Thursday 15 October 2015

15 PERATURAN SUCI 十五條佛规 dan penjelasannya

AMANAT SUCI GURU AGUNG








1 Menghormati Budha

zūn jìng xiān fó
尊 敬 仙 佛

Kalian menghormati Budha , bukan berarti hanya menghormati Budha yang kelihatan saja , tetapi juga harus menghormati Budha dalam hati kalian ( rohani sejati )
你們尊敬仙佛,不應該只是尊敬那看得到的仙佛,還要尊敬你心中的那個仙佛。

Kalian sangat menghormati Budha yang ada di vihara , tetapi bagaimana dengan " Budha " yang berada dalam hati kalian ? Apakah kalian menghormatinya dengan sungguh-sungguh ? 
你們都很尊敬佛堂裡的仙佛,可是你心中的那尊自性佛呢?
你有尊敬嗎?你有真正的敬重嗎?

Setiap kalian ada masalah , pasti terpikir untuk memohon petunjuk Para Budha, tetapi apakah kalian pernah berpikir , tidak memohon petunjuk diri sendiri, yang berada dalam hati kalian ? 
你們一有事情,往往會想到去請教仙佛,可是你有沒有想過為甚麼不請教自己,請教自己心中的那尊自性佛呢?












Budha mengatakan :" Hati itu Budha ", Hati adalah Budha ", Budha yang sejati sesungguhnya berada dimana ? Budha sesungguhnya berada dalam hati kalian ! Asalkan apa yang kalian kerjakan , ke dalam tidak meninggalkan hati nurani, keluar tidak bertentangan dengan sikap perbuatan Budha ! Jika segalanya sesuai Hakekat Kebenaran , segalanya tidak menentang hati nurani, ini barulah benar-benar menghormati Budha !
佛說:「即心即佛,心即是佛。」,真正的佛到底在哪裡呢?佛,本來就在你們的心中啊!只要你們所做的一切,內不離自性,外不悖佛性,一切合乎天理,一切不違背良心,那才是真正的尊敬仙佛啊。

Seperti Nabi Yen Hui ( Murid Nabi Kong Hu Cu ) yang mencapai kesucian, dia mendapatkan satu kebajikan dan memegangnya dengan teguh, dengan teguh " memegangi" serta " memeluk " dengan setulus hati berarti menghormati Budha dalam diri.
Lalu mengapa Dia mau memegang dengan teguh ? 
好像復聖顏回,他得一善,則拳拳服膺。這拳拳服膺,誠心抱守,就是尊敬自家的仙佛。而他為甚麼要拳拳服膺呢?

Karena Dia menyadari bahwa kehidupan ini sangat singkat, segala hal di dunia ini tidaklah kekal, sehingga Dia hendak memakai kesempatan untuk menjalankan kebaikkan, untuk mengumpulkan kebajikan , serta menggunakan kesempatan untuk berbuat amal jasa pahala dan memupuk kebajikan . 
因為他知道這人生很短暫,世事很無常,他要把握住機會,去行善,去積德,利用機會,去行功,去立德。


Nabi Yen Hui sangat cerdas , Dia tahu bahwa manusia sulit hidup sampai usia 100 tahun , maka Dia tidak membina yang di " luar " tidak melihat yang di " luar " hanya sepenuh hati membina dan melihat ke " dalam " pada Budha nya, dengan sungguh hati mengubah sifat dan tabiat buruk.
顏夫子他很聰明,他知道人很難活到一百歲,所以他不往外修,不往外看,只一心一意的內觀自性,修自家佛,專心專意的改脾氣,去毛病。

Maka, barulah Dia dapat membina sampai tahap " tidak melampiaskan emosi dan tidak melakukan kesalahan untuk kedua kalinya " sehingga pada usia 32 tahun Dia sudah berhasil menjadi Orang Suci yang luar biasa.
所以,他才能夠修到不遷怒,不二過的境界。三十二歲就成就為一位傑出的聖人,

Bila Dia tidak membina ke " dalam " dirinya, dan menghormati " Budha " dalam dirinya, dapatkah Dia berhasil seperti ini ?
如果他不是往內自修,尊敬自家佛,可能會成就如此嗎?

Demikian juga dengan Nabi Ceng Ce , Dia sama-sama menjalankan pembinaan , dan pernah berkata :" Saya setiap hari mengoreksi diri akan 3 hal, apakah setia dalam sikap perbuatan ? Apakah dapat dipercaya dalam pergaulan dalam berteman ? Apakah sudah menghayati segala ajaran yang di terima ?"
同樣的,曾夫子也一樣修行,他曾說過:「吾日三省吾身,為人謀而不忠乎?與朋友交而不信乎?傳不習乎?」

Hal ini setiap hari di-instropeksi-kan olehnya adalah, apakah Saya dalam mewakili orang merencanakan dan melakukan pekerjaan, sudah dengan sepenuh hati dan tenaga ? Dalam pergaulan dengan teman-teman, apakah saya ada sesuatu yang belum cukup tulus dan belum cukup mencerminkan kepercayaan ? Segala sesuatu yang diajarkan Guru kepada Saya , apakah Saya sudah benar-benar mempelajari dan menghayatinya ?
他每天拿來反省自己的事:我替別人計劃做事盡心盡力了嗎?我跟朋友交往有不夠真誠信實的地方嗎?老師所教授我的,我有認真學習,溫習了嗎?

Tapi mereka berdua ( Nabi Yen Hui dan Nabi Ceng Ce ) , dalam pedoman pembinaan diri, yang satu adalah menuju ke dalam, yang satu adalah menuju keluar, dan hanya karena sedikit perbedaan ini, menyebabkan keberhasilan mereka di kemudian hari dengan sendirinya, ada yang tinggi dan ada yang lebih rendah sehingga berada dalam tingkatan yang tidak sama.
可是,他們兩個在修為上,在方向上,一個是向內,一個是往外,就這麼一點小小的差異,他們日後的成就,就自然有高有低,層次不同。

Kalau kamu membina ke " dalam " dan menjadikan pembinaan rohani sebagai pedomannya, dengan sendirinya tingkatan keberhasilanmu akan tinggi juga, tetapi bila kamu membina ke " luar " dan lebih mementingkan wujud penampilan luar, maka tingkat keberhasilanmu dengan sendirinya akan lebih rendah.
如果你往內修,以自性佛為主,這一個層次自然就高。如果你往外修,注重外相,你的層次自然就比較低了。

Meskipun kelihatannya hanya sedikit perbedaannya, tetapi perlu diingat bahwa sedikit perbedaan ini ( pembinaan ke dalam dan keluar ) seperti yang dikatakan :" Perbedaan yang sangat sedikit, bedanya sedemikian jauh !"
雖然這看起來,只是些微的差別,但是切記這一點的差別,卻就是所謂的「差之毫釐,謬以千里」啊。

Lihatlah, Nabi Yen Hui yang setiap waktu sedemikian bersungguh hati mengubah sifat dan tabiat buruknya, membina hati, memupuk kebajikan dalam, juga memakai kesempatan untuk berbuat amal jasa, menjalankan kebenaran, dan selalu berhati-hati ( mawas diri ) , takut berbuat kesalahan, bersikap bagaikan masuk ke dalam kolam air yang paling dalam, dan melintasi lapisan es yang tipis, khawatir diri sendiri berbuat kesalahan yang sedikit sekalipun, selalu dan setiap waktu mengoreksi diri sendiri, menjadikan kesadaran diri sebagai guru penuntunnya, oleh sebab itulah, Dia dalam kehidupannya yang singkat, berhasil mencapai Seorang Suci yang luar biasa.
你看,顏夫子他日日夜夜認真的改脾氣、去毛病、修心性、充內德,並且把握機會行善、行道,更時時刻刻戒慎恐懼,如臨深淵,如履薄冰,深怕自己有一絲一毫的差錯,及隨時隨地迴光返照,以覺為師。所以他才可以在短暫的生命中,成就為一位了不起的聖人。


Dan Nabi Ceng Ce , Dia juga membina hati dan menitikberatkan sikap perbuatan luar terhadap orang dan segala bentuk masalah luar, maka dalam mencapai tingkatan Orang Suci, bagaimanapun juga ada sedikit perbedaannya.
而曾夫子,他一樣修心,卻重在外在的待人處世、有形事相,所以在成就聖人的層次上,畢竟差了一點兒。

Oleh sebab itu, murid-murid sekalian ! Kalian harus mempergunakan kesempatan emas pada akhir jaman stadium ke 3 ini dengan baik-baik menghormati " Budha " dalam diri sendiri, dalam 24 jam sehari, berpokok pada rohani diri, yaitu selalu memegang erat jalan tengah kebenaran, dan juga dengan bersungguh hati, membina diri sesuai Hakekat Kebenaran, Majulah kalau memang sesuai dengan Hakekat Kebenaran, dan mundurlah kalau tidak sesuai dengan Hakekat Kebenaran.
所以徒兒們啊,你們一定要把握住這三期末劫的佳期良辰,好好的尊敬自己身上的那尊仙佛,「二六時中,允厥執中」,就是時時刻刻抱守中道,並且認認真真的認理實修,「是理則進,非理則退」,


Pada saat kamu mencapai puncak dari menghormati " Budha " dalam dirimu, berarti juga mencapai tingkat rendah hati hingga melupakan diri sendiri ( kepentingan diri egois ) , yaitu pada saat di dalam hatimu hanya adea TAO tiada ke-akuan, pada saat itu, kamu telah mencapai tahap " tiada saya dan kamu, tiada benar atau salah " dan pada keadaan " hati jernih tanpa nafsu keinginan " seketika melupakan aku " , hanyalah ada sebuah hati KeTuhanan ", "tiada aku dan kamu ", saat itulah , murid-murid tercinta " Budha " dalam diri kalian tertampil keluar , ini baru sungguh-sungguh dikatakan menghormati Budha.
則當你如是尊敬自家佛到極點之時,如是低心忘我之時,也就是你心中只有道,沒有自我之時,這一個時候,你已經達到「無你我、沒是非」的境界了。而在這「清心寡慾」,「渾然忘我」,「一片天心」,「無你無我」的時候,也就是徒兒們自家佛性顯現的時候。那才是真正的尊敬仙佛啊!



2   Mematuhi pendahulu menuntun umat



zūn qián tí hòu
遵 前 提 後



Apa yang dimaksud mematuhi ( menghormati ) yang di depan ( 前 Qian  ) ?

Apa yang dimaksud membimbing yang di belakang ( 後 Hou  ) ?

Yang dimaksud dengan di depan yaitu para pendahulu , yang di belakang adalah para umat yang belakangan.

Orang yang bagaimana baru layak disebut para pendahulu ? Orang yang bagaimana, baru benar-benar dikatakan sebagai umat yang belakangan ?

甚麼叫遵前?甚麼叫提後?前指前賢,後指後學。甚麼樣的人才有資格叫作前賢?甚麼樣的人才是真正的後學?



Murid-muridKu , kalian semua mengatakan bahwa orang yang memohon Jalan KeTuhanan ( Qiu Tao ) lebih awal disebut pendahulu, yang mendapat misi terlebih dahulu disebut pendahulu. Yang menjadi pengajak 引師 , penanggung 保師  , pandita  點傳師, kesemuanya ini disebut para pendahulu , betulkah demikian ?

徒兒們,你們說,求道早的叫作前賢,領命早的叫作前賢,身為我引師、保師、點傳師的,通通叫作前賢,是不是啊?


Apakah yang kalian kenal hanya para pendahulu di kalangan KeTuhanan dan yang berwujud luar saja ?

你們所認定的就僅僅是道場上,外相上的前賢嗎?



Perlu kalian ketahui, yang mempunyai kebajikan cukup, yang berkearifan tinggi , yang sikap dan perkataannya cukup baik dalam melayani uamt mansuia dan orang banyak, dapat menjadi contoh teladan umat banyak, dapat membimbing orang banyak, barulah layak dan patut disebut sebagai pendahulu.

你們可知道,德性夠的、智慧高的、言行一致、足以服眾,足以作為眾人標竿,足以引導眾人的,才有資格叫作前賢,


Karena adanya pendahulu yang demikian berwibawa yang patut dihormati banyak orang, sehingga membuat umat manusia benar-benar mematuhi dan mengikuti dari dalam hatinya !

也唯有如此的前賢,才有資格讓人尊敬。而讓眾生打從內心真正的遵從他啊



Tetapi kalau sebaiknya , kebajikanmu tidak cukup , kearifanmu tidak memadai, lalu dengan arah yang tidak menentu membimbing umat yang juga tidak mengerti ( bagai orang buta membimbing banyak orang buta ) , saling bergandengan ke dalam api, jika demikian bagaimana dapat benar-benar membimbing umat manusia kembali ke Nirwana ? Apalagi engkau tidak dapat membimbing umat manusia kembali ke Nirwana, lalu bagaimana kamu layak disebut sebagai pendahulu ?

否則你德性不足,智慧不夠,只一昧地,一盲引眾盲,相牽入火坑,又如何能真正的引領眾生回理天呢?你不能引導眾生回到理天,你又哪來的資格叫前賢呢?

Selanjutnya, siapakah sebenarnya yang disebut umat yang belakangan ( hou xue 後学 ) ? Apakah umat yang belakangan memohon Jalan KeTuhanan ( qiu Tao ) ? Yang belakangan menerima misi ( jabatan ) KeTuhanan ? Yang menjadi orang yang diajak dan ditanggung ?
同樣的,誰又是真正的後學呢?是進道晚的嗎?是領命晚的嗎?還是被人引保的叫做後學?

Murid-muridKu , waktu sudah sampai pada akhir jaman, kalau kalian masih saja belum dapat menerobos segala yang berwujud dan kembali pada rohani yang sejati, serta hanya terikat pada nama dan wujud saja, kalau demikian bagaimana kalian dapat benar-benar melepaskan keterikatan dan dengan sesungguhnya mengenali rohani diri yang berasal dari 老㊥  LAO MU    

徒兒們,天時已經到最末後了,如果你們還不能突破一切的形象,回歸真實的自性,只徒然在名相上執著,哪你們又如何能夠得到真正的解脫?而實實在在的認識自性中娘呢?



Murid-muridKu , semua orang yang masih dalam tahap mempelajari, membina diri dan menjalankan KeTuhanan yang belum dapat terlepas keluar dari tumimbal lahir, dari kelahiran dan kematian adalah Hou Xue ( orang yang belakangan ) !
徒兒啊,所有還在學道、修道、辦道,還沒有跳出輪迴、解脫生死的眾生,他們全都是後學啊,

Semuanya masih merupakan umat manusia yang perlu meminjam Hakekat Kebenaran dan petunjuk dari Para Budha dan Bodhisatva agar dapat keluar dari ketersesatan menuju penerangan !
全都是還必須藉著仙佛、菩薩、真理的指引,才能夠由迷轉悟的眾生啊。

Murid-murid sekalian, coba katakan di antara kalian, siapa yang benar-benar dapat disebut sebagai pendahulu ? dan siapa yang dapat disebut bukan hou xue ?
徒兒們,你們說你們哪一個才是真正的前賢,

Maka yang benar-benar dimaksud dengan mematuhi pendahulu dan membimbing yang belakangan yaitu kalian harus meneladani dan mengikuti langkah Para Suci dan Budiman, menghormati orang yang mempunyai kebajikan dan belajar darinya, dan juga harus rendah hati dan tidak emosional, membantu umat manusia sehingga membuat semua orang yang berjodoh dengan kalian, mendapat dukungan, bantuan agar mereka benar-benar dapat melampaui keduniawian dan menuju kesucian serta terlepas dari reinkarnasi !
而又哪一個不全都是後學呢?所以真正的遵前提後,就是要你傚法聖賢,尊敬有道的人,向他學習,並且要低心下氣,幫助眾生,讓每一個跟你有緣的人,都能夠得到應有的提攜、幫助,而真正的超凡入聖、跳出輪迴啊。

Terhadap para pendahulu dalam kalangan KeTuhanan, lebih dahulu memohon Jalan KeTuhanan, menerima misi dan mempunyai kelayakan lebih dulu dari saya, apabila kamu memahami Hakekat " Mendapatkan Jalan KeTuhanan ada yang duluan dan belakangan ", selain itu, juga membina diri dengan sesungguh hati, menghormati semua orang, kalau demikian, bagaimana mungkin kalian tidak menghormati dan menghargai mereka ini ? dan juga bagaimana bisa tidak mendengar dan mematuhinya dalam melaksanakan pekerjaan ?
至於佛堂中求道比我早,領命比我早,資格比我老的前賢們,你若明白「聞道有先後,因緣有快慢」的道理,並且真心修道,恭敬所有的人,又怎麼會對他們不尊、不敬、不聽命辦事呢?

Dan terhadap orang-orang yang belakangan memohon Jalan KeTuhanan dari saya, yang memerlukan bantuan dan bimbingan dari , jika kita mempunyai hati welas asih dan semangat meneladani Para Budha, bagaimana mungkin tidak memiliki hati yang sungguh-sungguh untuk mendukung dan memperhatikan mereka ?
而那些比我較晚求道,需要我們協助、引領的人,我們若心存慈悲,傚法仙佛,又怎麼會不由衷的加以提攜,愛護呢?

Oleh sebab itu, mematuhi pendahulu dan membimbing yang belakangan sebenarnya adalah menghendaki kita belajar untuk melepaskan ke-akuan, menghormati pendahulu, mendukung umat yang belakangan , dan berwelas asih terhadap semua orang yang berjodoh !
所以,真正的遵前提後,是要我們學習放下我執,尊敬前賢,提攜後學,並慈悲一切的有緣人啊!



3   Tegak dan berwibawa


zhāi zhuāng zhōng zhèng
齋 莊 中 正

Apa yang dimaksud tegak berwibawa ? Apakah dengan memakai pakaian yang rapi dan menata rambut dengan rapi , pada sat kau datang ke vihara dengan penampilan yang berwibawa dan baik, itu sudah disebut tegak berwibawa ?
甚麼叫作齋莊中正啊?是不是你來佛堂,衣服穿得整整齊齊,頭髮也梳理得整整齊齊,儀表端莊,就叫作齋莊中正的呢?

Apabila hatimu tidak bersih, hati dipenuhi segala nafsu keinginan, mata suka memandang yang " indah " 
hidung suka mencium yang " wangi "
mulut selalu ingin makan yang " enak " 
telinga suka mendengar yang " merdu "
badan berkeinginan tidur pada ranjang yang " empuk "
ingin berpakaian yang bagus 
pikiran juga suka memikirkan segala sesuatu
timbul pikiran yang tidak-tidak
jika demikian halnya, bisakah dikatakan tegak berwibawa ?
如果你的心沒有清靜,心中永遠充滿著慾望,眼睛喜歡看好看的,鼻子喜歡聞好聞的,嘴巴希望吃好吃的,耳朵喜歡聽好聽的,身想睡好床、穿好衣,意念也是喜歡想東想西,妄念叢生,那這樣還能算是齋莊中正嗎?

Maka, jika hanya membina penampilan luar saja, tidak membina kebajikan dalam, membiarkan mata, telinga, hidung, lidah, badan, dan niat dipenuhi debu-debu duniawi, maka meskipun kamu memakai pakaian yang bersih dan sikap penampilan luar yang berwibawa sekalipun, tetap tidak dapat dikatakan tegak berwibawa dalam arti yang sesungguhnya

所以光修外表,不修內德,讓眼、耳、鼻、舌、身、意沾滿了灰塵,這個時候,你衣著再乾淨,外表再端莊,都不能算是真正的齋莊中正啊。


Oleh sebab itu, tegak berwibawa bukan terletak pada kerapian rambut dan pakaian atau penampilan sikap luar yang berwibawa saja , tetapi pada ketegakan dalam hatimu. Mata, telinga, hidung, lidah, badan dan niat pun harus tegak dan bersih, dengan kata lain kalau kamu sampai pada tiadanya kegalauan pikiran dan banyaknya niat , kemudian selalu menjaga kebersihan dan kewibawaan diri, itu baru benar-benar merupakan tegak berwibawa.
所以齋莊中正並不只是頭髮整齊、衣服端莊、外表莊嚴,而是要你內心莊重,眼、耳、鼻、舌、身、意也全要莊重。換句話說,你能做到內心全無雜念,莊重自持,那才是真正的齋莊中正。

Oleh karena itu , bagaimana kalian harus mewujudkan tegak berwibawa tersebut ? Bukankah pertama-tama harus menegakkan diri sendiri terlebih dahulu, barulah dapat menegakkan orang lain ? Apabila ingin menegakkan diri, bukankah harus mengembalikan kejernihan hati asal terlebih dahulu, barulah kemudian dapat menggugah orang lain dan mempengaruhinya ?
因此,你要如何的齋莊中正呢?首先是不是先要正己,才能正人呢?而要想正己,是不是先要恢復自己光明的本性,才能夠去感化別人、影響別人呢?

Yang kedua pada saat hati asalmu kembali mendapat penerangan dan memancar keluar , kamu masih tetap harus memegang tata krama ( kesusilaan ) ini, bertutur kata sesuai Hakekat Kebenaran, bersikap dan berprilaku sesuai dengan tata krama. Bila demikian baru dapat mempengaruhi dan membimbing saudara sedharma.

Dengan menerapkan sikap perbuatan yang tegak berwibawa dan sesuai Hakekat Kebenaran ini, untuk menerima orang lain dan menjadi teladan untuk orang lain.

Hendaknya kalian mengetahui bahwa pada akhir jaman ini, jika hanya membahas soal dharma saja sudah tidak ada gunanya lagi, TAO pun pada dasarnya diungkapkan bukan lewat kata-kata yang diucapkan saja, tetapi dengan menjalankannya , lalu bagaimana cara menjalankannya? , yaitu dengan rohani diri yang cemerlang ini menampilkan sikap perbuatan yang tegak dan berwibawa , sehingga perkataan dan perbuatan diri berpokok dan sesuai dengan tata krama.







其次,你光明的本性恢復了,顯現出來了以後,你還要守著這一個理,言語合乎道,行為有規矩,如此才能夠真實地影響道親,帶動道親用這齋莊中正的態度,威儀來攝受別人,影響別人。在這末後時期,你們要知道講道已經沒有用了,道也本來不是用講的,而是要用行的,如何行呢?就是用這光明的本性,表現端莊的行為,讓自己的言行舉止合乎理,心中潔靜無染,念頭不偏不邪,七情六慾不再起伏,那才是真正的齋莊中正啊!


4   Mematuhi peraturan dan 
mengikuti tata tertib 

xún guī dǎo jǔ

循 規 蹈 矩

Apa yang dimaksud mematuhi peraturan ? 
Apa yang dimaksud mengikuti tata tertib ?
Sesungguhnya hendak mematuhi peraturan apa ?
Dan mengikuti tata tertib apa ?

Yang disebut dengan mematuhi peraturan , yaitu menjalankan sesuai dengan Peraturan Suci yang harus dipatuhi dan dipegang teguh.

Dan yang disebut dengan mengikuti tata tertib, yaitu setiap orang dapat menjalankan dan berbuat sesuai dengan posisi dan keadaanya, dapat dengan sungguh-sungguh dan apa adanya menjalankan sesuai dengan keadaan dan posisi diri, inilah yang disebut mematuhi peraturan dan mengikuti tata tertib


Lalu mengapa masih harus menetapkapkan  Peraturan Suci vihara ?Karena kalian sudah memohon Jalan KeTuhanan ( qiu Tao ) setelah memohon Jalan KeTuhanan sebenarnya masih harus berbuat apa ? Hendak menjadi Budha dan mencapai kesucian ? betulkah begitu ?

Kalau memang demikian, jika kamu tidak menjalankan sesuai peraturan , bisakah mencapai tingkat KeBudhaan, dan Kesucian ? , lalu dalam kehidupan sehari-hari engkau tidak mau menjalankan sesuai posisi diri, kalau demikian, dapatkah kamu mencapai Budha dan Kesucian ?, oleh sebab itu , setiap orang menjalankan sesuai dengan kondisi dan keadaan diri yaitu dengan mematuhi peraturan dan tata tertib adalah persyaratan paling pokok.

Peraturan Suci ditetapkan dengan sedemikian baik, tetapi kalian malahan tidak menjalankan sesuai peraturan yang ada.  Murid-muridKu ! Coba kalian katakan, apakah dengan berbuat demikian, dapat menjadi Budha dan mencapai kesucian ? Misalkan , larangan untuk berbicara, sudah digantungkan di dinding dan sudah ditetapkan oleh pandita, dan orang yang mengatur juga sudah menentukan demikian, semuanya kelihatan acuh tak acuh dan tetap saja curi-curi berbicara, apakah yang demikian disebut mematuhi peraturan dan mengikuti tata tertib ?

Demikian juga halnya dengan pandita , dia bagaikan orang tua yang melahirkan kita, hal-hal yang biasanya ditetapkan oleh pandita adalah sesuai dengan Hakekat Kebenaran tetapi kalian tidak mau mematuhinya, hanya mau mendengarkan perkataan Para Budha saat datang meminjam raga Tri Duta , dengan demikian bukankah kalian menjadi terikat pada wujud rupa dan mempunyai hati yang membeda-bedakan ?

Oleh sebab itu , tidak peduli bagaimana pandita menetapkannya, asalkan sesuai dengan Hakekat Kebenaran , semua harus menjalankannya, inilah yang disebut mematuhi dan mengikuti peraturan dan tata tertib.

Tetapi mematuhi dan mengikuti tata tertib, bukan hanya mematuhi dan memegang teguh peraturan suci bagian luar saja, kalian masih perlu bertanya,  apakah diri kalian sendiri selalu mematuhi dan mengikuti Peraturan Suci Vihara dalam hati kalian dan menjalankan sesuai dengan peraturan yang ada ?

Lalu apa peraturan suci dari " vihara " dalam diri ini ? Itulah yang dikatakan " Manusia terlahir dengan rohani ( hati ) yang baik hati dan suci " , yaitu hati nurani yang dimiliki oleh setiap insan manusia.

Bertanyalah pada dirimu sendiri, apakah sebagai seorang manusia dalam mengerjakan segala hal telah sesuai dengan hati nurani ? Apakah berdasarkan ' peraturan hati nurani " ?  
Apakah dengan sungguh hati dalam melayani orang lain ? 
Apakah mempunyai hati yang welas asih ? 
Hati nuranimu adalah peraturan sucinya !

Membina dan menjalankan KeTuhanan bukan melihat penampilan luar saja, melainkan harus menilik ke dalam, memang peraturan suci " luar " harus ditaati, tetapi peraturan suci yang ada di dalamhati harus sering digosok, jangan biarkan dirimu menentang hati nuranimu, ini baru dikatakan benar-benar mematuhi peraturan dan mengikuti tata tertib.

第四條 循規蹈矩

甚麼叫循規?甚麼是蹈矩?到底要循甚麼規、蹈甚麼矩呢?所謂循規,就是循著應該守的佛規去做。

所謂蹈矩,就是每個人能夠素位而行,能夠站在自己的崗位上踏踏實實的去走。這就叫作循規蹈矩。那又為甚麼要定佛規呢?因為你們來求道了,求道之後到底是要做甚麼事情呢?是要作成仙、成佛、成聖的事嗎?那你就不按著規矩來做,會可能成仙、成佛、成聖嗎?而平日你不肯素位而行,哪你有甚麼可能會成仙、成佛、成聖呢?

所以,每個人素位而行是循規蹈矩最基本的條件。佛規規定的這麼好,你卻不照著走,徒兒們你們說這樣子可以成仙、成佛、成聖嗎?譬如,這默語戒,掛在牆上了,點傳師規定了,操持規定了,大家卻視若無睹,依然偷偷的講話,這叫循規蹈矩嗎?而點傳師就像再生父母一樣,點傳師平日規定下來合理的話,你不聽,都只聽仙佛偶爾借竅才講話,那你們豈不是著形著象,有分別心嗎?


所以,不管點傳師如何規定,只要合理,大家就照著去做,這就是循規蹈矩。但是,循規蹈矩並不是只遵守外在的佛規就好,你們還得問問自己有沒有時時刻刻也遵照著心中佛堂的佛規來做事?甚麼是心中佛堂的佛規呢?那就是「人之初,性本善」,人人本自具有的良心,你得問問自己:做人,做事有憑良心嗎?有照良心,佛規去做嗎?待人真誠嗎?慈悲嗎?你的良心就是佛規!修道行道非看外表,要看內在。外在的佛規固然要遵守,但心中的佛規,更要去留意,時常擦拭心中的佛燈,不讓自己違背天良,才是真正的循規蹈矩。


5   Rela memikul tanggung jawab

zé rèn fù qǐ

責 任 負 起

Tanggung jawab, apa yang dimaksud dengan tanggung jawab ? Yaitu tanggung jawab jabatan ( misi ) , pekerjaan , juga posisi dan pekerjaan diri yang seharusnya dijalankan sepenuh hati oleh setiap murid.

Murid-muridKu, coba kalian katakan, setiap murid pancaran putih, memiliki tanggung jawab yang bagaimana ? dan misi yang bagaimana ? 

Bukankah mempunyai misi KeTuhanan ? Juga mempunyai tugas dan tanggung jawab di dunia ?

Yang dimaksud dengan misi KeTuhanan adalah menyelamatkan semua benih-benih Budha agar dapat kembali ke asal mula , kembali ke Nirwana.

Yang dimaksud dengan tugas dan tanggung jawab di dunia adalah membimbing dan mengubah hati umat manusia, memasuki dunia aman tentram, agar semua orang mempunyai perilaku dan sikap yang luhur , keluarga bahagia dan masyarakat yang harmonis dan damai.

Murid-muridKu , coba katakan, tanggung jawab yang demikian ini, berat atau tidak ? berharga atau tidak ? Jika kalian semua dapat menjalankan dengan sepenuh hati dan tenaga , "mewakili" TUHAN menyebarluaskan Jalan KeTuhanan ini, mengikuti dan meneladani Para Suci dan Budiman, menegakkan diri lalu menegakkan orang lain, kemudian menampilkan Keberhargaan KeTuhanan ( TAO ) dalam diri sendiri, dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, membuat hati nurani jadi tentram, tanpa ada perasaan bersalah, sehingga dapat membuat bahagia semua orang di dalam keluarga.

Selalu bersyukur, menjadikan masyarakat aman tentram dan damai, agar semua insan manusia bahagia dan gembira, supaya semua benih-benih Budha dapat mengembalikan sifat rohaninya yang sejati, inilah yang dimaksud dengan memikul tanggung jawab !

Kemudian pada saat paling kritis di akhir jaman ini, kalian harus selalu ingat untuk menjaga dengan baik niat pikiran sendiri, menegakkan sikap perbuatan diri, berhati-hati dengan segala pengaruh yang tidak baik, jangan sekali-kali berlaku demikian hormat dan sopan di vihara tetapi setelah kembali ke rumah, langsung "mengendorkan" diri dan bersikap semaunya, kalau demikianberarti kalian belum dapat menampilkan Hawa KeTuhanan dalam kehidupan sehari-hari, juga berarti belum benar-benar memikul tanggung jawab dalam KeTuhanan !
第五條 責任負起

甚麼是責任?責任就是職責、任務。也就是我們每一個應該盡心的本份、事務。

徒兒們,你們說說看,每位天道弟子,有甚麼樣的責任呢?有甚麼樣的使命呢?是不是有先天的使命,也有後天的任務?

所謂先天的使命,就是把九六原胎佛子渡盡,讓九六原胎佛子都能夠達本還原,回歸無極理天。
所謂後天任務,就是淨化人心、促進大同,讓人人品性端正、家庭圓滿、社會和諧。

徒兒們,你們說,這樣的責任重不重?尊貴不尊貴啊?假若你們人人都能夠盡心盡力,代天宣化、傚法聖賢、正己成人,把道的尊貴,在自己的身上顯現出來,並運用在日常的生活當中,讓自己良心安坦、無愧,讓家人歡喜、感恩,讓社會平安、和諧,讓人類幸福、快樂,讓九六原胎佛子都能夠回覆自性,這就是責任負起。而在這最末後的緊要關頭,你們一定要切記把持好自己的心念,端正好自己的行為,小心一切不良的影響。千萬不要在佛堂時畢恭、畢敬,而回到家裡時則輕率、放蕩。


那你們不能把道實踐出來,就是沒有真正的對道把責任負起啊!


6   Menitikberatkan  KeTuhanan 

meringankan duniawi

zhòng shèng qīng fán

重 聖 輕 凡

Dalam mengerjakan segala hal, tidak peduli pekerjaan KeTuhanan ataupun pekerjaan lainnya kalau dapat didasarkan pada kepentingan umum dan orang banyak pokoknya, inilah yang dikatakan sebagai mengutamakan KeTuhanan ( kepentingan orang banyak ) , sebaliknya kalau menjadikan kepentingan pribadi sebagai pokoknya , yaitu mengutamakan diri sendiri saja, inilah yang dikatakan sebagai mengutamakan duniawi ( kepentingan pribadi )



Oleh sebab itu, segala hal yang mengutamakan kepentingan bagi umat manusia, adalah pekerjaan (urusan) KeTuhanan.



Jika dapat mementingkan urusan ini ( kepentingan orang banyak ) , inilah yang dikatakan sebagai mengutamakan KeTuhanan dan meringankan duniawi.



Oleh karena itu orang yang benar-benar mengutamakan urusan KeTuhanan dan meringankan duniawi tidak akan hanya memperhatikan dirinya sendiri, mementingkan rasa hormat dan rasa senang orang lain terhadap diri sendiri, ataupun mendapatkan pelayanan dari orang lain.



Orang tersebut hatinya pasti hanya mengutamakan kepentingan umat manusia dan perbuatannya pasti mempertimbangkan dan menitikberatkan kepentingan umum, orang yang demikianlah baru benar-benar dapat melaksanakan sampai mengutamakan KeTuhanan ( kepentingan umat manusia ) dan meringankan keduniawian ( kepentingan pribadi )



Lalu apa yang dimaksud " urusan KeTuhanan " yang sebenarnya ? dan pekerjaan yang bagaimana yang benar-benar berguna bagi orang banyak ? 



Murid-muridKu , coba kalian katakan, di dalam alam semesta ini selain TAO yang Sejati dan rohani yang sejati, masih ada apalagi yang selamanya tidak akan berubah ? 



Oleh sebab itu , kalau kalian membantu umat manusia dan membimbingnya dalam melepaskan keterikatan hati, melampaui keduniawian dan memasuki jalan yang menuju kesucian, maka tindakan inilah yang dimaksud dengan mengutamakan kesucian dan meringankan keduniawian yang sesungguhnya.



Apabila kamu dapat membina diri, menjunjung tinggi nilai keluhuran diri, menyingkirkan hati egois manusia, dan menampilkan hati nurani , ini juga termasuk mengutamakan KeTuhanan dan meringankan keduniawian yang sesungguhnya.



Jikalau tidak menghilangkan hati manusia yang egois, nafsu keinginan yang terus bergerak, hati nurani yang tersesat, amarah yang muncul setiap saat, bagaimana bisa dikatakan mengutamakan KeTuhanan dan meringankan keduniawian ? dan bagaimana dapat benar-benar melampaui keduniawian dan menuju kesucian ?



Murid-murid sekalian, apakah masalah-masalah ini telah kalian pikirkan dengan seksama ? Karena dalam membina diri dan menjalankan KeTuhanan hanya ada 1 tujuan yang paling mendasar, yaitu melepaskan segala ke-egois-an ( ke-aku-an ) yang melekat di dalam diri, dan mengembalikan kemurnian asal hati KeTuhanan.



Murid-muridKu, dalam perjalanan membina diri yang berpokok pada pembinaan hati dan menjalankan KeTuhanan dengan sepenuh hati ini , jika kalian tidak memiliki ketulusan hati, kemantapan hati yang tidak berubah, hati yang tidak berkeluh kesah dan tidak dapat menampilkan hati KeTuhanan dan sifat KeBudhaan, sehingga dengan demikian, bagaimana ini dapat dikatakan benar-benar sebagai mengutamakan KeTuhanan dan meringankan keduniawian ?第六條 重聖輕凡

凡是辦事,不論是辦佛事、聖事,或是辦一切的事。若能以大體為主,以眾生為重,這就是重聖。相反的,如果你以個人的事情為主,小我為重,這就是重凡。所以凡是一切以利益眾生為主的事情,都是聖事,能看重這些事的,就是重聖、就是輕凡。

因此,真正重聖輕凡的人,他不會只顧到自己,只顧到別人對自己的尊敬、喜愛,甚至供養。他的存心,一定以利益眾生為主,他的行事,一定以考慮大體為重。這樣的人才,真正做到重聖輕凡。而甚麼是真正的聖事呢?又甚麼樣的事才是真正對眾生究竟有利的呢?徒兒們,你們說,在這宇宙天地當中,除了道是真的,靈性是真的以外,還有甚麼東西,是永恆不變的呢?

所以,你們幫助眾生,成就眾生,走上心性解脫、超凡入聖的路,才是真正的重聖輕凡。你能夠修養自己,成就自己,把人心去除,天良顯現,也才是真正的重聖輕凡。否則人心不除,慾念浮動,天良迷昧,無明時起,又怎能說是重聖輕凡呢?又怎能真正的超凡入聖呢?這些問題,徒兒們,你們是否都該認真的細細思索?因為修道、辦道,它只有一個最終的目的,那就是放下一切自我的執著,回覆本來純淨的天心。而徒兒們在修道修心、辦道盡心的過程中,如果你沒有至誠的心、不變的心、無怨無悔的心,顯現不出真正的天心佛性,又怎能說得上是真正的重聖輕凡呢?

7   Bersikap hormat, rendah hati 
dan harmonis

qiān gōng hé ǎi

謙 恭 和 藹


Bersikap hormat, rendah hati dan harmonis bukan saja terhadap pendahulu, pandita dan penceramah, tetapi adakah kalian bersikap sama hormat dan santunnya terhadap setiap orang ?

Kalian sendiri coba pikirkan dengan seksama, sebagai seorang pembina, apakah memang seharusnya besikap hormat, rendah hati dan harmonis terhadap setiap orang ? Bagi kalian yang pernah mempelajari kitab Ih Ching pasti mengerti bahwa dalam 64 diagram ( pa kua ) ada 63 diagram yang di dalam ketidakbaikan ( siung ) mengandung kebaikan ( ci ) atau di dalam kebaikan ( ci ) mengandung ketidakbaikan ( siung )

Siung artinya tidak baik dan hanya ada 1 diagram, yaitu diagram chien, yang di dalam kebaikan tidak terdapat ketidakbaikan, hanya ada keberuntungan tidak ada malapetaka, mengapa demikian ?

Kitab Ih Ching mengatakan :
" Dengan kerendahan hati , seorang budiman akan menemui jalan yang lancarselama hidupnya, yang artinya bila bersikap rendah hati dan harmonis dalam mengerjakan segala hal, maka pekerjaan apapun akan mudah dijalankan, dan pasti ada kelancaran sebagai hasilnya.

Sikap rendah hati dan harmonis itu berasal dari pembinaan diri yang tidak dapat dilakukan dengan suatu keterpaksaan, dan hanyalah orang yang berbudi yang dapat dengan sendirinya dari awal hingga akhir bersikap rendah hati dan harmonis serta tidak menghina atau merendahkan orang lain.

Dalam kitab Ih Ching juga dikatakan " Dalam hakekat hubungan kemanusiaan selalu mencela keangkuhan dan memuji kerendahan hati "

Setiap orang selalu membenci orang yang sombong dan menyukai orang yang bersikap rendah hati, oleh sebab itu orang yang dapat memahami kerendahan hati , dia pasti dapat menampilkan keluhuran karakter diri dan juga memperlihatkan kemuliaan nurani.

Orang yang demikian kelihatannya rendah hati dan bersahaja tetapi keluhuran dari kepribadiannya yang tinggi tidak dapat tertandingi !

Dan ini juga merupakan kebajikan seorang budiman dimana di dalam dirinya terdapat keluhuran yang paling tinggi, karena dia melepaskan segala ke-aku-an dan menghormati semua umat.

Maka bersikap rendah hati, hormat dan harmonis juga merupakan penampilan dari sifat asal rohani sejati, karena sikap rendah hati menandakan tiadanya perbedaan antara kamu dan saya, tidak adanya pikiran yang tidak baik. Dan pada saat itulah baru terlihat perwujudan dari "Aku" yang sebenarnya, yang juga merupakan perwujudan dari sifat asal rohani yang sejati, sehingga orang yang rendah hati, hormat dan harmonis pasti dapat mencapai tingkat KeBudhaan.

Sebaliknya orang yang sombong, yang merendahkan orang lain, pasti tidak dapat mencapai KeBudhaan, karena pada saat dia bersikap sombong menandakan belum disingkirkannya ke-aku-an , yaitu keterikatan wujud masih ada.

Dan 9 tingkat teratai KeBudhaan adalah milik dari orang yang bersikap rendah hati, hormat dan harmonis.

Oleh sebab itu, murid-muridKu sekalian bila kalian ingin mencapai KeBudhaan , bagaimana boleh tidak bersikap rendah hati, hormat dan harmonis ?
第七條 謙恭和藹

謙恭和藹並不是只對前賢、點傳師、講師謙恭,而是你要對每一個人都畢恭畢敬嘛。你們自己仔細想想看,身為修道人,是否應該對每一個人謙恭和藹嗎?你們如有研究易經的就知道了。在六十四卦裡,有六十三卦都是凶中帶吉、吉中帶凶。凶就是不好的,那麼唯獨一卦,就是這一個「謙」卦只有吉,沒有凶,只有福,沒有禍。為甚麼呢?

易經說:「謙」、「亨」,君子有終,就是說以謙和的態度來做事,則事情容易做得通,故有亨通之象,而謙和的風度,是從心性修養來的,不是勉強做的出來的。也唯有君子,才能夠自始至終,謙虛和藹,而不傲慢別人。易經上又說:人道惡盈而好謙。每一個人都是討厭驕傲、滿盈的人,而喜好謙虛、有道的人。所以懂得謙虛的人,他能夠流露出人格的尊貴,並顯出自性的光輝。他看起來,似乎居處卑微,但是那份人格的高尚,卻是不可踰越的,而這也是一個有道的君子?他內在涵養美好的最高表現。因為他放下了一切的自我,而恭敬了所有的眾生,所以謙恭和藹也是自性佛顯現的時候。


因為你謙卑自己,低心下氣,你沒有人我之分,你沒有是非之念,而就在這一個當下,那才是真正自我的顯現,也就是真正佛性的顯現。所以謙恭和藹的人,必然能夠成道。相反的,驕傲的人,會看不起人的人,絕對不可能成道。因為,當他驕傲的時候,就是人我相未去,也是執著仍然還存在。而九品蓮臺終究是屬于謙恭和藹的人,所以徒兒們你們要想成仙、作佛,又豈能不謙恭和藹呢?


8   Jangan menyingkirkan Amanat Suci

wù qì shèng xùn

勿 棄 聖 訓

Amanat Suci adalah nasehat dan buku yang diamanatkan oleh Para Suci dan juga dapat diartikan sebagai segala nasehat Para Budha yang tercatat dalam bentuk tulisan dengan kata lain yaitu segala nasehat yang diucapkan oleh Para Suci dan Para Budha yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Sebenarnya apa saja yang dikatakan Para Budha ?

Dalam begitu banyaknya kata-kata dan nasehat, semuanya mengenai hakekat yang menyampaikan bagaimana umat manusia harus membina diri, agar dapat kembali ke Nirwana.

Juga berupa kata-kata dan nasehat yang membimbing umat manusia agar mengerti bagaimana cara merubah segala yang menyimpang menuju kebenaran dan dari ketersesatan menuju kesadaran.

Karena Para Suci dan Para Budha adalah orang-orang yang sudah mencapai kesempurnaan, maka ucapan mereka dapat mewakili TAO dan mewakili Hakekat Kebenaran.

Dan setiap kata dan ucapan yang terdapat di dalam Amanat Suci berasal dari sanubari Para Suci, serta merupakan penjelasan dan nasehat yang disesuaikan dengan jodoh dan situasi setiap umat manusia itu sendiri.

Maka kata-kata Para Suci adalah Hakekat Kebenaran, benar-benar berasal dari sifat KeBudhaan, benar-benar merupakan penuntun yang mulai dan benar-benar sebagai bahtera penuntun yang membawa kembali ke Nirwana.

Murid-muridKu sekalian, Amanat Suci demikian berharganya , bagaimana boleh kalian tidak menyayanginya, dan tidak dengan sunguh-sungguh menghayati makna yang terkandung di dalamnya dan menjalankan dengan sekuat tenaga !

Lalu apa yang dimaksud dengan "menyingkirkan" ? Yaitu tidak boleh dibuang ( di sia-siakan ) , tidak boleh diremehkan dan tidak boleh menjalankan sesuatu yang tidak sesuai dengan petunjuknya.

Karena setiap bagian dari Amanat Suci ataupun Wejangan  Suci merupakan curahan hati dan kewelas asihan Para Budha, dengan sendirinya pasti ada Budha yang melindungi Amanat Suci tersebut. Kalau kalian membawa serta Wejangan Suci tersebut bersama dirimu, asalkan hatimu tegak lurus, maka tanpa sepengetahuanmua "dia" pun dapat melindungimu, juga bisa menghindarkanmu dari petaka dan cobaan iblis, kalau demikian halnya, bagaimana kalian boleh dengan seenaknya menyingkirkan dan tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang penting ?

Kalau Amanat Suci merupakan bimbingan bagi umat manusia untuk menuju Jalan Kesucian dan mencapai KeBudhaan, lalu murid-murid sekalian, apabila kalian tidak menjalankan sesuai dengan nasehat yang terdapat di dalam Amanat Suci, bagaimana kalian dapat berhasil dalam pembinaan dan benar-benar mencapai tingkat KeBudhaan ! 

Apalagi Para Budha semuanya sangat welas asih dan selalu berupaya memikirkan atas masalah besar "kelahiran" dan "kematian" kalian.

Demi kalian Para Budha mencurahkan hatinya, dan kalian bagaimana mungkin tega menganggap enteng, menyia-nyiakan dan tidak menjalankan sesuai Amanat Suci tersebut ?

Oleh karena itu, makna sesungguhnya dari " Jangan Menyingkirkan Amanat Suci " adalah memahami kewelas asihan Budha, mengerti makna dari Amanat Suci dan yang terakhir yaitu mengikuti dan menjalankan, sehingga dapat mencapai Kesucian dan KeBudhan !
第八條 勿棄聖訓

聖訓者,聖人所垂示的書訓,也可以指一切記載聖理的文字。換句話說,就是聖賢、仙佛所說的話。聖賢仙佛到底在說些甚麼話?千言萬語,就是說真理的話。說眾生要如何修行,才可以回天的話。也就是說一些引渡眾生如何改邪歸正、由迷轉悟的話。

因為聖賢仙佛是已經成道的人,所以他們的話可以代表道、代表真理。而聖訓中的每一個字,每一句話,也都是從他們自性中流露出來,契應眾生各種因緣而解說的。所以,他們的話就是真理,真正佛性的流露,真正光明的引領,真正回天的導航。

所以,徒兒們,聖訓是如此的尊貴,你們又怎能不善加珍惜,深深的去體會其中真義,並且身體力行呢?這與所謂的「勿棄」,就是不可以拋棄,不可以輕視,不可以不照著去做。因為,每一篇聖訓或經書,都是仙佛的心血、慈語,自然都有仙佛在護持它。你把它帶在身邊,只要你心正、心誠,無形的它,可以保佑你,也可以避邪難。如此,你怎麼可以輕易拋棄它,而不加以重視呢?既然聖訓是指引眾生如何走上成賢、成聖的路。徒兒們,那你們不照著去做,又怎能修道有成,而真正成仙、成佛呢?何況仙佛,都是大慈大悲,都是為你們生死大事著想,為你們費盡心血在努力。你們又怎麼忍心輕易辜負而不照著去做呢?

所以,勿棄聖訓,它真正的涵意就是體會仙佛的慈悲,明白書訓的真意。最後,依訓實行,才能夠成聖、成佛啊!


9   Jangan melekat pada wujud


mò zhao xíng xiāng

莫 著 形 相


Jangan melekat pada wujud berarti tidak melekat pada wujud luar dan tidak tertipu ( terperdaya ) olehnya.



Karena segala benda yang berwujud bukanlah merupakan sesuatu yang sebenarnya, bersifat tidak kekal yang pada akhirnya akan musnah.



Kitab Sutra Intan mengatakan :" Segala sesuatu yang berwujud, semuanya adalah halusinasi ( bersifat sementara / palsu ), jika melihat segala yang berwujud sebagai yang palsu ( bukan yang sejati ) ini berarti telah menemukan kesejatian.



Oleh karena itu, orang yang tidak dapat menghilangkan kemelekatan pada segala yang berwujud, dan masih tersesat di dalamnya, berarti hati mereka masih berada di dalam alam wujud, alam hawa dan tidak dapat memasuki alam tiada wujud  ( Nirwana )



Lalu umat manusia yang tersesat tidak dapat benar-benar terbebas atau terlepas dari penderitaan, itu dikarenakan manusia masih terbelenggu oleh segala wujud luar, hati dijadikan "budak" dari wujud sehingga nurani yang sejati tidak dapat menjadi "tuan rumah " atas dirinya sendiri, sehingga dengan sendirinya menyebabkan manusia selamanya bereinkarnasi dalam kelahiran dan kematian.



Oleh karena itu, arti dari jangan melekat pada wujud bukan hanya semata-mata tidak terikat pada penampilan Budha saat meminjam raga Duta Langit ( san chai ) saja, melainkan harus memahami dharma sejati Para Budha sebagai pokoknya.



Lebih maju selangkah lagi, yaitu kalian hendaknya dalam keadaan apapun tidak tergerak hatinya dan selalu menjadikan hati nurani sebagai penentu, ini baru dapat sungguh-sungguh dikatakan sebagai tidak terikat pada wujud.



Murid-murid sekalian, kalian sering mengatakan :" Tidak menyimpang berarti Zhong ( 中 tengah ) , tidak berubah berarti Yong ( 永 tetap ) ", lalu apa arti dari Jalan Tengah Kebenaran ? . Itu adalah saat sifat KeBudhaan dari nurani tertampil keluar, bagaimana maksudnya ?"



Karena pada saat hati kalian sedemikian jernih dan bersih tanpa pamrih, tidak memihak kepada pihak manapun, dan tidak terikat pada segala benda, serta juga berarti saat kau tidak terikat pada segala wujud, dan hatimu tidak tercemari dan terpengaruhi ( tergerak ) oleh segala benda materi.


Pada saat itulah, hatimu sedemikian bersihnya, demikian tidak adanya pamrih dan saat itu benar-benar tidak menuntut apapun juga, itulah yang dikatakan sebagai Jalan Tengah , yang juga merupakan perwujudan dari Hati Budha .

Sehingga yang disebut jangan melekat pada wujud adalah penampilan dari Aku Sejati ! Kalau sampai kamu melekat pada segala yang berwujud, berarti selamanya berada di dalam perputaran kelahiran dan kematian , sehingga sama sekali tidak dapat mencapai tingkat Budha.
第九條 莫著形相

莫著形相,就是不要執著外在的形象,而被它給矇蔽住了。因為一切有形、有像的東西,它都不是究竟的真實,並且終歸幻滅無常。金剛經說:「凡所有相,皆是虛妄。若見諸相非相,即見如來。」因此,凡不能破除形相,還迷昧於形相的人,他的心就都還在象天、氣天中,都不能進入無極理天。而迷昧顛倒的眾生,之所以不能真正解脫,就是都還被外在的相給束縛住了。

心為形役,自性不能當家作主,這樣永在輪迴中,流浪生死。所以莫著形相,不僅僅是不要執著仙佛的借竅顯化,而當以體悟仙佛開示的真理、妙義為主。更進一步的,是要你能夠在任何的情景當中,都能夠不動其心,自性作主,那才是真正的莫著形相。徒兒們,你們常說:不偏之謂中,不倚之謂庸。那中道終究是甚麼呢?它就是你自性佛顯現的時候。

怎麼說,因為當你一心清靜無為,不偏向一邊,不執著一物的時候,也就是你們不執著形相的時候。你的心沒有被外物沾染、引動的時候,你的心就是這樣子。清清靜靜,無無為為、一無所求的時候,這就是中道,就是自性佛顯現,所以莫著形相,也就是真我的顯現。否則,你執著形相了,就永遠生死流浪、絕對成不了道了。


10 Prosedur yg jelas dan bersih


shǒu xù bì qīng

手 續 必 清

Di  dalam buku kuno tertulis " Sepeser uang dari KeTuhanan ( vihara ) , nilainya setinggi Gunung Himalaya , bila berhati curang dan tidak jujur , maka harus membayar dengan memakai bulu dan tanduk ( menitis ke jalur hewan ) "


Murid-murid sekalian, mengertikah kalian ? Karena uang KeTuhanan ( Vihara ) adalah uang " darah dan keringat "  dari setiap umat vihara, meskipun nilainya kecil, tetapi merupakan pemberian yang tulus dari mereka, dan pada saat menjadi milik vihara, maka nilainya akan setinggi dan sebesar Gunung Himalaya.

Oleh sebab itu, bila ada orang yang beramal dana dan yang kemudian dana itu menjadi milik vihara dan engkau tidak melaporkannya dengan jelas dan mempergunakannya untuk tujuan yang tidak jelas, maka meskipun hanya memakai sepeser uang KeTuhanan tetapi dikarenakan 1 niat yang serakah, tidak jujur melaporkannya, pengurusan keuangan vihara yang tidak bersih sehingga harus menerima balasan hukum karma, sampai harus terlahir sebagai sapi atau kuda untuk membayarnya.

Oleh karena itu murid-muridKu sekalian barang-barang dan uang yang merupakan amal sumbangan dari umat harus diterima dan digunakan dengan sejelas-jelasnya , kalau saja engkau berbuat sembrono lalu muncul niat serakah dan tidak memegang teguh kebersihan diri (jujur) , dengan demikian nantinya pasti akan menerima penderitaan. Dalam hal ini murid-murid sekalian harus benar-benar berhati-hati !

Dikarenakan Hukum TUHAN yang sangat " ketat " maka sekecil apapun pasti diperiksaNYA, kalian masing-masing mempunyai sebuah buku catatan " Catatn Perhitungan " di Nirwana, di dalamnya tercatat dengan demikian jelasnya segala perbuatan sampai pada hal yang sekecil-kecilnya , dan sedikitpun tidak akan ada kekeliruan ataupun yang tidak tercatat.

Maka mulai sekarang segala barang amal dan uang amal dari umat di dalam vihara, kalian harus mempertanggung jawabkan dengan sejelas-jelasnya dan tidak boleh sembrono , kalau demikian baru dapat dikatakan bersih dalam pengelolaan keuangan vihara dan baru mempunyai harapan mencapai KeBudhaan.
第十條 手續必清

古書說:「佛家一文錢,大似須彌山,欺心不實報,披毛戴角還。」徒兒們,你們明白嗎?因為這佛家的錢,本是眾生的血汗錢。縱然它很小,也是他們誠心佈施而來的。而當它成為佛家的錢時,就像須彌山那麼高、那麼大。因此,如果有人行財施,成為佛家錢時,你卻不一五一十的呈報、善用,那麼你雖然只是花了佛家的一文錢,但是這一念的貪心,不能實報、手續不清,則自然要受因果報應,甚至來生要做牛、做馬來償還。


所以徒兒們,道親行功的東西、錢財,一定要清清楚楚,否則你一行事馬虎、貪念一動、廉德不守,那麼將來就有苦頭吃了。這一點,徒兒們切記小心啊!因為天律森嚴、秋毫必查,在天上你們每一個人都有一本帳簿,上面清清楚楚記錄著你們所作的點點滴滴,並且,絕對不會有絲毫的偏差、半點的遺漏。所以,今後在佛堂裡人家行功的東西、錢財,你們一定要一一交代清楚,不可馬虎,如此才是手續必清,而成佛才有希望啊!




11 Pergi berpamit Pulang bersalam


chū gào fǎn miàn

出 告 反 面


Pergi adalah keluar ( meninggalkan ) dan lapor adalah memberitahukan ( melaporkan ).


Kembali adalah kembali lagi ( datang kembali ) . Dan bertemu muka ( 面 Mien ) adalah memberi tahu ( kabar ) saat bertemu.

Apa yang dimaksud melapor saat pergi dan kembali yaitu mengenai segala urusan yang dipesankan oleh pendahulu baik yang besar maupun yang kecil, jauh dan dekat, semuanya harus diingat dengan baik, lalu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Saat pekerjaan selesai dikerjakan hendaknya dilaporkan dengan jelas dan jangan asal-asalan.

Atau sebagai seorang umat, bila ingin pergi menjalankan sesuatu hal, maka seharusnya meminta petunjuk pendahulu, melaporkan kepadanya dan menerima segala bimbingannya.

Dan setiap saat kalau kembali dari bepergian juga harus segera melapor dan memberitahukan hasil dari pekerjaan , agar tidak membuat risau dan khawatir para pendahulu.

Peraturan Suci yang 1 ini , ingin mengingatkan para pembina Jalan KeTuhanan , bahwa dalam bersikap harus ada kesetiaan dan dalam mengerjakan segala hal harus penuh dengan rasa tanggung jawab , selain itu dalam hal sebagai atasan dan bawahan harus mempunyai tata kramanya, pergi maupun kembali ada sopan santunnya, jika selalu melapor saat pergi dan kembali dalam setiap hal , menyelesaikan tanggung jawab dan tugas secara sempurna, dengan demikian barulah tidak tercela dan dapat dikatakan telah menjalankan sesuai dengan Hakekat Hubungan Kemanusiaan.

Demikian juga halnya dengan semua " benih " Budha, yang terlahir dengan membawa ikrarnya masing-masing, juga harus melapor saat keluar dan memberitahukan saat kembali, setiap saat mengingat IBUNDA SUCI TUHAN YANG MAHA ESA, tidak melupakan Nirwana, jadi selalu dan setiap saat mengingat TUHAN YME.

Dan orang yang setiap waktu dapat membina diri dan menjalankan KeTuhanan baru dapat dikatakan sebagai orang yang benar-benar mengerti akan makna melapor saat pergi dan kembali yang sesungguhnya.
第十一條 出告反面

出,是出去、離開。告,是告訴、稟報。反,是返回、回來。面,是當面回覆。所謂出告反面,是指前賢交待的事情,無論是大小、遠近,都要緊記在心、認真去辦,事情辦完,定要清楚稟報、不可含糊。或者身為後學的,要出門辦事,理當請示前賢、稟報前賢,並誠心請求指示、接受指導。而每次出門回來的時候,也當儘量迅速稟報事情辦理得如何,以免前賢擔心、掛慮。


此條佛規乃是警醒修道人對人要盡忠,對事當盡責。並且上上下下,尊卑有序,出入有禮,如此事事出告反面,圓滿交待,人倫大道,方為無虧,而九六原人乘願下凡,出時有告,反必面稟,自當時掛親娘,不忘無極,故能刻刻唸唸,無生老中,時時盡心修道、辦道的人,方可以說是真正明白「出告反面」深意的人。


12 Tidak mengacaukan system / silsilah


bù luàn xì tǒng

不 亂 系 統



Tidak mengacaukan adalah tidak boleh membuat kacau, sedangkan garis adalah benang, yaitu mewakili seuntai benang emas.


Silsilah ( keutuhan - kesatuan ) adalah tujuan dari TAO yang Maha Agung dalam memimpin segala makhluk , yang juga merupakan rohani diri dari masing-masing orang.

Oleh karena itu yang dimaksud dengan tidak mengacaukan garis silsilah KeTuhanan , sebenarnya bermakna bahwa setiap orang yang membina diri tidak boleh meninggalkan KeTuhanan Sejati.

Segala sesuatu seharusnya menjadi nurani diri sebagai " pemilik " , tidak boleh salah memasuki aliran ( kepercayaan ) sampingan, inilah makna sebenarnya dari tidak mengacaukan garis silsilah KeTuhanan.

Sedangkan yang dimaksud " Benang Emas " ada 2 jenis, yang 1 adalah yang bersifat kerohanian dan lainnya bersifat keduniawian ( pada dunia nyata ) . Benang emas dari Firman Tuhan yang bersifat kerohanian, sesungguhnya adalah hati KeTuhanan dan rohani diri dari masing-masing orang, yang dapat berhubungan dari 1 hati ke hati lainnya.

Dan juga hati nurani yang dapat menembus dan berhubungan dengan TUHAN dan Para Budha.

Rohani ini, meskipun pada Orang Suci sekalipun tidak bertambah dan tidak menjadi berkurang pada orang biasa.

Pada saat setiap orang dalam keadaan hati yang jernih tanpa nafsu keinginan, dan tidak ada ke-egois-an , tiada " Aku " , maka dengan sendirinya rohani menyatu dengan TUHAN, roh kudus pun menembus alam abadi, yang berarti tidak berpindah 1 langkahpun , itulah Nirwana.

Murid-murid sekalian, demikianlah pada saat ini, benang emas kerohanian kalian dengan sendirinya mengeluarkan sinar cemerlang dan terangnya rohani memancar sampai ke segala pelosok alam semesta.

Benang emas di dunia nyata ini, adalah mengenai dirimu yang mempunyai jodoh dengan pengajak , penanggung, pandita dan Para Sesepuh pada kelahiran lampau sehingga pada masa stadium 3 di akhir jaman dan masa penyelamatan umum ini, bertemu kembali karena jodoh ini, saling berjumpa, sehingga baru mempunyai kesempatan yang baik ini dalam membina diri dan menjalankan KeTuhanan.

Murid-murid sekalian, pada masa akhir jaman ini Patriat Kung Chang (弓長  ) palsu dan Budha Maitreya palsu telah bermunculan, mereka dengan segala ke-gaib-an dan kemujizatan-nya menggoda dan membujuk para pembina KeTuhanan, dengan kepalsuannya mengacaukan yang sejati, dengan ajaran yang sesat mengacaukan yang tegak, dan bahkan sampai-sampai menyebut dirinya mempunyai Firman TUHAN, menawarkan keindahan dalam kepalsuan dan mengacaukan Kalangan KeTuhanan.

Murid-murid sekalian, pada jaman dunia dan keadaan kalangan KeTuhanan yang kacau ini, di mana hati manusia penuh dengan kejahatan dan sangat berbahaya, dan bilamana kalian tidak dapat memegang erat benang emas dan mengikuti pendahulu, memantapkan langkah kaki, dan membina kebajikan dalam, kemudian menentramkan diri sendiri, pada saat segala ujian besar dan bencana besar datang, bagaimana kalian memantapkan tekad tujuan hingga dapat terhindar dari bencan dan musibah tersebut ?

Oleh karena itu, pada saat kalian dapat membina diri sampai tegak dan mantap,iblispun tidak dapat merasuk ke dalam diri, itulah yang sungguh-sungguh dimaksud dengan tidak mengacaukan garis KeTuhanan !

Kalau hati sampai tidak tegak, sehingga iblis merasuki dan mempercayai segala ajaran sesat dan sampingan , lalu tidak menghormati dan menghargai para pendahulu dan pengajak. dengan demikian benang emas pun terputus, sehingga nyawa pun sulit terlindungi !

第十二條 不亂系統

不亂是不可紊亂,系是繩索,代表一條金線,統是統領萬物的大道真宗,也就是人人身上的自性,所以所謂的「不亂系統」,它真正的涵義是指每一個修道人,他不可以偏離正道,一切要以自性當家作主,不可誤入左道旁門,這才是真正的不亂系統。

而金線有兩種,一條屬先天,一條屬後天。先天的天命金線,自然是人人具足的天心自性,可以以心印心、與天相通的佛心,它在聖不增、在凡不減。當人人清靜無念、無私無我的時候,它自然與天貫,靈通先天,不移一步即達理天,而就在這一個當下。徒兒們,你們的先天金線,自然閃爍發光,而靈光照耀三千大千世界。至於後天的人事金線,那是由於你們與引保師、點傳師、前賢之間宿世有佛緣,而在這三期末劫年大開普渡之時,因緣再聚會,彼此再相遇,才有這一個修辦的善因緣。


徒兒們,在這最末後的時候,假弓長、假祖師,紛紛出籠了。他們以各種神通、顯化,誘惑修道人,並且以假亂真,以邪亂正,甚至自稱有天命,魚目混珠,擾亂道場。徒兒們,在這樣世局亂蕩、道局混亂、人心險惡的年代中,如果你們不能一條金線緊緊追隨,跟著前賢,穩定步伐,並且內修心性,安立自身,則當一切大考驗、大災難來臨的時候,你們又如何能心志堅定,而真正的躲災避難呢?所以說,當你們修得心性端正、邪魔不得入侵的時候,那才是真正的不亂系統啊!否則心性不正、邪魔入侵,左道旁門任意信它,前賢、引保,不加尊重,則金線一斷,性命亦難保全啊!



13 Menyayangi fasilitas umum

ài xī gōng wù

愛 惜 公 物


Milik umum adalah segala benda peralatan milik orang banyak, seperti barang-barang vihara adalah milik umum, milik vihara dan adakah kamu menjaga dan merawatnya dengan baik ? dan mengutamakannya untuk tujuan yang baik ?

Kalau engkau dapat dengan baik memanfaatkan kegunaan dan keberhargaannya, inilah yang dikatakan menyayangi milik umum.

Ataukah kamu membawanya pulang ke rumah, untuk dijadikan milik pribadi ?

Murid-murid sekalian, apa yang dibicarakan di depan mengenai " pengelolaan keuangan vihara harus bersih " yang merupakan salah 1 Peraturan Suci, ketahuilah kalian bahwa " kalau tidak mencegah keserakahan kecil maka musibah besar akan terjadi !"

Oleh sebab itu, barang-barang milik umum jangan sampai dijadikan milik pribadi atau dengan sengaja dirusak !

Ada lagi, yaitu pandita, penceramah dan para pengurus di vihara yang mempunyai tugas menyebarluaskan Jalan KeTuhanan ini, apakah engkau menjaga dan menyayanginya ? Adakah bersikap tidak hormat terhadap mereka ? Adakah dalam pembicaraan menyinggung perasaan mereka ?

Ketahuilah bila engkau brsikap hormat terhadap mereka, berarti juga menyayangi milik umum. Karena mereka bertugas menyebarluaskan Jalan KeTuhanan dan termasuk orang-orang milik TUHAN. Apabila engkau tidak menghormati, tidak menyayangi mereka, ini berarti tidak menyayangi milik umum, apalagi sampai menyinggung dan mengumpat di belakang mereka !

Oleh sebab itu, menyayangi milik umum bukan saja hanyan menyayangi barang-barang milik vihara, tapi perlu juga menyayangi orang-orang yang ada di dalam vihara dan harus bersikap baik terhadap setiap orang, juga saling mencintai, menyayangi dan saling bahu membahu, inilah sebenarnya yang disebut menyayangi milik umum !

Murid-murid sekalian, kalian hendaknya memikirkan dengan baik-baik akan Hakekat Kebenaran ini !

Engkau dapat menyayangi barang-barang milik vihara dan menghormati orang-orang dalam vihara berarti menyayangi milik TUHAN dan milik Para Budha, juga berarti seperti menyayangi Para Budha dan Bodhisattva dengan selayaknya.

Selain itu, kalian juga harus baik-baik menyayangi orang-orang yang berada di samping kalian, kalau kalian tidak menyayangi mereka , TUHAN tidak akan memberikan kader-kader untuk kalian pula , dengan demikian bagaimana dapat mengembangkan KeTuhanan dengan baik ?

Maka dari itu, kalian sebagai orang-orang depan harus menyayangi orang yang berada di samping kalian !

Biarkanlah mereka makan kalau saatnya mereka perlu makan, biarkanlah mereka istirahat kalau mereka perlu istirahat, berikanlah gizi tambahan dan istirahat bila memang diperlukan, ketahulah dengan adanya badan raga ini baru dapat berbuat amal jasa, jika sudah tidak memiliki badan raga bagaimana dapat memupuk amal jasa dan menyelesaikan ikrar ?

Oleh sebab itu, sebagai pendahulu harus menyayangi umat, engkau tidak boleh sembarangan menghukum ( menyalahkan ) mereka, karena mereka pun milik dari vihara KeTuhanan, apalagi mereka juga merupakan kakak dan adik ( saudara ) dalam KeTuhanan.

Oleh sebab itu, apabila tidak menyayangi orang yang berada di samping ( yang turut membantu ) juga berarti tidak menyayangi umum.

Murid-murid sekalian, peraturan suci yang 1 ini, kalian harus menghayatinya lebih dalam lagi !
第十三條 愛惜公物

公物是指公家的物品,好比佛堂的東西,它是屬於公家的、佛家的,你有沒有好好的愛護它、珍惜它,並且善用它?你能夠好好發揮它的作用、價值,這就叫作愛惜公物,還是你可以把它帶回去,作為個人私有的物品?徒兒們,前面說過手續必清這一條佛規,你們須知「小貪不防,大過必成」啊!所以公家的物品,切勿據為私有或任意破壞啊!

再者,佛堂裡代天宣化的點傳師、講師,及這些辦事的人員,你有愛護他們嗎?有對他們不禮貌嗎?有在語言上誣衊他嗎?須知,你若能對他尊敬,就是愛護公物。因為他是代天宣化,是屬於老天的人,如果你不尊敬他、不愛護他,那就不是愛惜公物了,何況你還在後面批評他、罵他?那就更嚴重了。所以愛惜公物,不單單是要愛惜佛堂裡的東西,還要愛惜佛堂裡的人,要好好的對待每一個人,並且相親相愛、互助互勉,這才是真正的愛惜公物啊!

徒兒們,這些道理,你們自己要好好的想一想!你們能愛惜佛堂裡的東西,尊敬佛堂裡的人,就是愛惜上天的東西,愛惜仙佛的人,並且就像愛惜天上的仙佛、菩薩一樣。此外,會站在你們身邊的人,你們也都要好好的愛惜他們。否則你不愛惜,上天自然也不撥人才給你們,那道如何能辦得開,辦得好呢?所以你們走在前面的人要愛惜身邊的人!要他們該吃就吃,該休息就休息,該保養就保養,須知有肉體才可以行功。無肉體,則又如何來行功、了願呢?


所以,身為前賢要愛護後學,你不可以隨便的責罰他。因為,他是佛家的公物,不僅是你道中的兄弟姊妹。所以不愛惜身邊的人,也就是不愛惜公物。徒兒們,這一條佛規,你們可以深深地再細細體悟啊!

14 Supel dan Gesit dalam bertindak

huó pō yìng shì

活 潑 應 事



Peraturan Suci yang sesungguhnya adalah TAO, dan itu adalah sesuatu yang " hidup " tidak mati, TAO sebenarnya adalah mengikuti keadaan luar (fleksibel) , segala sebab dan jodoh dan perubahan yang terjadi, tetapi di dalamnya terkandung Hakekat Kebenaran yang terus berkesinambungan tiada hentinya.

Oleh karenanya , sebagai seorang pembina juga harus mempunyai hati yang lincah - cekatan dan flexibel menyesuaikan keadaan, jangan kaku dalam memegang peraturan suci sampai tidak ada perubahan sedikitpun.

Misalnya terdapat 1 masalah dan saat itu pendahulu tidak ada, karena tidak dapat melapor atau memutuskan terlebih dahulu sedangkan masalah sudah di depan dan sangat penting, sehingga tidak dapat menunggu lagi dan harus segera dilaksanakan.

Dengan demikian, kamu harus belajar menghadapi dan " memikulnya " , lalu segera melaksanakannya, kalau tidak demikian akan mengacaukan masalah yang ada dan orang lain, ini berarti suatu kesalahan juga.

Murid-murid sekalian, ingatlah baik-baik bahwa segala perbuatan kalian, asalkan di hadapan TUHAN sesuai hati nurani dan terhadap umat manusia ada manfaatnya, yang juga berarti berbuat segala sesuatu yang berguna bagi orang lain, apabila kau telah menjalankannya dan masih saja tidak dapat dipahami dan malah disalahkan pendahulu kalian, kau masih tetap saja boleh mempertimbangkan untuk menjalankannya.

Karena yang dikerjakan kita adalah pekerjaan TUHAN, mewakili TUHAN menjalankan sesuatu, bukan mewakili siapa-siapa, melaksanakan pekerjaan besar yang menyangkut kelahiran dan kematian umat manusia, bukan melaksanakan urusan kecil duniawi manusia.

Maka saat masalah sudah ada di depan, jangan ditelantarkan dan ditunda, asalkan diri sendiri berdasarkan hati KeTuhanan, hati demi umum, meskipun pendahulu tidak berada di tempat, maka kamu sendiri boleh melaksanakan dan memikulnya.

Asalakan kita memiliki dedikasi dan niat bahwa pelaksanaannya tertuju kepada TUHAN bukan berpokok pada pribadi manusia, dan TUHAN pasti akan memaklumi engkau.

Apalagi dikatakan " Kembangkan cara, di mana tidak ada ketentuan dalam pelaksanaannya " karena umat manusia mempunyai " 84.000 " jenis hati dan pikiran ( manusia mempunyai begitu banyak persoalan dan masalah yang berbeda-beda ) , maka kalian juga harus mempunyai cara yang sebanyak itu pula untuk mengatasinya.

Hendaknya belajar bagaimana : " Menghadapi masalah saat datang dan menenangkan diri saat masalah berlalu " di setiap waktu dan keadaan, jagalah baik-baik rohani diri yang sejati, pada saat menghadapi segala persoalan yang muncul sehingga pada saat itu menjadi mengerti akan makna dari " hati - pikiran timbul tanpa adanya suatu keterikatan - ketentuan " , ini baru termasuk flexibel dalam menghadapi masalah yang sesunggunya, dan baru bisa dikatakan mempunyai kearifan yang sangat tinggi.


Murid-murid sekalian, hati kasih Budha terdapat di mana saja, dan tidak tercemari oleh apapun juga. Tetapi hati manusia tidak tetap, tidak selamanya tidak berubah sehingga harus mempergunakan segala dharma untuk membimbing dan menyelamatkan hati manusia, agar setiap insan manusia dapat kembali ke Nirwana, dan itu merupakan kearifan yang perlu kalian persiapkan, serta hal yang perlu kalian pikirkan !
第十四條 活潑應事

真正的佛規就是道,它是活的,不是死的。它本來就是隨著外在的因緣的變化,而永守中道,生生不息的。所以修道人也要有活潑玲瓏的心,不要墨守成規、一成不變。譬如說有些事情前賢不在,無法事先稟報或作決定,但事情已經來了,同時這件事也很重要,無法等待,要趕快辦。那你也要學會面對,承擔起來,及時處理,否則誤人誤事,也是罪過。

徒兒們,你們千萬記住你們的所作所為只要對上是合乎天心,對下能夠利益眾生,也就是一切只要是與人有益處的,你作了,縱然不能被前賢諒解,甚至還要責備你,你還是可以斟酌去做,因為我們辦事是辦天事,是替上天辦事,不是替某個人辦事,是辦眾生超生了死的大事,不是辦人間小事。所以當事情來的時候,不可以擔誤的,切勿等待。只要自己是一片天心、公心,即使前賢不在,自己也可以去承擔。只要我們有此胸襟氣度,是對天、不對人,上天自然會諒解你的。何況法無定法,眾生有八萬四千種心,你們也要有八萬四千種法。


要學會如何隨時隨地「事來則應,事去則靜」,把握自性真我,應對一切因緣。並且在這當中,學會「應無所住,而生其心」,這才算是真正的活潑應事,才稱得上是擁有最高的知慧。徒兒們,佛的心,是無住的,不沾染一切的。眾生的心,是無常的,不會永遠不變的,所以如何用一切法來度一切心,讓每一位眾生都能夠回歸無極理天。那就是你們要具備的智慧,要思索的問題啊!


15 Cermat menjaga ucapan dan perilaku
jǐn yán shèn xíng

謹 言 慎 行 




Orang dahulu mengatakan " Kata-kata adalah suara dari hati, perbuatan adalah refleksi dari hati ", itu berarti kata-kata dan ucapan dapat mewakili suara hati seseorang, sedangakan perbuatan refleksi dari hati seseorang.

Oleh karena itu, engkau mempunyai hati yang bagaimana maka akan tertampil keluar melalui ucapan dan perbuatan yang sama pula.

Demikian juga, kalau engkau tidak mempunyai hati pikiran yang seperti itu maka dengan sendirinya tidak akan ada ucapan dan perbuatan yang begitu pula.

Maka dari itu, apapun ucapan dan perbuatanmu, sesungguhnya mencerminkan segala hati - pikiran dari hati dirimu.

Karena itu, setiap ucapan dan perbuatanmu berarti mencerminkan dirimu yang sekarang dan yang apa adanya !

TAO sesungguhnya tidak bisa ditinggalkan sekejappun, apalagi diketahui bahwa " Langit itu tidak berkata-kata dan bumi pun diam ", sehingga keberhargaan TAO perlu ditampilkan dari diri kalian.

Kalau demikian halnya, bagaimana boleh engkau tidak berhati-hati dan waspada pada ucapan dan sikap perbuatan sendiri, sehingga tidak menghormati Budha dalam diri sendiri ?

Apalagi TUHAN mempunyai hukumNYA sendiri, negara pun mempunyai Undang-Undangnya sendiri, demikian juga vihara mempunyai peraturan suci yang harus dipatuhi.

Bila engkau tidak hati-hati dalam berbicara dan berbuat, lalu menciptakan dosa dan kekhilafan yang berasal dari kesalahan mulut ( ucapan ) , ini bukan saja melukai orang lain tapi akhirnya akan melukai dirimu sendiri.

TUHAN selalu bersikap adil terhadap setiap manusia, dan bersifat adil merata tanpa membeda-bedakan, semuanya dilandaskan ; " jasa yang sedikitpun tidak tertutupi dan kesalahan sekecil apapun pasti diperiksa."

Murid-murid sekalian, oleh sebab itulah dalam hukum karma " besi  " ( mutlak dan pasti ) yang tidak dapat diubah, bagaimana mungkin kalian berbuat kesalahan dan dosa lalu tidak menerima akibat dan hukuman dari TUHAN ?

Oleh karena itu, jangan engkau melukai orang lain dengan kata-kata dan ucapan, atau menghancurkan kebajikan dengan kata-kata dan terlebih-lebih lagi dengan kata-kata yang menghambat suatu masalah !

Engkau seharusnya dengan ucapan memberikan manfaat bagi orang lain, dengan kata-kata menambah kebajikan diri, dengan ucapan menciptakan keberhasilan ! Terlebih lagi sebagai seorang pembina KeTuhanan seharusnya dengan mulut mengucapkan Hakekat Kebenaran, hanya membicarakan urusan KeTuhanan, tidak berbicara yang tidak-tidak ( gosip ) , tidak membuat dosa mulut, tidak mengucapkan kata-kata yang tidak baik dan sesat, menghilangkan canda dan cemooh, inilah sesungguhnya yang dimaksud dengan berhati-hati dalam ucapan.

Demikian juga halnya dengan hati-hati dalam perbuatan, engkau bukan saja perlu berbuat sesuai dengan apa yang diucapkan, menjadikan diri sebagai teladan, tapi dirimu sendiri juga harus menjalankan kebajikan, menyebarluaskan Jalan KeTuhanan, di mana dan kapan pun menjadikan hati KeTuhanan sebagai hatimu, dalam setiap pekerjaan adalah demi umat manusia, setiap saat selalu waspada , menjaga dan berhati-hati akan diri sendiri, hati dan pikiran yang teliti dan tegas, mengurangi kesalahan diri, dengan demikian kata-katamu pun menjadi sempurna dan tidak membuat dosa dari mulut, dan perbuatanmu pun baik tanpa cela dan penyesalan.

Inilah orang-orang yang benar-benar menyebarluaskan Jalan KeTuhanan dan merupakan orang yang menegakkan diri dan menjalankan KeTuhanan dengan sesungguhnya !

Guru telah menerangkan secara singkat 15 Peraturan Suci di atas, dan berharap murid-murid sekalian bisa membina diri dan menjalankan KeTuhanan dengan sebaik-baiknya, dan berbuat sesuai dengan peraturan-peraturan tersebut, kalau demikian Guru pun menjamin kalian pasti dapat mencapai tingkat KeBudhaan !

Tetapi kalian harus benar-benar ingat bahwa peraturan suci ini ditentukan oleh TUHAN dan kalian jangan sekali-kali menetapkan peraturan suci sendiri, terlebih-lebih pada masa akhir jaman ini.

Bila kalian ingin menjalankan pekerjaan TUHAN, kalian harus mengikuti dan menjalankannya sesuai dengan garis KeTuhanan dan 15 peraturan suci ini, dengan demikian kamu pasti dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar, baik dan sesuai kehendak TUHAN.

Mengenai tata krama dalam kehidupan sehari-hari dan tata tertib lain dalam vihara, kalian bisa mempertimbangkan keadaan yang ada dan menjalankannya.

Tetapi terhadap 15 Peraturan Suci ini , yang merupakan tata cara mencapai tingkat KeBudhaan, asalkan kalian mau menghayati dengan teliti dan menjalankan dengan sekuat tenaga dan sebaik mungkin, maka kamu akan mengerti bahwa itu merupakan pedoman dalam membina diri dan syarat kebenaran dalam menjalankan KeTuhanan.

Murid-murid sekalian, kalian mengatakan betapa pentingnya Peraturan Suci ini, tetapi mengapa kalian tidak memegang dan mematuhinya dengan sungguh-sungguh dan membina berdasarkan Hakekat kebenaran !

Terakhir, kalian perlu baik-baik mengingat bahwa Kitab Thai Shang Kan In Pien ( Kitab Pembalasan dari Nabi Lao Tze ) yang mengatakan : " Keberuntungan dan kemalangan sebenarnya tiada berpintu, dan hanyalah manusia yang menciptakannya. Pembalasan akan perbuatan baik dan jahat bagaikan bayangan yang mengikuti wujudnya ."

Murid-murid sekalian, segala perbuatan kalian itu, apakah ke arah keberuntungan atau ke arah mala petaka, semuanya ini terletak pada diri kalian sendiri, dan TUHAn tidak akan tidak memeriksa dengan seteliti-telitinya dan tidka akan ada yang terlewatkan dalam " catatanNYA " !

Seperti saat kalian dengan seketika mempunyai niat hati yang baik, maka TUHAN akan memberikan keselamatan pada kalian, tetapi jika seketiak muncul niat jahat, TUHAN pun dengan sendirinya akan memberikan hukuman padamu.

Meskipun mata awammu tidak dapat melihatnya, dan pembalasan pun belum sampai, tapi ingatlah bahwa hukum TUHAN demikian adil di mana perbuatan baik dan jahat pasti ada pembalasannya !

Waktu yang begitu mendesak pada akhir jaman ini, dimana TUHAN menguji manusia dan manusia pun menguji sesamanya, hingga sudah sampai saatnya yang baik dan yang jahat harus dipisahkan.

Murid-murid sekalian, apakah kalian dapat berlaku hati-hati dalam setiap masalah dan menjaga diri dengan baik, hingga sampai saat terakhirpun, hatimu tetap tidak berubah !

Pada saat perpisahan ini, Guru tidak mempunyai apa-apa yang dapat diberikan kepada murid-murid terkasih, Guru hanya dapat secara diam-diam berdoa bagi kalian, agar setiap orang dapat " Mempertahankan hati ketulusannya yang pertama dan membalas rahmat TUHAN serta menyelesaikan ikrar ", sehingga di kemudian hari dapat kembali ke Nirwana ! Bolehkah !

Murid-muridKu, selamat tinggal 

第十五條 謹言慎行

古人說:「言者,心之音;行者,心之影」就是說,言語可以表達出一個人內心的心聲,而行為可以反映出內在的心影,所以你內在有甚麼樣的存心,外在就會有甚麼樣的言行。相對的,你沒有這樣的存心,自然也不會有這樣的言行。

因此,外在你所言、所行的一切,可以真實自然的反應出你內在心性的一切,所以你的一言一行,就代表著現在、真實的你啊!而道是不可以須臾離的,加上天不言、地不語,道的尊貴是要在你們身上顯現出來的。如此,你怎麼可以不謹慎小心自己的言語行為,而不尊敬自家的仙佛呢?何況天有天律,國有國法,佛堂也有應守的佛規。你若說話不小心,做事不小心,任意造下了口過、罪過,到頭不但傷害了別人,最後受害的還是自己。

因為上天對每一個眾生,都是公平的,都是大公無私的,都是寸功不昧,纖過必察的。那麼在因緣、果報的鐵律中,徒兒們,你們又如何能犯了過錯而不受天律的懲罰呢?所以你說話不可以以言傷人,以言敗德,更不可以以言而誤事啊!你當以言利人、以言興德、以言成事啊!尤其修道人更應當口出真理,只論聖事,不說是非,不造口過、口無雜言、斷諸嬉笑,這才是真正的謹言。而慎行也是一樣,你不僅要言行合一,身立標竿,你更當以身行道,代天宣化,處處以天心為心,處處以眾生為念,時時戰戰競競,謹慎自持,心存嚴謹,身自少過,如此言滿天下無口過,行滿天下無怨惡,才是一名真正代天宣化的人,才是一位真正立身行道的人啊!以上
為師已將十五條佛規的真義一一的述說,希望徒兒們都能夠好好的修、好好的辦,並且遵照著去做,那為師保證你們必然成道有餘啊!

No comments:

Post a Comment