukuman mirip Putri Cinderella  memunggut kacang, tapi tidak sama persis, menghukum sebagian umat, pandita, penceramah yang sedang duduk dan semua yang ada pelanggaran.


就是渡人時只算人頭,貪多沒有重質,不知他品性是好是壞,路邊撿到的也把他渡回來,自以為渡一百、二百人功德很大,渡了也不加以成全,而隨便渡。
Yaitu pada waktu melintasi orang hanya menghitung jumlah kepala , sangat tamak, tidak tahu apa orang yang akan diajak memohon TAO tabiatnya baik atau tidak baik, ketemu di jalan juga langsung diajak. Diri sendiri beranggapan mengajak 100 orang , 200 orang maka pahalanya sangat besar sekali, setelah diajak memohon TAO juga tidak dimotivasi untuk maju, malah sembarangan mengajak orang memohon TAO.

隨便結緣而不再去成全,這種的就須回天獄撿豆子了。這天獄的豆子可是不好撿,因為修道人在凡間修道也已吃素,知道要做功德,所以 上天給他的刑罰比較輕。
Sembarangan mengikat jodoh dengan orang tapi tidak pergi memotivasi mereka untuk maju, orang yang type begini kelak berpulang akan masuk kurungan memunggut butir-butir kacang, kacang-kacang di kurungan langit sungguh tidak enak untuk dipunggut,  dikarenakan para pembina semasa di dunia ada juga bervegetarian, tahu untuk memupuk amal kebajikan, oleh karena itu TUHAN memberikan hukuman yang agak ringan.

不是割舌頭、開肚、割腸,天獄不會像地府,但一種刑罰隱藏一種道理。
Bukan memotong lidah, membelah perut, memotong usus, kurungan langit tidak sama dengan neraka, tetapi tiap jenis hukuman mempunyai hakekatnya tersendiri. 

如果罪較重者,豆子滲入一大堆沙混成沙堆,罪越重越大堆,若又起心動念,則沙子就一堆一堆的一直冒起來,看你要撿到何時。
Kalau dosa yang agak berat, kacangnya akan bercampur dengan tumpukan pasir, dosa yang semakin berat dan malah timbul niat , maka tumpukan pasir akan semakin besar dan tinggi, lihat kamu mau memunggut sampai kapan .

若說你的心不平,起無明,自忖我做這麼多功德、渡這麼多人,回天後還得關在此,趴在這裡撿豆子,那些豆子馬上就和沙土的顏色一般,這要如何撿呢?所以說你們要注意了,渡人不是可以隨便渡,渡了以後又不成全他人,讓他人謗道、不明理。
Jika hatimu tidak tenang dan masih tidak paham, berpikir saya berbuat sedemikian banyak amal, melintasi banyak orang, sudah pulang dihukum pula, dikurung disini memunggut kacang, maka kacang tersebut segera berubah warna yang warnanya sama dengan warna pasir, ini harus bagaimana memunggutnya ? Oleh karena itu kalian harus memperhatikan, ajak orang memohon TAO tidak boleh sembarangan, setelah berhasil ajak mereka memohon TAO lalu tidak memotivasi mereka, mengakibatkan mereka keluar dari jalur TAO, tidak paham Hakekat Kebenaran.

現今道場之所以有考驗,就是許多人貪功,渡人求道算人頭,讓點傳師高興,這是不對的。
Saat ini di kalangan TAO ada ujian dikarenakan banyak umat yang tamal akan jasa pahala, mengajak orang memohon TAO hanya menghitung jumlah kepala, agar pandita bisa senang, ini adalah tidak benar.

很多人不瞭解就會做錯事,這樣聽懂嗎?若是你們的心念正,豆子就比較大粒;心念若不正,豆子就越小粒,並且還變色,同沙子一般不容易辨認。
Banyak orang yang tidak paham maka akan berbuat kesalahan, yang begini kalian mengerti tidak ? Jika niat pikiran kalian tegak maka butir kacang akan membesar, niat pikiran tidak tegak maka butir kacang akan semakin kecil dan warnanya sama persis dengan warna pasir sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

讓你們修行人趴在地上暈頭轉向,而且還渾身髒兮兮的,一定要把豆子撿完,罪才會消。
Membiarkan kalian para pembina tergeletak di tanah sampai kepala pusing berputar arah dan juga badan serba kotor, harus memunggut kacang itu sampai habis, dosanya baru bisa sirna.

除非是心已平、罪已消,那些沙土和豆子就會消失,萬法由心生,由心生萬法。 
Kecuali jika hatinya tenang, dosanya sudah sirna maka tumpukan tanah pasir dan kacang akan sirna juga, berbagai dharma timbul dari hati, dari hatilah timbul berbagai dharma.


爬梯獄 Pa Ti Yu
Kurungan Memanjat Tangga


爬梯獄:一人一支樓梯,從底部開始爬,必須很認真爬!一直爬一直掉,怎麼爬都好像在原地,又好像會下降,心中會有恐懼感。
Kurungan Memanjat Tangga yakni setiap 1 orang 1 tangga, memanjat mulai dari dasar, harus dengan sungguh-sungguh ! Makin dipanjat makin jatuh, bagaimanapun panjatnya tetap masih berada di bagian dasar, juga seperti seolah olah akan jatuh ke bawah, dalam hati ada perasaan yang menakutkan.

這種就是三天打魚兩天曬網,三年五年才修一次道,對道一會兒熱、一會兒冷,一會兒立下大願、一會兒又退志了、一會兒又不信道了。
Type ini adalah 3 hari menjala ikan 2 hari menjemur jaring , 3 tahun 5 tahun baru membina 1 kali, terhadap TAO sebentar antusias ( semangat ) , sebentar dingin ( tidak semangat ) , sebentar menegakkan ikrar besar, sebentar lagi mundur,  sebentar lagi sudah tidak percaya pada TAO.


這種人,做事都不會成功較多!可是他有在修道,以為修道是為了要保平安,所以做一些功德彌補自己的過錯,其實他已瞭解,可是他不要修,所以就得關在此洞中。
Orang type begini, melakukan apapun tidak akan berhasil ! Tapi dia ada membina, tapi beranggapan membina diri hanya untuk melindungi diri agar aman tentram, sehingga berbuat amal hanya untuk menutupi kesalahan diri, sebenarnya dia juga paham, tapi tetap tidak mau membina diri, oleh karena itu akan dikurung di sini.

賢士啊!你們會被抓去這裡關嗎? 
Para Budiman ahh ! apakah kalian akan ditangkap sampai dikurung ke sini tidak ?




煮水獄 Zhu Shui Yu

Kurungan Memasak Air



煮水獄:一人一口灶,拿柴去燒,可是很奇怪喔!心性未修還沒到那裡,要燒柴取火,怎麼燒都燒不著,也燒不起來。

Kurungan Memasak Air yakni 1 orang 1 tungku dan mengambil kayu untuk dibakar, tapi sangat aneh ! Ingin membakar kayu untuk dapatkan api , tapi bagaimanapun membakar kayunya tetap tidak terbakar .

此種人以湊熱鬧的心,看他人排班,也去排班;看他人打毛巾,也去打毛巾。
Orang yang type begini hanya ikut keramaian saja, melihat orang berbaris, dia juga ikut berbaris, melihat orang memberikan sapu tangan , dia juga pergi memberikan sapu tangan.

隨隨便便亂來,有一樣學一樣,沒有一樣學得精、學得成。做事情只五分鐘熱度,沒有恆心。
Serba sembrono, melihat 1 hal lalu belajar 1 hal tapi tidak ada yang dipelajari dengan sungguh-sungguh, dan tidak ada yang berhasil dipelajarinya. Melakukan sesuatu hal hanya 50% saja, tiada ketulusan hati.

一下走這個道場,一下逛這個佛堂,一下又去那前輩那裡研究,一下子又去某某講師那裡,心都亂了。
Sebentar ke kalangan TAO ini, sebentar ke vihara yang itu, sebentar pergi ke pendahulu itu untuk mendalami dharma, sebentar lagi pergi ke penceramah yang lain, hatinya telah kacau.

做事也未實修,此種人就得抓去那裡~煮水,煮得水滾了、干了,罪才會消,這樣知道嗎?(知道)。
Mengerjakan sesuatu tiada sungguh-sungguh, orang yang demikian akan ditangkap ke sini ~ untuk memasak air, memasak air sampai mendidih, setelah airnya kering, dosanya baru sirna , mengertikah ?
( Umat : Mengerti )


天廚獄 Tian Chu Yu
Kurungan Dapur Langit

天廚獄:天廚獄和你們就有關係了!天廚獄裡的就是生前在廟寺、佛堂中服務,擔任煮菜、煮飯之職。
Kurungan Dapur Langit : Kurungan ini ada kaitannya dengan kalian ! Di dalam kurungan dapur langit adalah mereka yang semasa hidup bertugas di vihara bagian pelayanan dengan tanggung jawab memasak di dapur.

一邊煮、嘴巴一邊講話,念頭就牽動,有邪念、有執著,胡說別人的壞話,心生不平,有怨言:他人可以穿得整整齊齊的站在台上,我為何一身油漬的站在廚房裡,沾油膩,如此之不潔淨。
Sambil memasak sambil berbicara, niat pikiran mulai timbul, ada niat yang melenceng ( sesat ), ada kaitannya, sembarangan membicarakan orang lain, hati tidak tenang, ada omongan yang penuh kebencian :" Mereka bisa memakai baju serba rapi dan berdiri di mimbar, mengapa saya justru seluruh badan berlumuran minyak di dapur, demikian kotornya ".

更有人想說:也不稀罕,我又不會說話講道理,不然我就可以站在講台上了。有些人在做,但是心未平。有的別的了願方式他又不會,請他去廚房幫忙,他又不要。
Malah ada orang yang berpikir :" Saya tidak bisa berceramah, kalau tidak saya sudah berdiri di atas mimbar menyampaikan ceramah . Ada sebagian orang diwaktu sedang bekerja tapi hatinya tidak tenang. Ada yang karena ingin menyelesaikan ikrar tapi pekerjaan apapun tidak bisa, meminta dia membantu di bagian dapur, dia juga tidak mau.

一邊煮又一邊嘮叨,說人的是非,提防別人,嫉妒別人,這種人都要抓到這裡去關。其實安分守己的認真了願,雖在廚房當中幫忙亦是了願行功。
Sambil memasak juga sambil mengomel, menggosipkan orang, mewaspadai orang ( penuh curiga ) , iri kepada orang, type orang yang demikian akan ditangkap untuk dikurung di sini. Sebenarnya jika dengan tenang dan sungguh-sungguh menyelesaikan ikrar, meskipun membantu di dapur juga termasuk memupuk amal menyelesaikan ikrar.


此獄要如何受罰呢?就是切菜的切菜,煮飯的人煮飯,但若切菜的人起心動念的話,就連他的手也一起切下去了,切到一半清醒後,才知道切到自己的手, 上天設每種刑罰都是有原因的,你們知道嗎?
Bagaimana hukuman akan dijalankan ? Yaitu ada yang memotong sayur, ada yang memasak nasi, tapi jika orang yang memotong sayur timbul niat pikiran, maka tangannya akan ikut terpotong, terpotong sampai setengah baru sadar sudah memotong diri sendiri, TUHAN menciptakan berbagai hukuman semua karena ada sebabnya, apakah kalian mengerti ?

你的過錯從那裡來, 上天就要你們從那個環境去消你們的罪。所以千萬不要在後面,一邊煮菜一邊說是非、一邊批評別人,這樣功德做不圓滿,且又賺不多,知曉嗎?

Kesalahan kalian timbul dari mana, maka TUHAN ingin kalian dari situasi tersebut untuk melunasi kesalahan kalian. Oleh karena itu jangan sekali-kali di belakang orang sambil memasak sambil bergosip, sambil mengkritik orang lain, yang type begitu amal pahalanya tidak akan sempurna,  mengertikah ?





植木獄 Zhi Mu Yu

Kurungan Menanam Pohon




植木獄:此獄中之受刑人,每人之手中自然會出現一棵樹苗,心地較不好者,樹苗會長滿了荊棘傷手。
Kurungan Menanam Pohon adalah kurungan yang menghukum orang dengan cara setiap tangan secara otomatis akan timbul bibit pohon, mereka yang hatinya agak jahat, pohonnya akan berduri melukai tangannya.

受煉時,每一個人都要拿鏟子,翻挖很硬的土,然後把樹苗種下去,很辛苦的種下去,有時候還不會活。
Pada waktu berlatih, setiap orang harus membawa cangkul untuk mencangkul tanah liat, kemudian menanam bibit pohon tersebut, dengan sangat bersusah payah baru bisa tertanam, ada kalanya tidak bisa tumbuh.

所以說罪業如果沒有消盡的話,樹苗一直在他手上產生,種完一棵又一棵。
Kalau dosanya belum sirna sama sekali maka bibit pohon akan tumbuh terus dari tangannya , tanam 1 batang maka akan tumbuh satu batang lagi .

如果懶惰怎麼辦呢?就有天兵天將在旁邊督工,偷懶會被打,這樣懂嗎?(懂)。
Bagaimana jika timbul rasa malas ? Ada Prajurit Langit yang berdiri di samping mengawasi pekerjaannya, yang bermalas-malasan akan mendapat pukulan, yang begini kalian mengertikah ?
( Umat : Mengerti )

這種人犯什麼罪?生為前賢私心偏袒,不公心栽培後學,隨便指派他人頂戴天命,用人情來修道,這樣瞭解吧!
Orang type begini melakukan kesalahan apa ? Sebagai pendahulu sifatnya egois, tiada hati untuk orang banyak, sembarangan menunjuk orang untuk memikul misi TUHAN, menggunakan perasaan manusia ( duniawi ) untuk membina diri, mengertikah !

有的就如此耽誤了一些有才能、才德的人,而考倒他們,讓他人認為天道都是修人情道,看人較富有就讓他領天命。在凡間有沒有罪,你們看不出來,可是一回天後都知曉。
Karena demikianlah maka kader yang berbakat dan berkebajikan jadi terkesampingan , dan menguji mereka sampai mundur, membuat mereka beranggapan TAO adalah dibina dengan ikatan perasaan manusia, melihat orang yang agak kaya lantas menunjuk dia untuk memikul misi TUHAN. Di dunia ada dosanya tidak, kalian tidak akan tahu, tapi setelah berpulang ke Nirwana akan ketahuan.

築屋獄 Zhu Wu Yu
Kurungan Membangun Bangunan


築屋獄:有一些壇主家裡的佛堂設了,但怕人家去打擾,對道親也很隨便、冷漠、不歡迎。
Kurungan Bangunan adalah ada sebagian Than Zu ( pengurus Vihara ) yang sudah mendirikan Cetya di rumah, tapi takut orang ke rumahnya mengganggu, terhadap umat juga sangat sembarangan, sikapnya dingin, tidak menyambut kedatangan mereka.

拜了沒多久便覺沒什麼新鮮,就找借口,以搬家或蓋房子為由,而把佛堂收起來,這種都有罪,什麼罪呢?因立了願,又欺騙上天。
Setelah sembahyang tidak berapa lama sudah merasa bukan sesuatu yang baru lagi, lantas mencari alasan akan pindah rumah atau akan bangun rumah, maka membereskan cetya ( cetyanya tidak ada lagi ) , yang begini pasti ada dosanya, dosanya apa ? Karena sudah berikrar dan kemudian membohongi TUHAN.

你們有犯到這些脾氣毛病嗎?家裡有設佛堂而怕道親去嗎?有拜到很厭煩而不想拜的?要注意喔!此獄就是受刑時,一直築屋,有各式建材、建屋,直到罪消。若心不靜,則房牆一直倒塌。 
Kalian ada melanggar ini tidak ? Di rumah ada Cetya tapi takut umat datang berkunjung ? Apakah ada yang sudah bosa sembahyang dan berpikir tidak ingin sembahyang lagi ? Harus diperhatikan lho ... ! Kurungan ini adalah hukumannya harus membangun rumah sampai dosanya habis. Jika hatinya tidak tenang, maka dinding bangunan akan runtuh.


鐵鍬獄 Tie Qiao Yu 
Kurungan Menggali 

鐵鍬獄:此獄就是一個人發一把鐵鍬,像挖馬路一樣不停的挖,一直勞動,因為這種人在道場上都是混水摸魚,別人當講師,他也一樣當講師;別人領天命當點傳師,他也一樣領天命做點傳師;別人做得辛苦,他都在一旁納涼,只靠出一張嘴而已,平常都在講話,自認功德大,比別人心血付出多。 
Kurungan mengali adalah hukumannya  setiap orang dibagikan sebuah sekop untuk menggali jalan yang tiada henti-hentinya, karena orang demikian di kalangan TAO selalu menangkap ikan di air keruh , orang lain menjadi penceramah dia juga ikut menjadi penceramah, orang lain menjadi pandita, dia juga ikut menjadi pandita, orang lain bekerja dengan bersusah payah tapi dia hanya berdiri di samping ngomong saja, hanya mengandalkan mulut saja, sehari-hari hanya ngomong saja, menganggap amal pahala dirinya sudah tinggi, menganggap dia bekerja lebih banyak dari orang lain. 


這種人都是有罪的,因為他想靠一張(嘴)賺功德,容易有過失。修道乃是要做給別人看,不是用說的就會成道,這種人因為在後天沒有付出勞力,所以回到理天只好付出勞力,因為他都沾團體的光,這樣你們懂嗎?修道不可以這樣了。 
Orang type begini tentu ada dosanya, karena dia berpikir hanya mengandalkan mulut untuk memupuk amal pahala, gampang berbuat kesalahan. Membina harus pergi berbuat untuk ditunjukkan pada orang ( buktikan ) , bukan hanya dengan omong saja lalu bisa mencapai kesempurnaan, orang yang demikian karena di dunia tidak bekerja ( mengeluarkan tenaga ) maka setelah kembali ke Nirwana harus mengeluarkan tenaganya, karena dia nebeng penerangan dari orang lain, yang begini kalian mengerti tidak ? Membina diri tidak boleh demikian ?

縛身獄 Fu Shen Yu
Kurungan Mengikat Badan


縛身獄:此獄中受刑人,即是已經有能力把凡情拋卻,可是卻捨不得,仍眷戀妻子、兒女、事業。
Kurungan Mengikat Badan : Orang yang dihukum disini adalah mereka yang sudah bisa melepaskan perasaan duniawi, tapi tidak rela, masih ada ikatan dengan anak istri, pekerjaan.

雖然已當點傳師了,還貪戀著錢財,捨不得清修、全捨,已經是很高位的前賢了,卻因凡情而放不下,這種人就是送入此洞。
Meskipun sudah menjadi pandita, tapi masih tamak akan harta benda ( uang ), tidak rela untuk membersihkan perasaan diri, melepaskan semuanya, sudah sebagai pendahulu yang berkedudukan tinggi, masih tetap tidak bisa melepaskan perasaan duniawi, yang type begini akan diantar masuk sampai goa ini.

也有一種人雖然已經立了清口、清修了,但心念不正,一些念頭時時牽動,也是一樣要綁在這個洞中。
Ada type yang meskipun sudah berikrar vegetarian, berikrar tidak menikah, tapi hati dan pikiran tidak tegak, niat pikiran setiap saat timbul melilit dia, maka akan dililit di kurungan ini.

若是已沒有起心動念,心也較平靜的話,那繩子就會慢慢鬆了,較不會痛。越是抱怨、越是嗔忿,起心動念,繩子就越緊這樣瞭解嗎?(瞭解)。
Jika niat pikiran tidak timbul lagi, hatipun sudah tenang, maka tali yang melilit dia perlahan-lahan akan melonggar, sakitnya akan berkurang, jika masih ada hati benci, semakin marah, niat pikiran timbul lagi maka lilitan tali akan semakin kuat, mengertikah ?
( Umat : Mengerti )

在世間因身心受束縛,而回去就得自己綁自己,所以你們要看破,不可重凡輕聖。若說你可以出來講道理渡人,就不可以待在家中,偷懶度時間,這樣你們知道嗎?
Selama di dunia badan dan pikirannya penuh dengan lilitan maka setelah pulang dia akan melilit dirinya sendiri, oleh karena itu kalian harus memandang terbuka, tidak boleh mengutamakan duniawi dan meringankan  urusan KeTuhanan, jika kamu bisa berceramah dharma dan melintasi orang, maka tidak boleh berdiam di rumah bermalas-malasan melewati hari-hari, yang begini kalian mengertikah ?



煉球獄 Lian Qiu Yu
Kurungan Rantai Bola

煉球獄:此獄中人即是嫉妒別人才能較高,而修道又不認真,也喜歡說人壞話,背後洩人氣,做起事來虎頭蛇尾,馬馬虎虎不徹底,都喜歡留給別人收爛攤子。
Kurungan Rantai Bola : Dalam kurungan menghukum orang yang iri pada kemampuan orang lain yang lebih hebat darinya, meski membina tapi tidak dengan sungguh-sungguh, senangan membicarakan kejelekan orang lain, pekerjaannya serba tidak beres ada awal tiada akhir, sangat sembrono, suka menyisakan yang buruk kepada orang lain.

做事待人不誠懇,所以耽誤了整個道場,耽誤了別人;又喜歡扯人家後腿,破壞他人的好事與德性,及破壞他人的名譽。此種人都得抓來此洞關。
Melakukan pekerjaan dan melayani orang dengan tidak tulus, sehingga mempengaruhi kalangan TAO dan orang lain, juga senang menghentikan langkah orang, menjelekkan kebajikan orang lain dan merusak nama baik orang lain. Orang yang type begini akan ditangkap kemari untuk dikurung dalam goa.

就是腳上綁個鐵鏈,拖個大鐵球,然後每人都要背自己的麻包袋(自己的過錯),在凡間造多少罪、說多少話及過失,都要裝在麻包袋中,自己去了。
Kakinya dirantai dengan bola besi yang besar, dan setiap orang harus memikul bungkusan ( kesalahan ) masing-masing , selama di dunia berbuat berapa banyak dosa, ngomong berapa banyak serta kesalahan, semuanya akan dibungkus untuk dipikul masing-masing.




盲目獄 Mang Mu Yu
Kurungan Buta 

盲目獄:此獄中人懷疑五教經典,目空一切、懷疑聖訓、懷疑仙佛、批評經典、批評前輩的德性,也批評前輩的言行,這種人自驕自傲、自高自大,其實並無才學而喜歡標新立異,自己做一些奇奇怪怪的事情,迷惑世人,倡導自己的學說,認為自己很了不起,而輕視五教經典,不重視聖賢仙佛,懷疑聖賢仙佛的存在,甚至懷疑聖賢的心境,此種人都在盲目獄中受煉。
Kurungan Buta : Orang yang dihukum di sini adalah mereka yang ragu akan 5 Kitab Ajaran Suci, meragukan Wejangan Suci, ragu dengan Para Budha, mengkritik kitab suci, mengkritik kebajikan para pendahulu, mengkritik pembicaraan dan perbuatan para pendahulu, orang type begini sangat sombong, merasa diri sendiri sudah sangat hebat, sebenarnya tiada kemampuan tapi suka pamer, diri sendiri berbuat sesuatu hal yang serba aneh, menyesatkan orang-orang, mengagungkan pengetahuan sendiri, berpikir diri sendiri luar biasa hebatnya, meremehkan 5 Kitab Suci, meremehkan Para Budha dan Para Suci, meragukan keberadaan Para Budha dan Para Suci, meragukan maksud hati Para Buhda dan Para Suci, orang yang type begini pasti akan ada di Kurungan Buta untuk menerima tempaan ( latihan )

此獄方圓有十萬八千里,每位受刑者進入後,眼睛皆看不見,如瞎子般。走在路上都坑坑洞洞,還有猛獸、烈火、懸崖峭壁,有大急水、茂密森林、荊棘遍地、毒蟲、毒龍.....種種不好的東西到處都存在。
Kurungan ini memiliki luas 10.800 mil, setiap orang yang dihukum begitu masuk ke dalam kurungan ini matanya akan buta tidak dapat melihat, berjalan di jalan yang banyak lubang dan berliku liku, masih terdapat binatang buas, api membara, jurang yang dalam, air bah, hutan rimba, duri dimana-mana, ulat beracun, naga beracun .... Semua barang yang tidak baik ada di sini.


因為你們十惡八邪沒有去,貪、嗔、癡未除,所以就有這些不好的東西,那些人從迷宮進入以後,一直摸索,直到他的罪、過、惡盡了,眼睛才看的見,即順著明朗的路走出十萬八千里的迷宮。

Karena kalian belum menghilangkan 10 Kejahatan dan 8 Kesesatan, tamak, iri, amarah, keras kepala, maka baru ada barang yang tidak baik, ada orang yang dihukum begitu masuk ke sini harus meraba-raba, sampai semua dosa, kesalahan , kejahatannya benar-benar sirna, matanya baru dapat melihat, dan menemukan jalan yang terang untuk keluar dari kurungan 10.800 mil .




播種獄 Bo Zhong Yu

Kurungan Menanam Benih




播種獄:此獄中之人,他有求道,但他耶穌也拜、媽祖也拜、觀音菩薩也拜、關法律主也拜,千門萬教也拜、也修。
Kurungan Menanam Benih : Orang yang dikurung di sini, dia ada memohon TAO, tapi dia juga sembahyang kepada Yesus, Ma Zu ( Dewi Samudra ) dia juga sembahyang, Dewi Kwan Im, Budha Kwan Kung , semua ajaran dan aliran dia ada sembahyang, dia juga ada membina.

腳踏好幾條船,不怕船翻覆、淹死。這項也修、那樣也走,聽人說某某法師法力高強,他就跟著他人修,修了沒多久,沒興趣了就換別人。
Kakinya menginjak beberapa perahu, tidak takut perahunya terbalik, mati tenggelam. Membina yang ini, yang itu dia juga ada pergi, mendengar orang berkata dimana ada guru dengan ilmu yang sangat tinggi dan hebat, dia akan pergi ikut dia membina, membina tidak lama kemudian, sudah tidak ada minat lagi lantas ganti ke yang lain lagi.

又看誰比較會算因果,又隨他去修。看誰在辦三曹又跟著他修,走了兩年沒興趣了又退志,這種人都是修道心不定,認理不真,不認真修行,對道又不虔誠,對上天 ㊥ 沒誠敬,深怕只是修天道回不了天。
Lalu melihat siapa yang hebat bisa melihat Karma sebab akibat, lalu ikut dia membina . Melihat siapa yang melaksanakan misi penyelamatan 3 Alam dia juga ikut membina, setelah berjalan 2 tahun dan tidak ada minat lagi lalu mundur, orang yang type demikian membina diri tapi hatinya tidak mantap, tidak memahami Hakekat Kebenaran, tidak serius membina diri, terhadap TAO tidak tulus, terhadap TUHAN tiada rasa hormat, yang dikhawatirkannya yaitu membina TAO tapi tidak bisa kembali ke Nirwana.

此種人就派往此獄,拿種子去種,讓他們自己去翻土、灌溉,直到它們發芽成長,開花結果,這樣是很辛苦的,因為所種下的種子,不一定就會生長,一直播種、重複,直到罪消。 
Orang yang type begini akan dikurung di sini mengambil bibit untuk ditanam, membiarkan mereka untuk membajak tanah, tunggu sampai tumbuh tunas dan membesar, berbunga dan berbuah, ini sungguh sangat menderita, karena semua bibit yang ditanam belum tentu tumbuh, harus terus menerus menanam dan diulang-ulang sampai semua dosa kesalahan sirna.

現在太陽西下,天時已晚, 濟公臨壇,我不多佔你們的時間,你們要乖一點,有空再來天上玩。就此辭 駕 別賢士!
Sekarang matahari sudah terbenam, waktu juga sudah menjelang malam, Budha Ci Kung juga sudah hadir di Vihara, Saya tidak akan menyita waktu kalian lagi, kalian harus patuh, jika ada waktu luang datang ke Nirwana untuk bermain. Berpamit kepada TUHAN dan para budiman ! 



BERSAMBUNG


No comments:

Post a Comment