Friday 21 February 2020

Penjara Langit ke 17

Bersabar Hidup Harmonis Bisa Meniadakan Dendam Kebencian

忍辱含和化嗔怨 


Hati Bersih Dan Tenang Bisa Terlepas Dari Penderitaan
清靜無為脫苦淵

3 Gerbang 9 Pos Pereda Amarah ( Hua Qi Guan )

Pengurus Vihara : Wang Qiu Qin Mengikat Jodoh
三關九口化氣關 壇主:王秋琴結緣語




Terima Kasih atas rahmat TUHAN , memberikan saya kesempatan untuk memperbaiki diri, mengikuti Guru Agung hadir di vihara untuk menceritakan kisah hidup saya.
感謝 上天慈憫開恩,賜吾們改過機會,追隨 恩師來到佛堂,訴說生前之一切過程。

Saya Memohon Tao pada tahun 1954 , para pendahulu bersusah payah meninggalkan kampung halaman di Tiongkok menuju ke Taiwan untuk membuka ladang Tao melintasi dan menyelamatkan umat manusia. Saya sangat beruntung mendapat bimbingan dari Maha Sesepuh yang welas asih. Masa muda mendapatkan Tao , sangat tulus sekali terhadap Kalangan KeTuhanan , para pendahulu sangat menyayangi diriku, menyayangi kader, dengan bersusah payah membimbing, berharap saya menjadi seorang kader dalam kalangan KeTuhanan, kami suami istri giat demi Tao, menyelamatkan umat manusia, membimbing umat untuk membuka cetya, saya juga menjual perhiasan emas, uangnya untuk membiayai keperluan vihara, melayani umat dengan kehangatan, bagaikan Buddha yang hidup di dunia. Melihat segala hal adalah setara. Memasuki usia matang, membimbing umat untuk membuka cetya ada 23 cetya, pendahulu sangat senang, sehingga memuji saya di depan umat, mengatakan bahwa saya adalah kader yang penuh semangat yang sulit di dapat, demi Kalangan Tao walaupun hidup susah, suami istri menanggung segala kesusahan tersebut, hati KeTuhanan sangat mantap.

吾很早就於民國四十三年來求道,前輩辛苦離開大陸到台灣渡眾,開荒下種,我很榮幸遇上慈悲的老前人點化,年少得了天道,對道務很認真,前輩甚歡喜疼愛我,珍惜人才,苦心栽培成全,費盡心思,希望我真正成為一位道中之人才,夫妻倆更加對道務賣力,隨緣渡化,成全道親開設佛堂,吾也賣了金飾,換錢助道中之費用,待人熱忱,如一位在世佛祖,觀一切皆是平等,中年時,渡化眾生開設佛堂有二十三處,前賢很高興,甚至在道親面前誇讚我,說吾是道場難得的一位精進之好人才,為了配合道場,生活上極苦,夫妻倆忍受一切困難,道心很堅定。

Setelah anak tumbuh dewasa ingin masuk perguruan tinggi, karena tidak ada uang, dia sangat marah dan benci kepada saya, mengatakan bahwa stu keluarga pada dasarnya akur, tentram, karena demi Tao bersibuk diri, satu keluarga jatuh miskin sampai demikian rupa, sang anak marah dan mengatakan dia ingin masuk universitas tapi tidak punya uang, kami suami istri tidak memahami dia, karena satu amarah dia meninggalkan keluarga meninggalkan kami berdua, saya sangat sedih. 
兒子長大入學府求學,想考大學,只因家中沒錢,而對吾很埋怨,說一家本和樂、安裕,為了道務繁忙,一家落得生活貧困,兒子埋怨說他想求學都沒錢,夫妻倆無法體諒他,一怒之下離家出走,拋下吾夫妻二人,吾痛心,


Hanya bisa memohon kepada pandita agar meminjamkan uang jasa pahala untuk sementara waktu , setengah bulan kemudian pasti akan mengembalikan uang itu, demi biaya pendafataran sang anak. Pandita berkata :" Uang jasa pahala urusannya sangat besar, tidak berani memutuskan, tidak berani dipakai untuk keperluan pribadi . Jika dipinjam kepadamu dan tidak bisa mengembalikan dengan tepat waktu, bagaimana saya harus mempertanggung jawabkan, saya juga sangat terpaksa. Memakai uang vihara haruslah berhati hati , harap memaklumi saya tidak bisa memutuskan untuk pinjaman tersebut, harap maklum !"
只好請求點傳師將功德費暫時借用半個月後,準時奉還,為了兒子之註冊費,點傳師說(功德費之事甚大,不敢來作主,不能私用,若是借於你卻無法按約定來還清,吾將如何處理,吾也是不得已,對於佛家之錢財的使用,更要謹慎,恕吾無法擅自作主,請包涵!)

Pikiran Qiu Qin seketika itu serba kabur, salah paham terhadap pandita, tidak mau membantu kesusahan orang, tidak sayang kepada pengikut, tidak peduli kepada umat yang menghadapi kesulitan, dengan marah dan benci pulang ke rumah, mengatakan kepada suami :" Kita suami istri seumur hidup bersusah payah demi Kalangan KeTuhanan, begitu ada kesulitan, para pendahulu tidak bisa membantu, kelak kita tidak perlu Pan Tao ( melaksanakan Tao ) lagi , tidak perlu bersusah payah lagi". Perkataan ini adalah amarah, ucapan emosi , sungguh sembrono.

秋琴一時糊塗,誤會點傳師之不是,不能相助困難,不疼愛後學,後學遇上困難不理睬,嗔念一起掉頭轉回家中,對先生說:夫妻倆終生為道中作牛作馬奉獻一生,遇上難題,前輩者無法幫忙吾們,往後可以不辦道了,不用那麼辛苦。這一席話是氣話,是氣話,真是糊塗。



Pendahulu setiap hari besusah payah kemana mana demi Tao, menyelamatkan umat manusia, tanpa mengeluh, tapi kami suami istri karena sembrono sesaat, tidak bisa memahami maksud TUHAN, pendahulu menganggap kami umat lama, bisa melihat jelas akan tujuan TAO, tidak perlu bimbingan dari pendahulu untuk disadarkan, tapi saya tidak berdaya membalikkan pikiran saya, semakin salah paham kepada pandita, juga mengatakan saya ajak orang demikian banyak, yang buka vihara juga banyak, terhadap Than Zu yang kaya agak baik, terhadap kami Than Zu yang miskin dipandang rendah. Dalam hati timbul curiga, serba tidak puas, berbagai niat pikiran timbul, dan menyebarkan kejelekan pandita di mana mana, suami juga mendapat pengaruh dari saya, tidak hormat kepada pendahulu, tindakan makin salah, semakin hari tabiat semakin jelek, sungguh segala amal yang dipupuk menjadi sirna, segala perbuatan malah menyesatkan diri sendiri, menyalahkan pandita tidak adil kepada umat, ada hati membeda bedakan, lebih menghargai yang kaya, meremehkan kami yg miskin, pikiran sesat muncul bertubi tubi, hati saya sedih, pada usia 54 tahundapat penyakit liver dan tidak bisa bangun, badan dan hati serba tidak sehat, setelah meninggal, mendapat rahmat TUHANditahan di 3 Gerbang 9 Pos bagian Hua Qi Guan untuk membina diri.




前輩者每日辛勞為道務東奔西忙,渡化眾生上岸,辛苦絕無怨言,夫妻倆一時疏忽怠慢,無法體會 上天之意,前輩認為吾夫妻是老道親,可以對道認清目標、方針,不用前賢來掩掩護護及提醒,秋琴念頭轉不過來,更加誤會點傳不諒解,還說吾渡人甚多,開佛堂多處,對於有錢之壇主比較好,吾夫妻倆是貧窮之壇主,不受前賢重視,心中生疑念,倒是內心不滿,雜欲升起,私底下說點傳師的種種不是,先生受到吾影響,不尊敬前賢,夫妻倆修為品行甚差,脾氣一日比一日還大,真是前功盡棄,一切所作所為終究誤了自己,誤會點傳對道親不公平,有分別心,對於有錢者比較重視,對吾倆沒錢不重視,魔念頻頻而升起,吾內心很難過,五十四歲得了肝病,一病不起,身心不健全,離開人世間,承蒙 上天開恩,留在三關九口(化氣關)裡面修煉。


Hari ini beruntung bisa mengikuti Guru Agung hadir di vihara, sungguh suatu kebebasan, menceritakan dengan jujur perjalanan hidup saya dan menasehati saudara/i harus paham, seorang pembina haruslah memahami pendahulu, jerih payah pandita, seorang Than Zu ( pengurus vihara ) harus memahami dengan benar makna dibukanya cetya , membimbing umat untuk mendirikan cetya, harus jelas arah dan tujuan, jangan salah paham terhadap pendahulu, karena mereka sungguh sungguh bersusah payah, satu orang menghadapi umat yang banyak, bagaimana bisa menaungi ( memperhatikan ) secara mendetail akan keadaan umat.

今日榮幸隨 恩師到壇前顯化,乃是真正得放自由了,真誠訴說修道過程,奉勸兄弟姐妺知曉,修道人時刻更要體會前人,點傳師之苦心,作一位壇主要真正了解開設佛堂之真義,成全道親開設寶筏,要認清方針,絕不能誤會前輩者,因前賢實在很辛苦,一人應付眾人,怎能周全照顧每一位道親之安危,



Jika sungguh seorang Than Zu yang benar, seharusnya makin menampilkan hati penuh kasih membimbing umat. Seorang pembina harus kosongkan hati untuk pergi belajar, jangan lihat keluar, teladani Buddha dengan sinar roh yang terang, dengan bersih dan tenang kembali ke Nirwana.
若是真正作一位壇主,更要愛心奉獻,牽引眾生。學道之人要虛心求教,不要往外看,學佛祖自性光明,仁慈本懷,應拋棄一切私慾惡習,清清淨淨回到理天,

Yang dikeluhkan yaitu pada hari saya meninggal dunia, hati saya tidak tenang, sehingga tidak bisa kembali ke Nirwana, tertahan di Hua Qi Guan untuk membina lagi. Tuhan berwelas asih membocorkan rahasia Tuhan satu per satu, memperingatkan manusia di dunia, harap diingat dalam hati, jadikanlah sebagai cermin, membina dengan sungguh sungguh untuk bisa masuk ke Tanah Suci, bersembah sujud atas Rahmat Tuhan dan kebajikan Guru Sejati.

又感歎,就是歸空那一日,吾心中不平衡,所以無法升上無極殿,留在(化氣關)修煉, 上天慈悲,一一洩盡天機,警惕世人,甚盼世人銘記在心,引為借鏡,真心修為步入淨土,叩拜 天恩師德。

No comments:

Post a Comment