Thursday 5 May 2016

Situasi Penjara Langit Bagian 5

Bagian 5



反釘獄 Fan Ding Yu
Kurungan memaku

你們有沒有把別人釘得死死的?這就是在世的時候,喜歡批評別人,眼高手低,很會破壞別人名譽,見不得別人長處,見別人好不能玉成。
Apakah kalian ada memaku ( menyudutkan ) orang lain sampai mati ( terpojok ) ? Ini karena semasa hidup gemar  menjelekkan orang lain, ,menjelekkan nama baik orang, tidak bisa menerima kekurangan orang lain, tidak senang melihat kebaikkan orang lain.

反而會落井下石,反而喜歡抓別人的過錯、毛病。然後讓自己順利一點,像這樣都是有很大的過失。
Malah ingin mencelakai ( memperburuk ) situasi orang lain, gemar mengungkit kesalahan orang lain, sifat buruk orang. Kemudian agar diri sendiri mendapat sedikit keuntungan, ini adalah kesalahan yang besar.


在上天來說,這樣會被記錄起來。此獄的刑罰,就是每一人手上拿著很大的錘子,然後,每一個人手上都會有一支釘子。
Di hadapan TUHAN semua akan dicatat. Hukumannya adalah di setiap tangan orang memegang sebuah palu besar, kemudian setiap tangan orang juga memegang sebuah paku.

他一有意念,那支釘子就要把他釘在地上,釘一支下去,還有第二支。但是,那個鐵錘會因個人的罪而定,有分輕、重,還有地板的硬度、軟度、質地,都跟各人的過失有關係。
Begitu niat pikiran timbul, paku tersebut secara otomatis akan memaku dia di atas lantai, setelah memaku yang 1 akan memaku yang berikutnya. Tetapi paku itu bisa membedakan dosa orang untuk memakunya, membedakan yang berat dan ringan dan juga tingkat kekerasan papan lantai, masing-masing orang tidak akan sama, disesuaikan dengan kesalahan masing-masing.

如果罪業重的,地板就越硬,鐵錘就越重。這是無形當中,因自己所生的罪、過、錯,驅使他自己這麼做的。
Jika dosanya berat, maka papan lantainya semakin keras, palunya semakin berat. Ini adalah tidak berwujud, karena dosa kesalahan yang diperbuat semasa masih hidup.

如果心一清靜,二念不生,向 上天懺悔,改過自新,就可以使自己靈台清靜端坐,這樣不會生幻覺而一直在受苦,懂否?(懂)。
Jika hatinya bersih dan tenang, niat pikiran tidak timbul ada bertobat di hadapan TUHAN, memperbaiki diri, maka rohani akan duduk dengan tegak dan tenang, tidak akan timbul imajinasi , terus menerus menderita, mengertikah ?
( Umat : Mengerti )

在這獄中受刑、受煉的,都是屬於眼光短淺、坐井觀天的人。有人劃地自限、有人故步自封,如果他明白天時的話,他看到別人前進,他會跟著前進。
Pada waktu dihukum dikurungan dan menempa diri, semuanya adalah tingkat pandangan, Ada orang yang mempunyai kemampuan terbatas, jika melihat orang lain maju, dia akan ikut maju.

但是在此獄受煉的,就是不一樣。他看到別人前進,他寧願墨守成規,不願意跟著大家一起前進,雖然知道天時的演變,但是也不願意跟著天時走、不願意跟著 上天的指示去。
Tetapi mereka yang dihukum disini agak berbeda. Mereka melihat orang lain bertambah maju, dia sengaja tidak mau bertambah maju meski tahu waktu sudah tidak banyak lagi, tetapi tidak sudi mengikuti situasi yang sudah berubah, tidak sudi mengikuti petunjuk dari TUHAN.

現在有很多前輩、點傳師、講師、道中前賢,都會譭謗三曹普渡,因為他沒有參與,聽到人說,就人云亦云,道聽塗說,可不可怕?
Sekarang sangat banyak pendahulu, pandita, penceramah, para umat yang berada dalam kalangan TAO, semuanya akan protes dengan penyelamatan 3 Alam, karena mereka tidak paham, mendengar omongan orang, dari mulut ke mulut, menakutkan tidak ?


道聽塗說未必能信、未必為真,現今有許多道中前驅者,不明天時、譭謗三曹,你們想想看,三曹普渡,是不是 師尊、師母在世的時候辦理的大事呢?
Omongan orang ke orang belum tentu dapat dipercaya, belum tentu adalah benar, sekarang banyak pendahulu di kalangan TAO tidak paham akan situasi Langit, protes penyelamatan 3 Alam, coba kalian pikirkan, penyelamatan 3 Alam , bukankah urusan besar semasa Bapak Guru Agung dan Ibu Guru Suci semasa masih hidup ?


是不是訓文都有提到(三曹普渡)、(三期末會)呢?是不是都有提到(末後一著辦收圓)呢?(是)。
Bukankah Wejangan Suci selalu ada membahas akan ( Penyelamatan 3 Alam ) , ( Akhir jaman stadium 3 ) ? Bukankah ada membahas ( Akhir jaman melakukan penggenapan penyelamatan ) ?
( Umat : Ada )

師尊、師母在世的時候可以辦三曹,那這些子弟為什麼在 師尊、師母歸空後,不能繼承 師尊、師母的遺願,再勇敢的辦理下去呢?
Bapak Guru Agugn , Ibu Guru Suci semasa hidup di dunia bisa menjalankan penyelamatan 3 Alam, maka murid-murid ini mengapa setelah Bapak Guru Agung dan Ibu Guru Suci kembali ke sisi TUHAN tidak bisa melanjutkannya,  dengan gagah berani meneruskannya ?

就好比今天有一個師父,傳他的弟子醫藥的秘方,傳他十味藥,一旦他師父歸空,他也讓這個秘寶失傳,只講些淺白的話、簡單的醫理,這樣切不切中要害?(不切中)。
Sama halnya sekarang ada Guru yang mewariskan resep obat rahasia kepada muridnya, mewariskan 10 macam obat, begitu gurunya meninggal dunia, muridnya tidak meneruskan rahasia pengobatan lagi hanya berbicara yang tidak ada artinya, pengobatan yang sederhana saja, yang seperti begini apakah bisa mencelakai orang ?
( Umat : Mencelakai )

三曹普渡就是 師尊、師母的宏願,你們都身為弓長、子系的徒弟,都是 上天的好子弟,應當勇於承當,認識天時,不要隨便不明理而加以譭謗,坐井觀天、劃地自限,不願意進步,跟隨不上前賢的腳步。
Penyelamatan 3 Alam adalah Ikrar besar dari Bapak Guru Agung dan Ibu Guru Suci, kalian semua dalah murid dari Patriat Kung Chang ( 弓長  ) dan Ce Si ( 子系 ) , semuanya adalah murid yang baik, semestinya dengan gagah untuk memikulnya, memahami situasi Langit, jangan sembarangan tidak mengerti akan Hakekat malah menjelekkannya, duduk di sumur menatap Langit, tidak ingin tambah maju, tidak bisa mengikuti jejak langkah kaki pendahulu.

在此獄中受煉之者,就是他會生幻相,有如置身在一口井當中,因為下面有銅狗、火獸、還有惡形惡狀的夜叉,會折磨、凌遲他們,所以他看到上面垂下一條繩子,必須努力攀著這繩子上去,但是繩子因個人的心念又有區別,有的繩子長滿了荊棘、有毒蟲、還有刺;有的細石懸絲;有的繩子粗如水桶;因為個人心念不同、罪症不同、罪過不同,所以演變成不同的刑罰,但是每一個、都要往上逃生,他們會生錯覺就是不論他爬多高,怎么那些猛兽、铁狗,及一些不好、恶形恶状的夜叉就是离他这么近,一直都会威胁他,修道人能不能心生恐惧?
Orang yang dihukum menempa di kurungan ini, adalah bisa timbul niat , bagaikan badannya di tengah bibir sumur, karena di bawah ada anjing tembaga, binatang api, masih ada lagi berbagai wujud yang menakutkan, yang akan menguji dan menyerang mereka, sehingga begitu melihat dari atas ada seutas tali yang menjulur ke bawah maka dengan giat akan memanjat naik ke atas, tapi talinya tergantung niat hati masing-masing orang, ada yang talinya berduri, ada ulat beracun, ada yang sangat halus bagaikan serat, ada tali yang sangat besar seperti tong, karena niat hati setiap orang tidak sama, dosanya tidak sama, sehinggga menciptakan hukuman yang tidak sama, tapi setiap orang harus menuju ke atas untuk menyelamatkan diri tapi seberapapun tingginya dia memanjat maka binatang buas, anjing tembaga, binatang jahat lainnya tetap sedemikian dekat dengan mereka, tetap bisa menerkam mereka, para pembina bisa timbul rasa takut tidak ?

心生恐惧很容易落人阿修罗界,就是陷入魔界生出幻影,你们如果害怕恐惧的时候,整个人全身会冒冷汗、会心虚、会恐惧、及无明的颤栗,对不对?这就是这种刑罚。因为有机缘让你们知晓天时、知晓天意,但是不积极进取,认为自己墨守成规、渡化一方众生就可以回天,这就是大错特错,因为常言道;(不知者无罪。)明知故犯罪过更重,虽然不知者,不是真的无罪。但是明知而故犯,则要双倍处罚。
Perasaan takut gampang jatuh ke dalam dunia Asyura, yaitu masuk ke dalam fatamorgana dunia iblis, pada saat kalian merasa takut, seluruh badan berkeringat dingin, hati menciut, ketakutan, betul tidak ? Begitulah jenis hukumannya. Karena ada jodoh membiarkan kalian mengetahui situasi Langit, maksud TUHAN , tapi jika tidak berusaha tambah maju, menganggap diri sendiri sudah menjalani aturan, mengajak sejumlah umat memohon Tao sudah bisa kembali ke Nirwana, ini adalah kesalahan besar, karena sering membahas TAO ( Yang tidak paham tiada dosa ) Yang sudah paham malah sengaha berbuat dosa makan akan lebih berdosa berat, meskipun tidak tahu, tapi bukan berarti benar-benar tidak ada dosa. Tapi yang mengerti dan sengaja melanggar , maka hukumannya 2 kali lipat.



殛光獄 Ji Guang Yu
Kurungan Sinar Dahsyat

顧名思義就是洞中會發出強烈的殛光。所射出來的光有殺傷力,懲罰在世喜歡看不良刊物,因為目光不正,喜歡看不良的刊物,眼睛喜歡看美好的事物,喜美惡丑。
Di dalam kurungan akan timbul cahaya yang dahsyat. Sinar yang terpancar keluar dapat melukai, menghukum orang yang semasa hidupnya gemar melihat hal-hal yang tidak baik, karena sinar matanya tidak tegak ( baik ) , gemar melihat hal-hal yang tidak baik, mata gemar melihat hal-hal yang indah, suka melihat yang cantik benci melihat yang jelek.

還有一種屬於狗眼看人低,因為他自己覺的自己聰明、覺得自己長得好...,而輕視其它的眾生。比如說:現在電線桿上貼的花花綠綠,貼的很多穿得很少的那種,你們路過就多看一眼,這叫非禮勿視、目光不正,坤道比較不會,乾道要注意,所以要好好修煉,要培養自己的正視,眼睛要正視,不要邪視,非禮勿視。
Masih ada 1 jenis lagi yaitu mata anjing yang meremehkan orang karena dia merasa dirinya pintar, merasa penampilan dirinya baik kemudian meremehkan orang lain. Misalnya : sekarang di televisi banyak orang dengan corak penampilan yang menyolok tapi yang dipakai ( melekat di badan ) sedikit sekali, kalian yang lewat di jalan lantas menatap lebih lama, ini namanya yang tidak sesuai dengan norma kesopanan jangan dilihat, pandangan mata yang tidak benar, umat wanita perbandingannya lebih sedikit, umat laki-laki harus harus lebih memperhatikan hal ini, oleh karena itu harus menempa diri lebih baik lagi, harus membina pandangan diri sendiri lebih tegak lagi , mata harus melihat yang benar, jangan melihat yang melenceng ( sesat ) yang tidak sopan jangan di lihat.


還有一種也曾被關進去,就是他喜歡靜坐、參禪,因為他想要看顯化,靜坐時想看天堂景物。像這種居心不正、心魔入竅,這種人雖然有行功立德,但是還有一念的偏私,這樣也要懲罰。
Masih ada 1 type yang akan dikurung di sini, yaitu mereka yang gemar bermeditasi, mengikuti semedi,  karena ingin melihat hal yang gaib, waktu meditasi berpikir ingin melihat Nirwana , niat demikian juga tidak tegak, hatinya dirasuki iblis, orang type demikian walau dia ada memupuk jasa pahala tapi masih ada niat yang melenceng, juga harus dihukum.

在這裡面修煉要辛苦一點,因為強光射來,眼睛會怕光流淚,眼睛會酸軟無力,這也是一種痛苦,所以腦中還會一直浮現昔日的罪惡,刑罰是無情的,所以你們不要太多情。
Yang menempa diri di dalam sini harus bersusah payah . karena begitu sinar yang kuat memancar keluar, mata akan takut pada sinar dan mengalirkan air mata, mata rasanya pegal dan tiada bertenaga, ini juga merupakan suatu penderitaan, maka dari itu di otak masih ada sejumlah pemikiran yang tidak baik, hukuman tiada mengenal perasaan, maka dari itu kalian jangan terlalu banyak perasaan.


錦上添花獄 Jin Shang Tian Hua Yu
Kurungan yang mengutamakan penampilan luar



顧名思義就是這個人喜歡虛有其表、喜歡重視浮華、裝飾外貌,而且喜歡趨炎附勢。有句話說:「西瓜好吃取大塊的」。所以我們修道要心平、公心,看人不足要幫助他,不要看人現在較順利,就趨炎附勢。
Orang yang di sini gemar akan kepura-puraan, mementingkan penampilan luar ( agar penampilan luarnya terlihat bagus ) menutupi yang sesungguhnya lagi pula suka melakukan sesuatu dengan maksud tertentu. Ada pepatah mengatakan : ( Semangka yang enak pilih yang besar ) .oleh karena itu kita yang membina diri hatinya harus tenang, hati untuk kepentingan umum, melihat orang kekurangan harus membantu orang lain, jangan melihat orang sekarang lancar lantas mempunyai maksud tertentu.

還有一種,就是想靠著人情來修道,攀龍附鳳、錦上添花;還有一種就是他一生喜歡講好話,但都不實在,就變成綺語;如果像這樣的人,他說過的綺語,就會被記在綺語庫裡面。
Masih ada 1 type lagi, yaitu mengandalkan ikatan perasaan duniawi untuk membina diri, menyanjung yang kaya mengabaikan yang miskin, mengutamakan penampilan luar ; masih ada 1 type lagi yang semasa hidup gemar berbicara hal-hal yang manis-manis, tapi tidak sesuai dengan kenyataan alias omong kosong; kalau seperti type orang begini, dia mengucapkan kata-kata yang indah tapi pelaksanaan kosong , maka ucapan yang pernah diucapkan akan dicatat .

因為他說過很多綺語,天上就會掉很多花下來,那種花味,聞到刺鼻,沾到皮膚會癢。花粉飄下來會讓你流眼淚、打噴嚏、耳朵會刺癢、全身過敏,這樣可怕嗎?這是一種很可怕的事情,但受煉要心平氣和,要心神收束、懺悔。
karena dia mengucapkan banyak kata-kata yang enak didengar , maka dari langit akan menjatuhkan sangat banyak bunga, bau bunga tersebut kalau tercium bisa menyakiti  hidung menjadi gatal, kalau mengenai kulit akan gatal. Serbuk bunga tertiup kemari akan membuat kamu meneteskan air mata, bersin-bersin, telinga juga akan menjadi gatal , seluruh badan menjadi alergi, ini menakutkan tidak ? Ini adalah sesuatu yang menakutkan tapi pada waktu membina hati harus tenang dan harmonis, mengendalikan hati dan bertobat.

而且嚴重的,他還會在耳朵邊聽到天魔的笑聲,因為修道人要切實際。如果沒有佛心,就是有魔心,所以說如果要把自己的心念扳正來,那就要二六時中的迥光返照。
Bagi yang agak berat dia masih akan mendengar suara iblis tertawa di samping telinganya, karena membina harus apa adanya. Jika tidak ada hati Budha berarti ada hati iblis, oleh karena itu kalau ingin menegakkan niat hati maka setiap saat harus koreksi diri.


洗心革面獄 Xi Xin Ge Mian Yu
Kurungan Membersihkan Hati Mengganti Wajah

就是要洗心革面。在生之時,雖有心修道,但經不起別人說,且又不懂得低心下氣、不懂得真修實煉,認為自己所想的都對,雖然沒有去傷害別人,也是有外功,但內德不足,沒有真正的革面洗心、沒有真正的改過前非,在別人面前,只是展現虛偽的一面、圖一個假相,只讓人誇獎,卻不許人批評,所謂『互相漏氣求進步』。
Adalah membersihkan hati mengganti wajah. Yakni semasa hidup meski ada hati untuk membina tapi meremehkan orang lain juga tidak tahu untuk merendahkan hati, tidak mengerti untuk membina diri yang sebenarnya, beranggapan apa yang diri sendiri pikirkan semua adalah serba benar, meskipun tidak sampai mencelakai orang lain, juga ada amal tapi pembinaan dalamnya ( kebajikannya ) tidak cukup , jika tidak sungguh-sungguh membersihkan hati merubah diri, memperbaiki kesalahan, di depan orang lain hanya menampilkan kepalsuan, hanya wujud palsu , agar disanjung orang lain, tidak ingin dikritik orang lain, apa yang dimaksud ( saling membocorkan kejelekan untuk mendapatkan kemajuan )


所以修道要低心下氣,認真學習,改過遷善,不遷怒、不貳過。如果只是犯下小小的差錯,你們在天佛院就煉掉了。
Oleh karena itu membina diri harus merendahkan hati, dengan sungguh-sungguh hati untuk belajar, memperbaiki kesalahan untuk menuju kebaikan, tidak marah, tidak melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya, jika melakukan kesalahan yang kecil saja kalian di Tian Fo Yuan sudah bisa membina sampai lolos.


如果在天佛院還煉不掉的,那真要請你們來天獄作客了。就是說小過錯、小過失,防微杜漸、防患未然。
Jika di Tian Fo Yuan membina tidak bisa lolos, maka terpaksa akan mengundang kalian ke kurungan Langit untuk menjadi tamu ( dimasukkan dalam kurungan langit ). Makanya kesalahan yang kecil, harus diwaspadai kemudian dihilangkan pelan-pelan, waspada terhadap sesuatu yang belum terjadi.

在受刑之時,就是要澡身浴德,一個人若越愛顧面子,他的臉皮就越薄;人說厚臉皮者不怕出醜,修道就是要厚臉皮。
Pada waktu dihukum, maka badan harus dicuci dengan kebajikan, seseorang jika terlalu ingin muka ( mementingkan gengsi ) , maka kulit mukanya akan tipis ; Ada yang mengatakan yang bermuka kulit tebal tidak takut jelek ( tidak mementingkan gengsi ) , membina diri harus berkulit muka tebal ( Jangan gengsi )

若說到此獄來沐浴,可說是越洗越痛,那水一洗到,就感覺全身皮膚刺癢、刺痛,這要讓他洗心革面、重新作人。
Membicarakan sampai mandir di kurungan , sebenarnya makin dicuci semakin sakit, begitu kena air lantas merasa seluruh tubuh kulit sakit dan gatal, ini tujuannya untuk mencuci hati dan mengganti wajah, mulai menjadi orang baru

如果心腸不好的人,他會感覺全身泡在黑水池當中,水的顏色因各個過失不同,而有清、濁之分;因罪過的不同,而深、淺度不一;也有分熱的、冷的;熱的就是這個人火氣比較大,冷的就是這個人心腸比較冷酷、比較無情,太熱情(亂發脾氣)、太冷酷都不好。
Orang yang hatinya tidak baik, dia akan merasa seluruh tubuhnya terendam di dalam kolam air hitam , warna air tergantung dari kesalahan masing-masing orang, ada yang jernihj, ada yang keruh, karena kesalahannya tidak sama, ada yang dalam ada yang dangkal, ada juga yang panas, ada juga yang dingin ; Yang panas adalah orang yang temperamennya emosi, yang dingin adalah hatinya dingin kurang perasaan. terlalu panas ( gampang emosi ) atau terlalu dingin ( tidak berperasaan ) semuanya adalah tidak baik


天鑼獄 Tian Luo Yu
Kurungan Guntur Langit

顧名思義即是耳朵邊都聽到鑼的聲音。可是它不是鑼的聲,它是一種天雷的聲音。
Di samping telinga terdengar suara tabuhan drum , tapi itu bukan suara drum, itu adalah jenis suara guntur.

他受煉的時候,會感覺置身於密閉的容器,好像是一個密閉的空間裡面,就會有天雷的聲音、鑼聲。
Pada waktu menempa diri , akan merasa seluruh tubuhnya berada di suatu alat yang tertutup rapat, seperti berada di suatu ruangan kosong yang tertutup rapat, dan akan ada suara guntur , suara tabuhan.

因振動頻率很高、回音很大,每響一聲,他的魂魄就跟著音波一起振動,然後頭昏腦脹、想吐,情況嚴重的就會七孔流血,五臟、肝膽俱裂。
Menyebabkan suara frekuensi getaran yang dahsyat , suara demikian kerasnya, begitu ada suara maka seluruh rohnya akan ikut bergetar, kemudian kepalanya pusing, otaknya bengkak, ingin muntah, yang keadaanya berat maka 7 lubang ( 2 lubang telinga 2 bola mata 2 lubang hidung  dan mulut )  akan mengalir darah, 5 organ dalam , hati dan limpa akan pecah.

也就是耳根出了問題,喜歡聽那有的、沒有的;喜歡聽東家長、西家短;三姑六婆的是是非非。
Ini karena telinga gemar mendengar hal yang tidak baik, suka kesana kemari mendengar hal-hal yang tidak baik, bergosip.

自己聽一聽,又再講給別人聽。所以修道人,身、口、意要三業清靜。今天你如果修道,喜歡聽是是非非、傳是非、傳謠言,說不正經的話、說不正確的事情,則會誤導別人、影響別人。
Setelah mendengar masih menceritakan kepada orang lain. Maka seorang pembina diri, badan, mulut, niat pikiran 3 hal ini harus bersih. Hari ini jika kalian membina diri, gemar mendengar gosip, menyebarkan gosip, menyebarkan berita yang tidak benar, membicarakan hal-hal yang belum tentu benar, membicarakan hal yang belum tentu sesuai dengan fakta, sehingga terjadi salah paham, mempengaruhi orang lain.

今天你和左邊鄰居說右邊鄰居的壞話,然後第二天左、右鄰居就互不相理。所以我們的言語很厲害,講話要謹慎、要注意。
Hari ini kamu berbicara dengan tetangga sebelah kiri mengenai kejelekan tetangga sebelah kanan, kemudian pada hari kedua , tetangga kiri dan kanan tidak saling peduli. Oleh karena omongan kita yang dahsyat, berbicara harus hati-hati ( cermat ) , harus diperhatikan.


天鑼獄裡面有包藏禍心的,還有兩面三刀的、面是背非的、挑撥離間的都有,這是看別人感情很好,去挑撥人家;看別人蒸蒸日上,去破壞人家.....都有,因為這都是由耳根這個賊引來的心魔、外魔,障住自己。
Di Kurungan ini juga termasuk yang hatinya tidak baik, di depan dan di belakang perbuatannya tidak sama ( berwajah dua niatnya jahatnya ibarat 3 pisau ) , mengungkit suatu masalah, ini karena melihat hubungan antar sesama orang sangat baik lantas pergi buat masalah, melihat orang harmonis, sengaja pergi merusak hubungan keluarga orang, ini semuanya bersumber dari telinga yang menuntun iblis hati , iblis dari luar yang merintangi diri sendiri. 

有眼睛|有眼根;有耳朵|有耳根;所以佛家說:修行人要六根清靜。真正的身口意、十惡八邪莫要犯。
Ada mata | ada akar mata ; ada telinga | ada akar telinga ; sehingga Budha mengatakan : ( seorang pembina diri harus membersihkan 6 akar )  Badan mulut pikiran harus benar-benar tegak, 10 kejahatan 8 kesesatan jangan dilanggar.

說了這麼多,有沒有聽入耳?(有)。
Sudah berbicara sedemikian banyak, ada sungguh-sungguh mendengarkan tidak ?
( Umat : Ada )

所謂:苦口良藥、忠言逆耳,越是逆耳,越要仔細聽、要去接受它。如果你今天不能去接受它,來日會如何呢?(找個洞坐)。
Apa yang dimaksud dengan ( obat mujarab pahit dimulut, kata-kata yang baik akan menyakiti telinga ) semakin menyakiti telinga , semakin harus didengar dengan teliti ( seksama ) , harus pergi menerimanya . Jika hari ini kamu tidak sanggup menerimanya kelak akan bagaimana ?
( Umat :  duduk dalam kurungan )


未免太沒有志氣了!修道要積極,不是說你們修道先得後修,得了就可以不用修,沒有這麼簡單。
Jangan tidak ada pendirian ! Membina diri harus semakin maju, bukan karena mengatakan kalian mendapatkan dahulu dan membina di kemudian, setelah mendapat lantas tidak perlu membina ( beranggapan setelah mendapatkan Tao lantas bisa langsung ke Nirwana ) , mana ada hal  yang demikian gampang.

你不要得了道還抽煙、喝酒、出去外面泡泡馬子,然後再做點壞事,這是不可能成道的。 
Kamu setelah mendapatkan Tao jangan masih merokok, minum arak, keluar bersenang-senang kemudian melakukan perbuatan jahat, ini tidak mungkin mencapai kesempurnaan.

所以我說的這些道理,就是要你們明白,不要說我是老道親,年歲也不小,但功德在那裡呢?你說你清口了,但心有清嗎?這樣明白嗎?
Apa yang Saya sampaikan ini adalah Kebenaran, agar kalian bisa mengerti, jangan mengatakan saya adalah umat lama, umur juga tidak muda lagi, tapi dimana amal kebajikannya ? Kamu bilang kamu ada Jernihkan Mulut ( ikrar vegetarian )  tapi apakah kamu ada jernihkan hatimu ? Yang begini paham tidak ?

上天讓我來此講述天獄,就是要你們瞭解,修道不是馬馬虎虎就可以的,你若私心重、太會分派, 上天也會和你們分,你們若公心一片, 上天也不會和你們分了。
TUHAN memberi ijin kepada Saya untuk menyampaikan Kurungan Langit , agar kalian paham dan jelas, membina diri bukan dengan ceroboh ( sembarangan ) , jika hatimu egois, suka membeda-bedakan, TUHAN juga akan membeda-bedakan kalian, jika kalian mempunyai hati untuk orang banyak, TUHAN juga tidak membedakan kalian.

好!望你們好好修道,不要辜負 上天的一片苦心。若是辜負了會如何?就是來日預定一個洞來修煉啊!今天來此述說十個獄,這樣就足夠了,要留些秘密讓人探聽,行情才會高,望你們日後找我泡茶,而不是找我報到。我來辭 ,有機會、有緣分,下次再見面。
Baiklah ! Mengharapkan kalian baik-baik membina diri, jangan menyia-yiakan Karunia Kasih TUHAN . Kalau menyia-yiakan harus bagaimana ? Kelak pasti akan duduk di dalam kurungan untuk menempa diri ! Hari ini datang menyampaikan situasi 10 Jenis Kurungan , ini juga sudah cukup, harus menyimpan sebagian rahasia agar orang pergi mencari tahu, mengharapkan kalian kelak bisa mencari Saya untuk menyeduh teh, bukan mencari Saya untuk melaporkan kedatangan . Saya berpamit kepada TUHAN , jika ada kesempatan lagi, ada jodoh lagi, lain kali pasti akan bertemu lagi.

Tamat

No comments:

Post a Comment