Thursday 19 March 2020

Penjara Langit ke 24

Membina Diri Adalah Membina Hati Untuk Memahami Rohani Sendiri
Hati Tidak Bersih Sulit Kembali Ke Nirwana
修道修心明自性 心齋不淨難回天


Tahun 1988
Umat Zhen Bi Qiu di Neraka Mengikat Jodoh
民國七十七年
地府 道親 甄碧秋結緣語


Saya sungguh menderita ! Saya sungguh menderita ! Memohon pandita yang mempunyai firman menolong saya... saya adalah Zhen Bi Qiu orang Shanghai. Hari ini atas welas asih Buddha Ksitigharba mengijinkan saya masuk ke vihara, memohon pandita yang memiliki firman berwelas asih, tolonglah saya supaya bisa  kembali ke nirwana, saya tidak ingin berada di sini, di sini sangat menderita ohh !
我好苦!我好苦!請天命點傳救救我...,我是甄碧秋,上海人。今天是承蒙 地藏古佛慈悲,讓我入壇來的,叩求天命點傳慈悲,救我回天去,我不要在這裡,這裡好苦哦!

Saya memohon Tao saat berumur 29 tahun dan masuk ke dalam kalangan KeTuhanan, dikarenakan baru masuk ke dalam kalangan KeTuhanan, semua serba tidak paham, belum belajar peraturan suci vihara, juga buta huruf, tapi atas welas asih pendahulu membimbing saya satu persatu, barulah perlahan lahan pergi mengikuti berbagai kelas dharma.
我是二十九歲時才求道進入道場,因剛入道場,什麼都不懂,佛規禮節又未學習,且又目不識丁,但蒙前賢慈悲一一教導,才漸漸參加種種的研究班來學習。


Setelah saya paham , seluruh uang saya persembahkan pada kalangan KeTuhanan, atas petunjuk Buddha menyadarkan saya untuk menegakkan ikrar bervegetarian.
後來等我明理之後,甚至將自己所有的積蓄全部奉獻給道場,又承蒙 仙佛慈悲點醒而立下清口願。


Akan tetapi saya tidak seperti penceramah yang mampu naik ke atas mimbar untuk berceramah, mewakili Langit membabarkan dharma, karena inilah , hanya bisa mengerjakan pekerjaan di dapur, setiap hari sibuk di dapur tiada henti, apalagi kalau ada buka kelas Fa Hui lebih semakin sibuk tiada henti,  air keringat bercucuran, di mana tidak ada pendahulu datang membantu, karena jerih payah ini hanya dihargai dengan sepatah dua kata : Bi Qiu kamu sudah bersusah payah !
可是我不像講師一樣能夠上台講課、代天宣化,因此,只好在廚房裡工作,每天在那裡忙個不停,尤其是遇到法會之時,更是忙得團團轉、汗水直流,然而卻無前賢肯來幫忙,而這些辛勞,往往只換來一兩句的:碧秋,辛苦了!

Apakah Bi Qiu bekerja sampai begini susah  hanya ada 2 patah kata ( bersusah payah saja ! ) bisakah ini sebanding ? ahh ! benar benar tidak adil ! Pekerjaan di dapur sebenarnya tidak enak dikerjakan, selera tiap orang tidak sama, jumlah makanan tidak menentu, bagaimana dapat memasak agar semua orang menyukai , makan sampai riang gembira, sangat sulit !
難道碧秋做得這麼辛苦,就只有這兩句話(辛苦了!)就能代替嗎?啊!太不公平了!廚房的工作本就不好做,個人口味不同,食量亦不一定,如何能煮到皆大歡喜,吃得個個高興,很難!

Pada waktu saya memasak nasi terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka akan diomeli oleh pendahulu, sehingga hati saya menjadi tidak tentram, mulai menyalahkan Langit dan manusia sampai mulai timbul amarah.
因此每當我把飯煮太多或不夠吃時,皆要被前賢責備,致使我心生不平,開始怨天尤人,甚至發脾氣。


Dalam hati hanya menyalahkan pendahulu yang tidak adil, tidak welas asih, segalanya tidak intropeksi diri atas kesalahan sendiri. Saya tidak paham akan jerih payah pendahulu dan tanggung jawab masing masing orang dan lupa bahwa membina diri adalah membina hati. Saya sangat ingin memupuk kebajikan dan jasa pahala untuk bisa kemana mana mengikat jodoh dengan orang orang, tapi pendahulu berkata 1 kalimat kepada Bi Qiu :" Kamu tidak mengerti , kamu segalanya tidak mengerti , untuk apa pergi ke sana ?
心裡只是一味的責怪前賢的不公、不慈悲,完全沒有反省自已的過失,亦未能體會前賢講課的辛勞,與各人所擔職責之不同,也忘了修道乃在修心,只是很想行功立德,處處去結善緣,可是前賢卻送碧秋一句:你不懂,你什麼都不懂,去那裡做什麼?

Para budiman coba kalian pikir, terhadap seorang yang berniat ingin  membuka ladang Tao, ingin memupuk kebajikan dan jasa pahala diucapkan kalimat seperti ini, bukankah sangat menyakitkan hati .
各位賢士你們想想看,對一個有心要開荒、行功立德的後學講這種話,豈不傷透她的心了。


Para pembina yang ada dikalangan KeTuhanan, tidak setiap orang mempunyai pemahaman yang tinggi, apalagi saya adalah umat yang baru. belum memahami hakekat kebenaran sampai sempurna, ditegur oleh pendahulu secara langsung dihadapan muka, cukup membuat saya mundur dari kalangan KeTuhanan, apalagi saya buta huruf, umur pembinaan masih dangkal, yang seharusnya masih perlu bimbingan pendahulu, kalian mana boleh mempunyai hati yang membeda bedakan ? Saya dengan kalian adalah sama rohani berasal dari Tuhan, kenapa harus membedakan satu dengan yang lain ?
在道場上的修持,並非每個人的境界都是那麼高,尤其我還是新道親,真理尚未十分的明,被前賢當面這麼一講,足以讓我退出道場的,更何況我目不識丁,道齡又淺,處處還待前賢的提攜,大家怎可有此種分別心呢?我和大家同樣都是 皇母靈!為何要分彼此?

Pada waktu pendahulu dan penceramah sedang berceramah, sering mengatakan bahwa seorang pembina harus berbeda dengan orang awam. tidak boleh ada hati diskriminasi dan penuh perhitungan, harus memandang terbuka terhadap nama dan kedudukan, hati yang adil untuk umum ! Lantas kenapa hari ini kalangan KeTuhanan telah berubah mirip seperti dengan masyarakat umum, segala hal ada diskriminasi, yang begini sungguh tidak adil ! 
前賢講師在講課時,常說修道人要與一般的世俗人不同,不可有分別心、有計較心,大家要淡泊名利、公心一片!然而為何今日的道場,卻也變成與社會一樣,事事靠看人際關係來對待,這樣太不公平了!

Mengapa pendahulu selalu menuruti kehendak orang yang agak terkenal, dan malah diangkat tinggi tinggi tapi meremehkan saya seorang ibu rumah tangga yang kampungan, sebenarnya dengan sikap demikian memperlakukan saya, saya termasuk orang yang beruntung ! Karena ini saya bersabar sampai tidak bisa sabar lagi, sekali bersabar terus menerus sampai umur 40 tahun, akhirnya tidak mampu menahan kesabaran lagi, mulai saat itu meninggalkan kalangan KeTuhanan.
為何前賢對於較有名望的人,就事事百依百順的,甚至把他捧得高高的,而對我這一個鄉下的婦道人家,卻是丟在一旁,似乎以這種態度來對我,已經是我的福氣了!因此我忍無可忍,一忍再忍的忍到四十幾歲,我終於再也忍不住了,從此離開了道場。

Setelah meninggalkan Kalangan KeTuhanan, pendahulu juga tidak datang mencari, maka saya membuat suatu batas dengan kalangan KeTuhanan, mulai tidak mendalami dharma, malah melanggar ikrar vegetarian.
離開道場之後,從未見過有前賢來找我。而自己也因前賢的冷漠,更是把自己與道場畫出一條界限來,從此不研究道理,而且還違背了(清口願)。


Karena saya merasa  kalangan KeTuhanan dibandingakan dengan masyarakat umum masih realitas,  akan tetapi sekarang saya sangat menyesal mengapa pada waktu itu ada pemikiran yang seperti ini. Saya tidak menyangka ini adalah Langit berwelas asih, meminjam orang meminjam masalah untuk melatih saya, membentuk saya, agar suasana hati saya bisa semakin baik, jika tidak maka pergi membuka ladang Tao dengan suasana hati yang tidak tentram malah bisa mencelakai lebih banyak orang dan juga bisa menunda pelaksanaan tugas suci ! 
因為我深覺道場比社會還現實。可是,現在我後悔當初會有這種想法,我沒想到這是 上天慈悲,借人借事來歷煉我、造就我,讓我心境提升的好機緣,否則我若是以此種不平的心,去開荒去成全人的話,受害者將更多,而且還會耽誤到天事!


Pada waktu itu saya sama tidak terpikir seperti ini, hanya bisa menyalahkan Langit dan orang, mengapa saya yang sudah bersusah payah mengabdikan diri justru tidak mendapat balasan yang baik. malah mendapat kata kata yang tidak berperasaan dari saudara/i sesama pembina. Walaupun perkataan mereka keluar dari mulut tidak benar benar dari hati, tetapi telah melukai hati ini yang berniat membina diri, yang ingin memupuk kebajikan dan jasa pahala, kesalahan ini harus siapa yang tanggung ?
這些在當時我都沒想到,只是怨天尤人,為何我如此的辛苦付出,卻得不到適當的回報,而且還受到眾兄弟姐妹的冷言冷語,他們雖是口出無心之言,可是刺傷的卻是一位有心修道、行功立德的後學,此過誰擔?

Mulai saat itu saya tidak mau melintaskan orang, dan mulai memfitnah Tao, menghalangi orang yang ingin pergi memohon Tao atau pergi mendengarkan dharma, dan masih menyuruh orang orang agar jangan memupuk kebajikan menyelesaikan ikrar, apalagi terhadap orang yang ingin beramal dana membantu  membuka ladang Tao, saya makin menghalanginya. 
從此我再也不渡人了,而且開始譭謗天道,阻擋人家去求道、去聽道理,更叫人家不要行功了願,尤其是要拿錢去幫助開荒的,我更是阻擋。

Demikianlah saya membuat dosa ucapan selain itu juga memfitnah Tao, pada waktu saya melahirkan anak ke empat, badan saya mulai ada perubahan tapi saya tidak tahu bahwa itu adalah petunjuk Langit  yang mengingkan saya memupuk kebajikan mulut, hari ini walau sudah meninggalkan Kalangan KeTuhanan, meninggalkan pendahulu, tapi kebajikan mulut tetap harus dibina, setiap saat senantiasa memperhatikan segala perbuatan dan ucapan. kalau tidak begitu rejeki sudah habis bencanalah yang akan datang, Langit juga tidak bisa menolong kamu.
我就這樣不但造口過,而且還謗道的情形下,在我生第四胎時,我的身體開始起了變化,但我不知那就是 上天給我的啟示:要我守口德,今日雖離開道場,離開前賢,可是口德還是要修,隨時還是要注意自己的言行舉止,否則福盡禍到時,唯恐連 上天也救不了你。


Hal ini saya sungguh tidak menyadari, masih berbuat seperti dulu, terakhir pikiran sendiri yang kacau, sampai pada usia 47 tahun, diseret oleh pejabat alam baka ke neraka, barulah saya sadar tapi semua sudah terlambat !
這些我都沒有體悟到,依舊還是我行我素,到最後導致自己神智不清,一直到四十七歲時被無常帶至地獄,我才清醒過來,可是一切都太晚了!

Sudah mendapatkan Tao yang dari jaman dulu tidak gampang didapatkan ( jaman dahulu Tao tidak disebarluaskan ) , seharusnya baik baik bertobat terhadap kesalahan terdahulu, berterima kasih atas rahmat Tuhan dan kebajikan Guru Agung dengan baik baik membina, sayangnya saya tidak demikian, saya lupa bahwa ( Tao yang disampaikan Guru tapi masing masing membinanya ) diri sendiri tidak tahu untuk membina, masih menyalahkan orang lain dan bahkan sampai melanggar ikrar vege, memfitnah Tao, oh Tuhan ! Saya Bi Qiu telah melanggar dosa besar !..
既已得受自古不輕傳的大道,就該好好的懺悔前愆,感謝 天恩師德來好好的修持。然而我沒有,我忘了(道在師傳修在己),自己不知修,還要怪罪別人,甚至開齋破戒、譭謗天道,天啊!我碧秋犯了多大的罪!...


Saya tidak tahu pada saat hatiku tidak tentram, karma dari beberapa kehidupan lampau dan Raja iblis, serta anak cucu iblis awal awal  sudah berdiri di sisi sampingku menyambutku untuk melangkah ke jurang dosa yang dalam. Saya benar benar tidak tahu mereka bisa memanfatkan kesempatan dalam kesempitan ( mendorong perahu searah dengan arus air ) ahh !
我不知當我心起不平時,我累世的冤欠與魔王、魔子、魔孫,他們早已在兩旁排班迎接我,走向罪惡的邊緣了。我真的不知道他們會『順水推舟』。啊!

Pandita yang memiliki firman berwelas asih, Bi Qiu telah salah, saya tidak seharusnya setelah mendapatkan mustika tapi tidak menghargainya, malah menyia-nyiakan badan raga yang telah diberikan Tuhan untuk baik baik membina, saya tidak hanya tidak membina rohani diri tapi malah menghalangi orang lain pergi memohon Tao dan membina diri, saya sudah tahu salah !
天命點傳慈悲,碧秋錯了,碧秋不該得寶不知惜寶,而且還辜負 上天給我這個肉體好來修持,我不但沒有把原靈來救,甚至還阻擋人家去求道、修道,我知錯了!


Berterima kasih Guru Agung berwelas asih , membawa saya tiba di vihara ini. Berterima kasih kepada pandita yang berfirman berwelas asih, memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan kisah saya.
感謝 恩師慈悲,帶吾進壇來。再感謝天命點傳慈悲,讓吾有此機緣,在此顯化,訴說因緣。

Bi Qiu ada satu masalah : Memohon kepada pandita yang berfirman berwelas asih memberikan dorongan kepada umat untuk membina diri dengan baik, meskipun tiap orang ada hati untuk membina tapi karena karma masing masing setiap orang berbeda beda. Oleh karena itu jodoh dan tanggung jawab setiap orang tidaklah sama. 
碧秋有一事:叩求天命點傳慈悲成全:在道場上修持,雖每個人皆有心來修,但因各人累世所結之因緣不同,因此各人的機緣與所擔負之職責亦不同,


Roh kita semuanya berasal dari Tuhan dan murid dari Guru yang sama, semestinya saling bergandengan , yang di atas dan yang di bawah sehati, saling memperhatikan, terutama terhadap orang tua harus lebih diperhatikan, jangan sampai menganggap mereka orang sudah tua tidak bisa mengerjakan apa apa.
我們大家都是 皇母靈,都是一師之徒,應該要互相牽引。上下一心,彼此關照提攜,尤其是對老人家,更要付與關懷,千萬勿以為老人家,年紀大,辦不了什麼事。

Harus diketahui , suatu hari , kamu juga akan tua, masing masing harusnya bisa menempatkan diri pada posisi orang lain ! Sebagai seorang pendahulu harus memberikan perhatian kepada pengikut, saat hati mereka tidak tentram, harus lebih banyak membimbing dan memperhatikan mereka, jangan memperlakukan mereka dengan sikap dingin, kalau sampai mereka meninggalkan kalangan KeTuhanan kamu sanggup memikul dosa ini tidak ?
要知道有一天,你也會老的。大家將心比心的細思量一番啊!還有身為前賢的,對後學要付出關懷,他們若是心有所不平時,就要多方開導體恤,切莫再以冷漠態度待之,他們若因此背了道,離開道場,請問此過你承擔得起嗎?

Bi Qiu sekarang tidak ada badan raga, menyesalpun sudah terlambat, sekarang Tao disebarluaskan di dunia, berharap para budiman baik baik membina, baik baik mempertahankan ikrar, paling tidak harus mempertahankan 10 Maha Ikrar, jangan sampai meniru Bi Qiu yang telah melanggar ikrar vegetarian, sudah mengucapkan ikrar yang demikian besar, tidak hanya menjaga kebersihan ucapan, bahkan hatipun tidak dijaga bersih,  saat roh dibawa pejabat alam baka ( Hitam dan Putih ) ke neraka untuk dihukum,  di sini sangat sangat menderita ! saya tidak ingin di sini, berharap kalian jangan sampai melaporkan diri ke sini .
碧秋今已無肉身,感歎後悔已遲,如今天道垂世,暗釣賢良之時,望諸位賢士能好好的正修持,好好的守住自己的願立,最起碼也要守住十條大願,千萬莫學碧秋立了清口願,卻來開齋破戒,而且還譭謗天道,立下如此的大願,不但口未清,連心齋也沒守好,以致魂被黑白無常,帶至地獄受刑,這裡好苦好苦!我不要在這裡,希望你們也不要來此報到。

Ikrar ! Adalah diucapkan oleh hati sendiri, segala perbuatan juga pada diri sendiri, Membina adalah memupuk kebajikan, bangkitkan semangat, karena pejabat setia dan anak berbakti harus mengalami berbagai hal yang tidak menyenangkan , seorang pahlawan tidak mempedulikan akan kedudukan yang rendah asalkan ada keyakinan dan cita cita yang tinggi maka akan bertahan terus, kebajikan yang tinggi meninggalkan nama yang harum. 
願!乃是己心所立,一切行止皆在己,修道最好把德積,最好把精神來提,因忠良孝子皆是出於寒門,英雄不論出身低,只要有堅定的信心與意志,定能浩然常存,聖德無疆,傳為美譽。

Waktuku sudah habis, Guru Agung mendesak saya untuk kembali mempertanggung jawabkan tugas saya, sampai di sini berpamit.
我時間已到, 恩師催我回去交旨了,就此辭退。


No comments:

Post a Comment