Thursday 26 March 2020

Penjara Langit ke 26

Hati Sombong Akan Masuk Ke Tempat Gelap
Neraka Es Membeku Adalah Tempat Untuk Melatih Hati Tao

恃才而驕入陰司 冷冰地獄煉道心

Tanggal 7-10-1989 (imlek)
民國七十八年 歲次己巳農曆十月七日 

Neraka Es Membeku 
Penceramah Liu Nan Chang Mengikat Jodoh
冰冷地獄 講師:劉南昌結緣語

Para budiman, para saudara/i ! Saya semasa hidup adalah seorang penceramah juga seorang pembina pancaran putih, tetapi hari ini saya terjerumus ke neraka es membeku mengalami siksaan !
諸位賢士,諸位兄弟姐妹!我是人間一講師,亦是人間一白陽修行者,但我今日卻在冷冰地獄受苦刑!
Saya bisa berceramah tentang hakekat kebenaran, juga bisa pergi mengembangkan Tao, tetapi saya malah mengingkari Tuhan dan menghina pendahulu dan juga korupsi uang vihara
大道理我會宣說,道務我會操辦,可是我卻來違背天命、侮辱前輩,而且還吞噬佛家的錢財...,

Hari ini bisa hadir di sini untuk memberikan kesaksian semua adalah atas welas asih Tuhan, Guru Agung dan Buddha Ksitigarbha yang mengasihi, agar saya bisa menceritakan secara mendetail untuk dijadikan cermin bagi para pembina yang belajar Tao.
今日之顯化乃 上天慈悲, 恩師及 地藏古佛慈憫,要我一一訴說清楚,以做為大家修道學道的一個借鏡。

Saya bernama Liu Nan Chang, warga Tian Jin, meninggal pada umur 24 tahun, anak seorang pengurus vihara, juga seorang penceramah yang mewakili Tuhan membabarkan dharma.
我叫劉南昌,天津人氏,廿四歲即歸陰,是一位壇主之子,亦是一位代天宣化之講師。

Pada saat saya berusia 14 tahun di rumah ada mendirikan cetya, kedua orang tua terhadap Tao sangat tulus, dan saya juga ada niat untuk mempelajarinya, kedua orang tua berharap kelak saya bisa semakin maju.
在我十四歲時,家中即設有佛堂,雙親對道非常虔誠,而我亦是有心在學習。父母親為希望我將來能更上一層樓,

Dalam peraturan suci Vihara sering diajarkan harus hormat kepada pendahulu, sopan kepada pendahulu, oleh karena itu saya tidak berani melakukan sesuatu yang mempermalukan pendahulu, setiap tindak tanduk saya sesuai peraturan suci vihara, sesuai tata susila, siapa sangka seiring berjalannya waktu karena saya ada keinginan untuk mempelajari dan mendalami dharma dan juga perlahan lahan timbul rasa sombong, maka di kemudian hari saya menghina Sesepuh dan pandita.
於佛規中,常教導我要尊前賢、禮前輩,因此對前輩我不敢有侮辱不道之行為,我之舉止皆合於佛規、合於禮節。誰知隨著年歲之增長,我亦因有心學習而漸有學識,也因而漸生高傲之心,以致後來我侮辱前人、侮辱點傳。

Masalahnya timbul pada waktu saya berumur 24 tahun, keluarga kami menyumbangkan seluruh harta benda ke kalangan KeTuhanan, tapi orang tua sudah berusia lanjut justru tidak mendapatkan perhatian dan rasa hormat dari saudara/i di kalangan KeTuhanan, tetapi malah semakin membina semakin miskin.
事出起因於我廿四歲那年,我劉家將所有之財產,全部捐出,捨給道場,但我之父母年紀大,卻得不到道場兄弟姐妹的關心與尊敬,而且越修越貧窮。

Saya Nan Chang melihat masalah ini hati menjadi tidak tentram ! Sesepuh ingin orang tua menyumbang apa saja dan kedua orang tua saya demikian tulus menyumbang segalanya, mengapa justru pada hari ini di mana kedua orang tua saya jatuh sakit justru tidak ada satupun yang peduli dan memberi perhatian ?
我南昌看了心中起不平!前輩要我父母樣樣捨,雙親亦是十分真誠的捨得一無所有,為何今日雙親年邁生了病,卻不見有人來關懷與看顧?

Mengakibatkan   hati tidak tentram  timbul amarah dan mengatakan : Kalian ini adalah Sesepuh dan pandita palsu, segala perbuatan yang dulu hanya karena tamak akan harta keluarga Liu, hari ini keluarga Liu telah digali sampai habis habisan oleh kalian, kedua orang tua saya juga sudah tua dan tiada harga lagi bagi kalian, lantas kalian tidak menginginkan mereka lagi, semuanya adalah sekumpulan orang orang yang menyandang nama kosong sebagai pembina yang tidak welas asih dan tiada kebenaran !
致使我心中起不平之怨言:你們這些假前人及點傳師,以前之所為,只為貪我劉家之錢財,如今劉家已被你們挖得一乾二淨,我父母親也老了又無利用價值,你們就不要他們,都是一群空掛修道名的不仁不義之人!

Siapa sangka semuanya ini adalah kehendak Tuhan yang sedang mengasah kedua orang tua saya ahh. Apa yang dimaksud dengan beramal ? Segalanya dicatat dengan jelas oleh Tuhan.
誰知這一切,皆是 上天在造就我父母啊。何謂真施捨?一切 上天明記,

tapi saya sering mengungkit kepada orang lain masalah sumbangan ini, sering timbul benci kepada Sesepuh dan mengambil sapu mengusir pandita sambil mengatakan firman Tuhan kalian adalah palsu, membohongi orang, jika Firman Tuhan nya adalah sejati mengapa kedua orang tua saya jatuh sakit ? mengapa keluarga kami semakin membina semakin miskin? kalian membina menyandang nama kosong , terutama kamu ini nenek tua ( Pendahulu )
而我卻把施捨之事掛嘴邊,時常對人來提起,時常抱怨前賢之勢利,甚至拿掃把趕走天命點傳師,還說:你們這些天命都是假的、騙人的,天命若是真,為何我父母來病倒?為何我家越修越窮?你們修道空負其名,尤其是你這個歐巴桑(前輩)


Bicara tentang pengetahuan saya melebihi kamu, bicara tentang berceramah saya juga bisa berceramah, bagian mana yang saya tidak bisa dibandingkan dengan kamu ! Hari ini kamu memakan habis harta keluarga kami, barulah bisa berbicara dengan acuh tak acuh ..
論學識我高於你,論口才我也會講,我那一樣比不上你!如今,你已吃盡了我家的錢財,才會如此的冷言冷語...。

Para budiman ahh para budiman, segalanya adalah kesalahan saya: saya telah berbuat  ( menghina  firman Tuhan ) _ _ di hadapan para umat saya langsung menghina pandita, menghina Sesepuh . Saya berkata : Tao yang dilaksanakan Sesepuh adalah palsu, Firman Tuhan juga palsu, jika firmannya sejati , mengapa kedua orang tuaku bisa jatuh sakit ? mengapa keluarga kami bisa jatuh dalam kemiskinan dan kesulitan yang sedemikian rupa ? jika firmannya sejati, mengapa Tao nya tidak bisa berkembang ?
賢士啊賢士,一切皆我之過;我造下(侮辱天命)--在於眾道親面前,我當面侮辱點傳、侮辱前人。我說:前人所辦之道乃假,天命乃假,若是真,為何我父母會病倒?為何我家窮困至此地步?若是真,何以道務辦不起?

Karena amarah saya yang sesaat, tidak bisa membedakan hakekat kebenaran dengan jelas, dan malah menyakiti hati Sesepuh yang sejak saat itu jatuh sakit. Saya sulit memikul dosa ini ahh !
只因我一時氣不平,對理認不清,而使得前人傷心,從此病倒。我難擔此罪過啊!

Saya tidak hanya menghina Firman Tuhan, juga tidak tahu untuk bertobat memperbaiki diri dan malah menghadap pandita untuk meminta sejumlah uang kepada pandita, mengatakan itu untuk keperluan orang tua saya.
我不但侮辱天命,而且未知悔改的又向點傳敲了一筆錢財,說是要給父母安老用的。

Waktu itu saya di kalangan KeTuhanan  setiap orang sangat menghormati saya penceramah Liu, asalkan saya naik ke mimbar berceramah tidak ada orang yang tidak percaya, tidak ada yang tidak memuji,  karena itu pandita takut hati saya yang tidak tentram semakin menyebarkan gosip tentang kejelekan kalangan KeTuhanan dan membuat banyak umat mundur, dalam situasi tak berdaya barulah mengeluarkan sejumlah uang yang banyak , uang ini demi untuk menyelesaikan masalah supaya tidak timbul masalah,  bukan karena takut ahh ! .. Masalahnya sudah sedemikian rupa saya masih tidak tahu untuk bertobat memperbaiki diri, malah menggunakan uang itu untuk keperluan pribadi, dipakai untuk berfoya foya.
當時我在道場是人人尊敬之劉講師,只要上台一講課,無人不信服,無人不讚口。為此,點傳師怕我因心中不平而再去造謠生出道場之是非而考倒諸多後學,在無可奈何之下才拿出一筆巨款來,此錢是他為息事寧人,並非心虛啊!事到如此,我尚不知悔改,反把這筆錢拿來私用,留在自己身邊好花費。

Para budiman ! Di tangan saya memegang uang vihara , uang umat, dipergunakan untuk keperluan pribadi, menikmati kesenangan diri, coba kalian katakan dosa ini besar tidak ?
賢士們!我手中拿的是眾生的佛家錢,卻用來做自己的事,享用自己的福報,你們說如此之罪過大不大?

Baru 2 tahun, baru 2 tahun, saya baru berusia 24 tahun, mendapatkan TBC dan kemudian meninggal ! Orang yang tahu masalah ini mengatakan ini adalah balasan karma, mereka membicarakan tentang saya,  mengapa berani makan uang ini ? Juga ditambah waktu lalu menghina pandita dan Sesepuh ini adalah dosa yang sangat besar, barulah hari ini keadaan menjadi begini.
才兩年、才兩年,我才廿四歲,就得肺癆而死!瞭解內情的說是報應,他們評論我,為何敢吃下這一筆錢?又加上昔日的侮辱天命點傳與前人之滔天罪過,才會有今日之下場。

Dalah sehari hari saya selalu  bersikap seorang pria jantan, mempunyai kekuatan besar kalau berbicara di depan orang, siapa yang mendengarkan saya dia tidak perlu kerja tapi dapat makan dan bersantai santai. Saya sendiri ingin menjadi pandita, menjalankan Tao . Tapi dalam sehari hari saya tidak hormat kepada Maha Sesepuh, tidak hormat kepada pendahulu, meremehkan firman Tuhan, sombong, pembinaan yang demikian manalah Tuhan berani menurunkan FirmanNya kepada saya ? oOleh karenanya dalam usia yang masih muda hanya 24 tahun sudah diseret ke neraka.
平時我常憑著一股男子氣概,站在人前來攬權霸勢,誰若聽我的,我定讓他不用工作,他就有得吃,清閒得很。自己想來當點傳,以操辦一方之道務。可是平時裡,我卻目無尊長,不敬前輩,藐視天命,高傲怠慢,如此之修為, 上天豈敢放命於我?因而年紀輕輕才廿四歲就被押至地府。

Raja Yama melihat saya adalah seorang pembina, anak kesayangan Langit , hari ini justru jatuh ditangannya, begitu dibuka buka jasa dan kesalahan, tidak hanya marah besar dan mengatakan saya pendosa yang tidak setia dan tidak berbakti ! Di dunia banyak contoh pembina yang bisa diteladani, kitab suci tidak dibaca, hari ini karena amarah dan hati tidak tentram malah menyakiti dan menjatuhkan Sesepuh, pandita mengancam untuk mendapatkan sejumlah uang untuk kesenangan pribadi, dosa yang sangat berat sekali, kamu akan dimasukkan ke dalam neraka es membeku untuk disiksa !  Mendengar hal ini hati saya bagaikan ditusuk jarum ( habislah saya )
閻君見我是一白陽修道士,得天獨厚之 上天姣兒,今日竟落入他手中,翻閱功過簿,不禁大怒罵道:不忠不孝之孽種!人間諸多修行標桿你不傚法,聖賢古經你不看,今日竟為了自己氣不平,而開言誤傷道親,甚至氣倒前人、點傳,還威脅了一筆錢財自己來享用,罪大惡極,將你打入冷冰地獄去受刑!聞聽之下,我心如針刺(我完了)。

Saya sering sebagai seorang pria jantan, mendapatkan Tao hari ini masuk ke vihara, malah tergeletak di atas lantai, malahan tadi telah membohongi pandita 2 mangkok nasi untuk dimakan ( pada saat tiba di vihara ) Untungnya tidak ketahuan, karena saya sangat lapar dan dingin, jika bukan karena penerangan sinar Buddha di sini, pandita yang berwelas asih, saya sulit untuk bercerita sebab akibat , saya mengucapkan terima kasih ahh !
我身為堂堂男子漢大丈夫,得了道,今日入佛堂,卻趴於地面上,而且剛剛還向點傳師,騙了兩碗飯吃(來臨壇前)。還好沒被識穿,因我實在好餓又好冷,若非此地佛光普照,天命點傳慈悲,我實難訴說因由,吾感謝啊!

Saudara/i yang budiman hari ini telah ikut kelas penceramah , semua sudah naik 1 tingkat lebih tinggi, pembinaan tiap orang tidak sama, ujian yang dihadapi juga tidak sama, tetapi jangan mengikuti jejak saya, karena ujian uang dan harta, ( beramal ) adalah berdasarkan keikhlasan setiap orang, ikrar diucapkan untuk hati  diri sendiri, meskipun semasa hidup saya ada bervegetarian, ada sembahyang tapi dosa saya tetap masih ada . Saya tidak berdaya mengimpasi nya . Karena itu Raja Yama marah besar dan mengatakan saya melanggar dan menghina Firman Tuhan , meremehkan Ibunda Suci di Langit, dosa kesalahan teramat besar. 
眾賢兄弟妹們,今日爾等皆是上了講師之班(此班即道義與准講師班合班畢班),個個皆已是更上了一層,各人修持境界不一,所面臨之考驗亦不同。但切莫步上我之後塵--錢財之考。(捨)乃捨於個人之心願意,立願立於己心。在世時我雖有持齋、雖有禮拜,但我之罪過卻還在,我無法抵消。因此 閻君大人怒罵我侮逆 上天之天命、藐視天命就猶如藐視上天 皇母,罪過萬千。

Teringat semasa di dunia, pada waktu ada Buddha hadir di vihara dengan meminjam raga untuk menyadarkan saya, saya malah adu argument dan mengatakan : jangan berpura puralah, sandiwara yang kalian perankan , saya dapat tampil berperan jauh lebih baik dari kalian, amanat suci yang saya buat lebih mujizat dari kalian .... kalimat ini saya telah menyakiti perasaan banyak pandita, hati pendahulu ? 
記得在世時,尚有 仙佛借竅臨壇來開導我,我竟還跟 仙佛頂嘴說:少假了,你們這一套把戲我也會演,我演得比你們還逼真,我批的文章比你們還妙...。此話我傷了多少點傳、前輩之心?

Hari ini terjerumus sampai ke neraka es membeku  semua atas perbuatan sendiri ahh ! Saya memohon Guru Agung berwelas asih, Guru Agung berkata : Nan Chang ahh ! Segalanya sudah terlambat ! jika kamu benar benar ada rasa menyesal maka dalam tempo 20 tahun kamu bertobat dengan sungguh sungguh, jika sudah sadar maka Guru akan datang menyelamatkan kamu. Mendengar ini saya sangat bersyukur ! Saya berkata : Guru Agung, arwah pendosa Nan Chang , apakah masih ada kesempatan kembali ke nirwana ?
今日之落於冷冰地獄實我自造啊!我叩求 恩師慈悲, 恩師說;南昌啊!一切都太晚了,你若真有悔意,這二十年你好好懺悔,若能開悟,為師再來引渡你。我聽了好感恩!我說:恩師,罪魂南昌,還有機會回天嗎?

Saya tidak ada muka, saya bersalah kepada Sesepuh, pandita, hanya bisa memohon Guru Agung mengasihani, jangan membiarkan saya selamanya tidak bisa terlampaui kelahiran ! Asalkan saya ada kesempatan terlahir lagi sebagai murid pancaran putih, saya akan mati matian untuk setia kalangan KeTuhanan, saya pasti memberitahukan kepada setiap saudara/i bahwa Tao adalah sejati Firman Tuhan adalah sejati dan hakekat kebenaran adalah sejati.
我無顏、我愧對我之前人、點傳,只求 恩師慈憫,不要讓我永不能超生!只要我尚有機緣轉世為白陽弟子,我必誓死效忠道場,我必告訴於每一位兄弟姐妹:道真、理真、天命真,


Saya harus menceritakan semua siksaan yang ada di neraka, saya rela memikul dosa umat, saya rela mewakili Guru untuk berbagi kesusahan, memohon Guru Agung memberikan saya kesempatan yang terakhir.
我必把地獄裡的苦全部闡述,我願意挑眾生的罪,我願意替 老師您分勞,求 老師給我最後的一次機會。

Tapi Guru Agung berkata : Segalanya sudah terlambat . Saya berkata : Lantas dulu sebagai penceramah menyampaikan dharma tidak ada pahala kah ? Saya setiap hari sibuk ke mana mana tidak ada pahala kah ? Saya masih seorang manusia awamkah , mohon Guru Agung berwelas asih.
但 恩師說;一切都太遲了。我說:難道昔日我當講師,講道理沒有功勞嗎?難道我日夜的奔波,也無功勞嗎?我還是個凡夫啊,求 恩師慈悲。

Guru Agung mengelengkan kepala dan mengatakan : Kamu masih seorang manusia awam  ! Saya sangat sedih sekali ! Sangat sedih ! Seketika itu saya memahami diri sendiri, pembinaan saya memang masih pada level manusia awam malahan tidak layak dibandingkan dengan manusia awam.
恩師卻對我搖頭說:你還是個凡夫!我心好難過!好難過!剎那間,我卻找到自己了,我修持的境界,確實還停留在凡夫上,甚至比凡夫還不如。

Berceramah dharma mewakili langit membabarkan dharma untuk menyelamatkan umat manusia, sebenarnya adalah untuk membentuk diri sendiri. Berceramah dharma tapi tidak  membina dengan serius, mana ada amal pahala ? Telah membuat banyak umat mundur, bagaimana menebus dosa ini ? 
講道代天宣化於眾生,其實乃在成就自己。講道不實修,那來之功德?考倒眾多道親,此罪以何抵消?

Pada saat pengenapan penyelamatan 3 Alam setiap hal akan diperiksa dengan teliti, saya sulit menmaafkan dosa saya, saya memohon terus kepada Guru Agung , akhir Guru Agung memberikan saya kesempatan 20 tahun untuk bertobat.
三曹對案時,一一來對照,我難赦我罪,我一再一再的求 恩師,後來 恩師給了我二十年的懺悔機會。

Saya bertobat dengan sungguh sungguh, barulah ada hari ini mengikuti Buddha Ksitigarbha masuk ke vihara untuk memberikan kesaksian, tadi telah membohongi pandita 2 mangkok nasi untuk dimakan, seharusnya tidak boleh begitu. Tapi kalau saya tidak makan, dalam keadaan lapar tidak ada tenaga , mohon pandita berwelas asih mengampuni .
我真心的懺悔,方有今日隨著 地藏古佛入壇來顯化,剛剛騙了點傳師兩碗飯吃,實在不該。但我若不吃,實已餓得沒力氣,還請點傳師慈悲赦罪。

Saya hari ini hadir ke vihara untuk memberikan kesaksian, pertama untuk memberitahukan segala hal yang telah saya alami agar bisa dijadikan sebagai  cermin untuk para budiman, kedua agar para saudara/i saling memberikan motivasi.
我今日入壇來顯化,一來訴說過去的種種,以做為賢士之借鏡;二來與兄弟姐妹相互共勉:

Jangan karena kamu di dunia ada bervegetarian, menganggap membuat mundur orang lain tidak ada dosa, jangan karena kamu seorang penceramah yang bisa mengerakkan umat kemudian pada saat berceramah telah menyesatkan umat, jalan kebenaran menjadi tidak lurus. Tuhan memaklumi kamu satu dua kali, tetapi diri sendiri malah semakin gelap dan melakukan pelanggaran satu dua kali lagi.
莫要因你在世有持齋,認為你考倒人就沒罪,莫因你是一位講師且你能帶動,而在言談中誤導後學,理路不正確。 上天包容你一次兩次,而自己卻替自己隱瞞,而一次兩次的又再犯。

Tanpa disadari telah menciptakan dosa dan dosa ini harus diri sendiri yang pikul. Para saudara/i sekalian, dinginnya es di neraka membeku , kalian semua tidak dapat membayangkannya, hari ini jika bukan Buddha berwelas asih menganugrahkan saya sebutir pil mujarab , saya pasti akan gemeteran sampai tidak bisa berkata kata.
那只是在無形中,更使自己造下罪業,而這些罪業還得自己挑。兄弟姐妹們,冷冰地獄之冷,非是你們所能體悟得到的,今日若不是 古佛慈悲,賜我一粒仙丹,我一定抖得無法來發言。

Manusia harus senantiasa mempertahankan hati yang waspada, jangan pernah mengikuti keinginan untuk memuaskan diri, karena pada saat anda merasa puas justru saat itu anda telah menjadi musuh bagi diri sendiri. Hati sombong, benci dan dendam , 3 racun hati adalah akar dari neraka, kata kata ini adalah mutlak benar, hari ini setiap kalimat saya adalah benar.
人要時時的謹存戰兢之心,絕不能隨意滿足自己,因當你自認為滿足時,你自己便成為自己的敵人了。自傲自滿、怨恨不平、三毒之心,皆是地獄之根,此話千真萬確,今日我之言句句乃真。

Cuma berharap saudara/i sekalian bisa selaras antara ucapan dan perbuatan. jangan melakukan perbuatan yang tidak pantas di ruang gelap, jika tidak maka Tuhan tidak akan memaafkan. 
只祈於諸兄弟姐妹,能言行合一,莫在暗室裡,做出不節之事,否則 上天亦不容。

Berhati hati terhadap setiap langkah, setiap saat diperhatikan oleh setan dan malaikat yang tak terlihat,jika memang seorang pembina diri maka harus tampilkan contoh teladan seorang pembina diri,
小心你們的步伐,時時皆有無形之鬼神在鑒察,既是在修行,就要有修行的模範與標桿。

Jika memang ingin mewakili langit membabarkan dharma maka terlebih dahulu harus membina hati dan rohani untuk mengembangkan dharma. Hari ini saya sudah menyampaikan masalah memalukan yang saya perbuat, memohon Guru Agung memberikan saya 1 kali kesempatan, waktu sangat terbatas, Buddha Ksitigarbha yang di samping mendesak, memohon pandita yang memili firman dan sandara/i untuk menolong saya !
既是要代天宣化,就要先修身養性來弘法。今日我已說出我昔日之醜事,但請 恩師再給我一次機會,時間亦有限, 地藏古佛一旁在催促,請天命點傳及眾兄弟姐妹救救我!

Dulu adalah kesalahan saya, watak sejati tidak diri sendiri yang selamatkan harus siapa yang selamatkan lagi, tabiat buruk harus dikikis habis, kebiasaan buruk harus diri sendiri yang perbaiki, jika menganggap  ada amal luar maka segala yang lain tidak benar, ini karena kebajikan dalam belum terpupuk. ( harus membina keluar dan membina ke dalam )
昔日是我之錯,自性不自渡誰來渡,脾氣要自己刪除,習性是要自已來革除,若以為有外功在,一切乃不實在,只因內德未培栽。

Saudara/i sekalian jika ada kesungguhan hati untuk menolong saya, hanya dengan bercermin pada diri saya jangan melakukan kesalahan yang pernah saya lakukan. Jika tidak semasa di dunia bervegetarian lalu berceramah dharma, maka setelah meninggal dunia pasti menderita di neraka es membeku, bahkan di nirwana tidak ada bagianmu, sungguh lucu.
兄弟姐妹若真有心想救我,唯有以我為借鏡大家勿再犯,否則在世持齋又講道,死後竟在冷冰地獄受苦,連天堂也無我份,太可笑了。

Sekali lagi menasehati saudara/i sekalian, Firman Tuhan tidak boleh diremehkan, jika kamu tidak ingin belajar juga tidak ingin membina, tapi mohon jangan sampai mempengaruhi orang lain, jika tidak maka dosa ini tidak mampu kamu pikul.
在此再度奉勸我弟妹:天命不可來藐視。即使你不想學、不想修,但請不要影響他人,否則此罪你難擔起。

Firman Tuhan berasal dari Tuhan , jika kamu meremehkan dan menghina Sesepuh, pandita,  sama artinya dengan menghina KeAgungan Tuhan. Waktu sangat terbatas, saya tidak memiliki jasa pahala, tidak berani terlalu lama di sini, memohon pamit kepada Tuhan, memeluk tanda suci hati terasa pilu, berpamit kepada pandita yang memiliki firman dan para budiman, membina diri antara ucapan dengan perbuatan harus selaras ... ( mundur )
天命乃 上天所主宰,你若藐視、侮辱前人、點傳,即是侮辱了 皇母之尊嚴。時間有限,我無功德,未敢久留聖地,就此來辭 母駕,抱起合同心更酸,辭叩天命點傳與眾賢士,修道言行當合一...退!

No comments:

Post a Comment